PERSEPSI GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SDN KEMBANG HABANG 1 KABUPATEN TAPIN

Siti Faridah(1*), Ridho Indra Saputra(2), Muhammad Ihsan ramadhani(3)

(1) FKIP - UVAYA
(2) Akparnas Banjarmasin
(3) Universitas Achmad Yani Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Sari


Kurikulum merdeka ini masih cenderung baru bagi guru dan peserta
didik, terkait dengan pelaksanaan kurikulum merdeka masih banyak guru yang
bingung dengan implementasi kurikulum merdeka. Salah satunya di SDN
Kembang Habang 1 Kabupaten Tapin di mana kebanyakan guru memiliki persepsi yang berbeda-beda terhadap implementasi kurikulum merdeka pada proses pembelajaran di sekolah. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis persepsi guru dalam implementasi kurikulum merdeka belajar di SDN Kembang Habang 1 Kabupaten Tapin. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, sumber data penelitian di peroleh dari tiga orang guru kelas 1 dan 4 yang sudah menerapkan kurikulum merdeka. Teknik pengumpulan data  yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari tiga guru hanya satu guru yang tidak sependapat bahwa kurikulum merdeka sesuai dengan kebutuhan peserta didik, namun untuk kebehasilan kurikulum merdeka dalam memberikan pelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik semua guru setuju, namun semua guru sependapat bahwa kurikulum merdeka sangat sulit dalam mempelajarinya sehingga perlu pelatihan khusus agar tidak salah dalam menerapkan dalam proses pembelajaran di kelas.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arifa, F. N. (2022). Implementasi Kurikulum Mrdeka dan Tantangannya. Jurnal Bidang Kesejahteraan Rakyat: Info Singkat. Vol. 14 No. 9.

Baderiah. (2018). Buku Ajar Pengembangan Kurikulum. Palopo: Kampus IAIN Palopo.

Creswell, J. W. (2016). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Pustaka Pelajar.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2019). 4 Episode Merdeka Belajar.

Krissandi, A. D. S. (2018). Persepsi Guru Sekolah Dasar Terhadap Keberhasilan Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, 5(1), 79– 89

Loilatu, S. H., Mukadar, S., Badu, T. K., Hentihu, V. R., & Kasmawati. (2022). Persepsi Guru Terhadap Penerapan Merdeka Belajar Melalui Model Pembelajaran Blended Learning pada SMA Negeri 12 Buru. Edukasia: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 377–386.

Mantra, I. B. N., Pramerta, I. G. P. A., Asrana, A. A. P., Puspadewi, K. R., & Wedasuwari, I. A. M. (2022). Persepsi Guru Terhadap Pentingnya Pelatihan Pengembangan Dan Pelaksanaan Kurikulum Merdeka. Jurnal Inovasi Pendidikan, 03(05), 6313–6318.

Nation, I. S. P., & Macalister, J. (2010). Language Curriculum and Design. Taylor and Francis Group.

Sherly, E. (2020). Merdeka Belajar: Kajian Literatur. Konferensi Nasional Pendidikan I, 183-185.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2011). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sunarni dan Hari Karyono. (2023). Persepsi Guru Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka belajar di Sekolah Dasar. Journal on Education Volume 05, No. 02.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jt.v6i1.14214

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Terapung : Ilmu - Ilmu Sosial is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International