PEMANFAATAN POTENSI WISATA DESA DAN BENDA CAGAR BUDAYA SEBAGAI OUT BOUND PEMBELAJARAN IPS DAN ECOTOURIME DI KABUPATEN BIMA
(1) STKIP Taman Siswa Bima
(2) STKIP Taman Siswa Bima
(*) Corresponding Author
Sari
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Artobatama, I. (2019). Pembelajaran Stem Berbasis Outbound Permainan Tradisional. Indonesian Journal of Primary Education. https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i2.15099
Falah, N. (2015). Efektivitas Out Bound Sebagai Metode Pembelajaran (Studi Pada Out Bound Mahasiswa Jurusan Bki Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta). Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam. https://doi.org/10.14421/hisbah.2014.111-04
Febriani, F., & Seprina, R. (2022). Pemanfaatan Cagar Budaya Rumah Batu Olak Kemang Di Jambi Kota Sebrang Sebagai Sumber Belajar Bagi Mahasiswa Pendidikan Sejarah Universitas Jambi. Krinok: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Sejarah. https://doi.org/10.22437/krinok.v1i2.18551
Hidayat, A. G., & Haryati, T. (2023). Analysis of Problems and Solutions in Social Studies Learning at Elementary Schools. Jurnal Pendidikan IPS, 13(2), 307-316.
Indriana, D. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. In Yogyakarta : Diva Press.
Li, X., Cui, W., & Chee, W. M. (2023). Investigating tourism experiences and attention allocation of outbound tourists through the lens of the two-factor theory: A grounded theory analysis of Chinese tourists’ travelogues in Malaysia. Heliyon. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e17896
Lin, J., Cui, Q., & Xu, H. (2023). Beyond Novelty–familiarity Dualism: The Food Consumption Spectrum of Chinese Outbound Tourists. Journal of China Tourism Research. https://doi.org/10.1080/19388160.2022.2049942
Masoud, H., Mortazavi, M., & Torabi Farsani, N. (2019). A study on tourists’ tendency towards intangible cultural heritage as an attraction (case study: Isfahan, Iran). City, Culture and Society. https://doi.org/10.1016/j.ccs.2018.11.001
Normelani, E., Riadi, S., Rusdiansyah, R., Safitri, I., Hakimah, R. N., & Wicaksono, A. (2023). Pelatihan Peningkatan Kapasitas Kelompok Sadar Wisata Desa Belangian. Jurnal Pengabdian ILUNG (Inovasi Lahan Basah Unggul). https://doi.org/10.20527/ilung.v2i3.6866
Ponorogo, D. K. dan P. K. (2023). Desa Wisata, Konsep Pariwisata Berkelanjutan Berbasis Pemberdayaan Masyarakat. Disbudpar Ponorogo.
Putra, A. M., & Ariana, I. N. J. (2022). Manfaat pengembangan desa wisata dari aspek alam, sosial budaya, spiritual, dan ekonomi di kabupaten tabanan. Jurnal Kepariwisataan Dan Hospitalitas. https://doi.org/10.24843/jkh.2021.v05.i02.p13
Reshma, M. R., Kannan, B., Jagathy Raj, V. P., & Shailesh, S. (2023). Cultural heritage preservation through dance digitization: A review. In Digital Applications in Archaeology and Cultural Heritage. https://doi.org/10.1016/j.daach.2023.e00257
Rijal, S., Nasri, N., Ardiansyah, T., & A, C. (2020). Potensi Pengembangan Ekowisata Rumbia Kabupaten Jeneponto. Jurnal Hutan Dan Masyarakat. https://doi.org/10.24259/jhm.v12i1.6031
Satriawan, R., Sugiharto, Rahayu, S., & Nasuka. (2020). The unique natural water tourism of Oi Marai, Regency Bima, for sports tourism development. International Journal of Innovation, Creativity and Change.
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. In AR-RUZZ MEDIA.
Situmorang, M. T. N. (2023). Partisipasi Masyarakat Dusun Cemare Dalam Pengelolaan Kawasan Ekowisata Lembar Selatan. Knowledge: Jurnal Inovasi Hasil Penelitian Dan Pengembangan. https://doi.org/10.51878/knowledge.v2i4.1854
Sobah, A., Diana, D., & Setiawan, D. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Outbound Anak Usia Dini Di TK Roudlotul Ilmi Jatibarang Brebes. JURNAL PENDIDIKAN, 31(1), 37. https://doi.org/10.32585/jp.v31i1.2023
Sudrajat, U., & Mulyadi, M. (2020). Pemanfaatan Situs Cagar Budaya Pelawangan Dalam Pembelajaran Sejarah Lokal. Patra Widya: Seri Penerbitan Penelitian Sejarah Dan Budaya. https://doi.org/10.52829/pw.303
Suharta, R., Kusumawardani, E., & Hermawan, Y. (2021). Integrasi Program Sadar Wisata Dalam Membangun Kesadaran Literasi Di Desa Nglanggeran. Jurnal Pendidikan Nonformal. https://doi.org/10.17977/um041v16i1p47-63
Syaifullah, M., & Wibowo, B. (2016). Pemanfaatan Benda Cagar Budaya Sebagai Potensi Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Bagi Masyarakat Sekitar Di Kota Pontianak Kalimantan Barat. Sejarah Dan Budaya : Jurnal Sejarah, Budaya, Dan Pengajarannya. https://doi.org/10.17977/um020v10i22016p222
Ulfathin, N. (2022). Metode penelitian kualitatif di bidang pendidikan: Teori dan Aplikasinya. In Edukasi.
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jt.v6i1.14111
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Jurnal Terapung : Ilmu - Ilmu Sosial is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International