ANALISIS PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK) BERBASIS NILAI KEARIFAN LOCAL MAJA LABO DAHU DALAM MEWUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA SMA DI KABUPATEN BIMA
(1) STKIP Taman Siswa Bima
(2) STKIP Taman Siswa Bima
(*) Corresponding Author
Sari
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Perpres. R. I. Nomor (87). Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter
Peraturan Pemerintah No. 4 Tahun 2022 Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan
https://balitbangdiklat.kemenag.go.id/berita/indeks-karakter-siswa-menurun-refleksi-pembelajaran-masa-pandemi. Diakses 31 Agustus 2021
https://regional.kompas.com/read/2022/04/18/210517578/marak-kasus-pemanah-misterius-di-bima-motifnya-iseng-hingga-balas-dendam?page=all. Diakses 18 April 2022
https://bima.inews.id/read/138240/buntut-kasus-pemerkosaan-dua-desa-bertetangga-di-bima-terlibat-bentrok. Diakses 2022
Fang, Q., & Li, Z. (2022). Cultural ecology cognition and heritage value of huizhou traditional villages. Heliyon, e12627.
Hidayat, A. G., Haryati, T., & Rosdiana, R. (2021). Analisis Penerapan Program Literasi Al-Quran: Penguatan Karakter Religius Peserta Didik SDN Teke Palibelo Kab. Bima. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(5), 318-330.
Hidayat, A. G., & Haryati, T. (2019). Peran Guru Profesional dalam Membina Karakter Religius Peserta Didik Berbasis Nilai Kearifan Lokal (Maja Labo Dahu) Sekolah Dasar Negeri Sila Di Kecamatan Bolo Kabupaten Bima. Jurnal Pendidikan Ips, 9(1), 15-28.
Delawala, F., Heymans, Y., & Christmals, C. D. (2022). Conceptualisation, development and implementation of Interprofessional Education programmes: A qualitative document analysis. Journal of Taibah University Medical Sciences, 18(3), 639-651.
Kurniawati, R., & Amalia, A. R. (2022). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) melalui Budaya Kelas di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8304-8313.
Kardinus, W. N. (2022). Implementasi Program Pendidikan Karakter Untuk Membangun Sikap Kepedulian Sosial. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS, 16(1), 31-40.
Chang, H. (2022). The longitudinal transition of the moral character latent profile of elementary school students and predictive factor verification in Korea. Acta Psychologica, 230, 103710.
Prayitno, H. J., Nasucha, Y., Huda, M., Ratih, K., Rohmadi, M., Boeriswati, E., & Thambu, N. (2022). Prophetic educational values in the Indonesian language textbook: pillars of positive politeness and character education. Heliyon, 8(8), e10016.
Khotimah, D. N. (2019). Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Melalui Kegiatan 5s Di Sekolah Dasar. Ilmia Pendidikan, 2(1), 28–31.
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jt.v5i2.12160
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Jurnal Terapung : Ilmu - Ilmu Sosial is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International