PEMULIHAN PENDIDIKAN PASCA PANDEMI MELALUI TRANSFORMASI DIGITAL DENGAN PENDEKATAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM DI ERA SOCIETY 5.0

Latifah Latifah(1*), Ngalimun Ngalimun(2)

(1) STIKES Abdi Persada Banjarmasin
(2) Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini menggubakan metode kualitatif atau metode kepustakaan (library research). Penelitian kepustakaan adalah penelitian yang dilakukan dengan cara mengumpulkan data, informasi, dan berbagai macam data-data lainnya yang terdapat dalam kepustakaan. Dengan mengutarakan jenis penelitian ini, fokus dan langkah-langkah yang akan dalam penelitian ini menjadi semakin nampak dan jelas.  Sumber data, tulisan ini sifatnya adalah kajian pustaka, maka obyek yang dapat dijadikan sumber dibagi menjadi dua, yaitu primer dan sekunder. Dalam penelitian ini pendekatan manajemen transformatif pendidikan Islam harus berprinsip pada landasan pendidikan Islam; prinsip tauhid, prinsip integrasi, prinsip keseimbangan, dan prinsip pendidikan seumur hidup. Pertama prinsip tauhid, dalam menghadapi era society 5.0 pendidikan Islam berperan menjadi tameng dalam mengkontrol ketidakselarasan hidup manusia muslim modern saat ini. Tauhid, merupakan bagian utama yang harus ditanam secara utuh dalam diri manusia sebab dengan tauhid inilah yang akan mengarahkan pada semua segi kehidupan manusia dan alam. Tauhid juga menjadi prinsip dasar telaah pemikiran Islam tentang cara pandang terhadap dunia.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustina, A., Suwandewi, A., Tunggal, T., & Daiyah, I. Latifah. (2022). Sisi Edukatif Pendidikan Islam Dan Kebermaknaan Nilai Sehat Masa Pandemi Covid-19 Di Kalimantan Selatan. JIS: Journal Islamic Studies, 1(1), 99-105.

Azyumardi Azra. (1999). Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Jakarta: Logos.

Coffman, Karen dan Lutes, Katie. (2007). Change Management: Getting User Buy-In. USA: Management of Change.

Davidson, Jeff. (2005). Change Management. Jakarta: Prenada Media.

Harischandra, Hans. (2007). Pengaruh Manajemen Perubahan Terhadap Budaya Organisasi dan Gaya Kepemimpinan Manager di PT. Alfa Retailindo Tbk. Jurnal Manajemen, Vol.3, No.1.

Haines, Stephen dkk. (2004). Enterprise Wide Change: Superior Result Through Systems Thinking. New York: Wiley.

Kotter, J.P. (1996). Leading Change. Boston: Harvard Business Press.

Latifah, L., Ngalimun, N., Andi Setiawan, M., & Haji Harun, M. (2020). Kecakapan Behavioral Dalam Proses Pembelajaran PAI Melalui Komunikasi Interpersonal. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 5(2), 36-42.

Latifah, L. (2020). Makna Isi Kandungan Surah Al-A’raf Ayat 179 dalam Konsep dan Karakteristik Pendidikan Islam. Jurnal Terapung: Ilmu-Ilmu Sosial, 2(1).

Nauheimer, Holger. (2007). Change Management for One World: A Virtual Toolbook for Learning Organization in Development. Online

Ngalimun, N., Matin, A., & Munadi, M. (2022). Building Democratic Values in Independent Policy Learning Through Multicultural Learning Communication. Jurnal Transformatif (Islamic Studies), 6(1), 33-48.

Ngalimun, N., Agustina, A., & Suwandewi, A. (2022). Kampus Merdeka Dalam Pencapaian Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0 Dengan Tantangan Covid 19 Di Universitas Muhammadiyah Banjarmasin. Jurnal Manajemen Pendidikan Al Hadi, 2(2), 1-7.

Nugroho, A. G., & Latifah, L. (2022). PROSES PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN STRATEGI INKUIRI DALAM MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) DENGAN HASIL KEPUASAN GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH ASSALAM MARTAPURA. AL-ULUM: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 8(2).

Soleh Subagja. (2010). Gagasan Liberalisasi Pendidikan Islam. Malang: Penerbit Madani.

Suprapti, S., Ilmiyah, N., Latifah, L., & Handayani, N. F. (2022). Islamic Aqidah Learning Management to Explore the Potential of Madrasah Students. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 5(1), 4664-4673.

Susanto, D. (2015). NILAI DAN NORMA SOSIAL DALAM PROSES DAN HASIL BELAJAR. Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman, 1(2).

Susanto, D., & Puryanto, S. (2022). The Necessity of Implementation by Local Values: Historical Study of ethnics conflict in Sampit Central Kalimantan Indonesia. PERSPEKTIF, 11(3), 878-883.

Winardi. (2011). Kepemimpinan dalam Manajemen. Jakarta: Rineka Cipta.

Wibowo. (2012). Manajemen Perubahan. Jakarta: Rajawali Press.

Qodir, A. (2017). Evaluasi dan penilaian pembelajaran. Yogyakarta: K-Media

Yusuf, M., Nugroho, A. G., & Latifah, L. (2022). PERAN QUALITY OF WORK LIFE DALAM KUALITAS KEHIDUPAN KERJA TERHADAP PENINGKATAN KINERJA PEGAWAI DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BANJARMASIN. Jurnal Manajemen Pendidikan Al Hadi, 2(2), 8-13.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jt.v5i1.10576

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Terapung : Ilmu - Ilmu Sosial is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International