Tradisi Pesantren: Pembacaan Asmaul Husna Di Pondok Pesantren Al-Munawwir K3 Arofah Sebagai Upaya Santri Dalam Kemudahan Memahami Pelajaran

Ahmad Fahmi Zaki(1*), Ja'far Assegaf(2)

(1) UIN Sunan Kalijaga
(2) UIN Sunan Kalijaga
(*) Corresponding Author

Sari


Tradisi membaca Asmaul husna merupakan bagian dari tradisi keagamaan di pesantren. Membaca Asmaul Husna merupakan anjuran dari agama untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya adalah Pondok Pesantren Al-Munawwir Komplek K3 Arofah mengamalkan tradisi ini. Tradisi membaca Asmaul Husna Krapyak merupakan tradisi yang memiliki nilai normatif sesuai ajaran Islam berdasarkan Al-Quran dan Hadis dan juga memiliki historis. Tidak hanya itu, pengamalan tradisi ini tentu memiliki tujuan dan kepentingan lain dari pengamalannya. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan motif dan tujuan santri mengamalkan tradisi pembacaan Asmaul Husna Krapyak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan teori tindakan sosial Max Weber sebagai pisau analisisnya untuk mendeskripsikan tujuan dari tindakan tradisi membaca Asmaul Husna Krapyak yang dilakukan santri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa santri yang mengamalkan tradisi ini tidak hanya bersifat normatif, dan meneruskan tradisi yang sudah ada, tetapi terdapat tujuan dan motivasi lain yaitu ketenangan jiwa, keberkan dan terutama agar diberi kemudahan dalam memahami pelajaran baik di pesantren maupun di perkuliahan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: Syakir Media Press.

Achmad, A., & Juwono, H. (2009). Tarekat Masa Kolonial Kajian Multi Kultural, Bungan Rampai Sufisme Indonesia . Garut: Inside Garut.

Al-Munawwir. (2016). Komplek K3 Arofah. Retrieved from https://almunawwir.com/komplek-arofah/

Dhofier, Z. (2011). , Tradisi Pesantren Studi Pandangan Hidup Kiyai dan Visinya Mengenai Masa Depan Indonesia. Jakarta: LP3ES.

Faruq, U. (2021). Khasiat Dan Fadhillah 99 Asmaul Husna . Surabaya: Pustaka Media.

Geertz, C. (1956). Religion Belief and Economics Behavior in A Central-Javanese Town: Some Preliminary Considerations. Economic Development and Cultural Change, IV(2).

Geertz, C. (1970). The Interpretation of Culture. New York: Basic Book.

Jones, P. (2003). Pengantar Teori-Teori Social: Dari Teori Fungsionalisme Hingga Post- Modernisme. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor.

Khoirunnisa, L. (2018). Hubungan Antara Kebiasaan Membaca Asmaul Husna Dengan Kecerdasan Emosional Siswa Kelas Xi Ma Nurul Ummah Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 14(1), 51–68. https://doi.org/10.14421/jpai.2017.141-04

Luthfi, A. W. (2020). The Practice of Reciting Asmā` al-Ḥusnā in Weekly Ḥalaqa. Jurnal Living Hadis, 5(2). https://doi.org/10.14421/livinghadis.2020.2335

Muhammad, M. (2017). PengarMuhammad, Maryam, “Pengaruh Motivasi Dalam Pembelajaran,” Lantanida Journal, 4.2 (2017)uh Motivasi Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(2).

Munggung, M. (2020). Manzhumah Asmaul Husna, Ijazah dari KH Ali Maksum. Retrieved from MTs Maarif Manggung website: https://matsamu.sch.id/blog/manzhumah-asmaul-husna-ijazah-dari-kh-ali-maksum/

Ni’am, A. (2021). The Tradition of Reading Asma’ul Husna in al-Muhsin Mosque, Krapyak, Yogyakarta. Jurnal Living Hadis, 6(1), 87. https://doi.org/10.14421/livinghadis.2021.2665

R. Woodward, M. (2017). , Islam Jawa Kesalehan Normatif Versus Kebatinan . Yogyakarta: LKIS.

Rifa’i, Z. (2019). Fadhillah Sholawat Dalam Meningkatkan Cinta Kepada Rasulullah (Kajian Kitab Afdholus Sholawat ‘Ala Sayyidi Sadat Karya Syaikh Yusuf bin Isma’il An-Nabhani). IAIN Ponorogo, Ponorogo.

Sayyi, A. (2017). Implikasi Pembiasaan Dzikir Terhadap Motivasi Belajar SantriPondok Pesantren An – Nasyiin Grujugan Larangan Pamekasan. JKI (Jurnal Konseling Indonesia), 2(1), 29–35. Retrieved from http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JKI/article/view/1638

Shihab, Q. (2013). Al-Asma Al-Husna Mengenal nama-nama Allah . Tangerang: Lentera Hati.

Siswono, A. (2008). Manfaat Zikir dan Doa Menurut Quraish Shihab Bagi Kesehatan Mental . IAIN Semarang, Semarang.

Tim Penyusun. (2022). Biografi Kh. Muhammad Munawwir . Yogyakarta: Pustaka Al-Munawwir.

Utami, R. T., & Sabardila, A. (2023). Purwadita : Jurnal Agama dan Budaya Tradisi Baritan Pada Hari Jumat Kliwon Di Desa. 7(1), 39–49. https://doi.org/https://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/Purwadita

Walgito, B. (2004). Pengantar Psikolog Umum. Yogyakarta: Andi Offset.

Widyastuti, T., Hakim, M. A., & Lilik, S. (2019). Terapi Zikir sebagai Intervensi untuk Menurunkan Kecemasan pada Lansia. Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP), 5(2), 147. https://doi.org/10.22146/gamajpp.13543




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jt.v6i1.13984

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Terapung : Ilmu - Ilmu Sosial is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International