MANAJEMEN STRATEGI MENINGKATKAN MOTIVASI MELANJUTKAN STUDI KEPERGURUAN TINGGI DI MADRASAH ALIYAH (MA) KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN
(1) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin
(2) universitas islam Kalimantan Muhammad arsyad al banjari banjarmasin
(3) universitas islam Kalimantan Muhammad arsyad al banjari banjarmasin
(*) Corresponding Author
Sari
Tujuan penelitian ini mengetahui : 1) Sejauhmana proses yg dilakukan sekolah, 2) Bagaimana peran guru Bimbingan Konseling dam wali kelas dan 3) Bagaimana Strategi yang dilakukan kepala Sekolah dan lingkungan sekolah untuk meningkatkan motivasi siswa Madrasah Aliyah (MA) di Kabupaten Hulu Sungai Selatan untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi.
Metode Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif dengan jumlah informan penelitian sebanyak 18 orang yang berasal dari kepala sekolah, Guru BKdan siswa di MAN 1 HSS, MAN 2 HSS dan MAN 3 HSS dengan dengan teknik analisis data menggunakan teknik triangulasi.
Hasil penelitian 1) Proses yg dilakukan sekolah dalam meningkatkan motivasi siswa MAN oleh kepala sekolah adalah dengan mengadakan sosialisasi tentang pentingnya sebuah pendidikan terutama pendidikan Perguruan Tinggi kepada orang tua dalam pertemuan sosialisasi setelah ujian akhir semester di Madrasah Aliyah mengenai pentingnya pendidikan tinggi untuk masa depan anak, kemudian guru BK mengadakan bimbingan kelompok kepada siswa dengan cara mengundang perguruan tinggi yang ingin melakukan sosialisasi ke sekolah dengan memberikan informasi melalui brosur, spanduk maupun informasi secara online seperti yang dilakukan UIN Antasari, ULM maupun spanduk dari Uniska Banjarmasin dengan memberikan promosi potongan biaya kuliah ataupun beasiswa serta kemudahan waktu perkuliahan seperti di Universitas Terbuka yang kuliahnya bisa dilakukan secara online, 2) Peran guru Bimbingan Konseling dan wali kelas dalam meningkatkan motivasi siswa dengan membuat program layanan terhadap siswa yang akan lulus dan melanjutkan dengan memancing rasa ingin tahu siswa mengenai pentingnya perkuliahan untuk masa depan untuk mendapatkan pekerjaan yang layak dan menjanjikan, peluang beasiswa sehingga berkuliah tanpa mengeluarkan banyak biaya sedangkan wali kelas memberikan informasi beasiswa, lapangan pekerjaan memprioritaskan menerima yang sarjana. 3) Strategi yang dilakukan kepala Sekolah, lingkungan sekolah dan guru BK adalah membangun kerjasama antara instansi terkait seperti pemerintah, BUMN atau perusahaan, kampus, aktivitas lingkungan sekolah memotivasi siswa dengan memberikan brosur, spanduk maupun melalui informasi lainnya, Operator sekolah membantu siswa dalam pendaftaran calon mahasiswa baru melalui penerimaan online/offline, perguruan tinggi untuk memberikan sosialisasi tentang penerimaan mahasiswa baru, Guru BK menyampaikan Informasi tentang sistem seleksi masuk perguruan tinggi dan Wali kelas meneruskan informasi dari kepala Sekolah dan guru BK tentang penerimaan mahasiswa baru kepada siswa.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
A. Muri Yusuf, 1982. Pengantar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Ahmad Mudzakir dan Joko Sutrisno, 2013. Psikologi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Alfa Beta Sukmadinata, Nana Syaodih. 2014. Metode Penelitian Pendidikan.Bandung: Remaja
Rosdakarya.
Algesindo Moleong, Lexy. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja
Arikunto, Suharsimi. 2013. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. Azwar, Syaifuddin. 2011. Sikap Manusia. Jakarta: Pustaka Pelajar
Basrowi & Suwandi. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Cece Wijaya, 1996. Pendidikan Remedial: Sarana Pengembangan Mutu Sumber Daya
Manusia. Bandung: Remaja Rosdakarya.
F.J.Monks A.M.P Knoer & Siti Rahayu Haditono, 2014. Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi
Psikologi Perkembangan.Yogjakarta : Gajahmada University Press
Gunawan Imam. 2014. Metode Penelitian Kualitatif Teori & Praktik. Jakarta:Bumi Aksara
Hamalik, Oemar, 2015. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara. Harmalik Oemar. 2015. Psikologi Belajar Mengajar. Semarang: Sinar Baru Komar, Oong, 2015. Filsafat Pendidikan Nonformal. Bandung: Pustaka Setia. M. Dalyono, 2013. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Moleong, Lexy, J., 1979. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Muhibbin Syah, 2015. Psikologi Belajar. Jakarta: Logos.
Prayitno, 2015. Dasar Teori dan Praksis Pendidikan. Jakarta: Grasindo.
Ramayulis, 1992. Ilmu Pendidikan Islam. Batusangkar: Tnpa Penerbit.
Ritzer& Douglas J. Goodman. 2014. Teori Sosiologi Modern. Jakarta: Kencana
Rusli. 2013. Pendidikan Dan Investasi Sosial. Bandung : Alfa Beta
S. Nasution, 2015. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Sarlito.W. Sarwono. 2012. Psikologi Remaja. Yogjakarta: Rajagrafindo Persada
Siagian, Sondang P. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Akarsa
Slameto.2013. Belajar Dan Factor Faktor Yang Mempengaruhi. Bandung: Rineka Cipta
Soekanto
Soekanto. 1992. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta : CV. Rajawali Press
Sondang dan Yeni Widyastuti. 2012. Teori Motivasi Dan Aplikasinya. Bandung Rineka Cipta Spradley, J.P., 1979. The Etnograpyic Interview. New York: Holt Rinehart and Winston. Sudirman, 1992. Ilmu Pendidikan. Bandung: Rosda Karya.
Sugiyono. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfa Beta
Susilo K. Dwi. 2012. Sosiologi Lingkungan. Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada
Suwarsono & Alvin Y.So, 2015. Perubahan Sosial Dan Pembangunan di Indonesia, Jakarta : LP3ES
Undang- Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Yusuf, C.F, (ed), 2014. Budaya Sekolah dan Mutu Pendidikan Agama.Jakarta: Pena Citasatria
Jurnal
Dwi Ernawati (2020). Profil motivasi untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan tinggi siswa kelas 12 sman 4 garut. Jurnal Program Studi Bimbingan dan Konseling IKIP Siliwangi
Ernisa, 2013.Sosiologi, Fakultas ilmu sosial dan politik, Universitas Mataram, Jl. Majapahit 62
Mataram.
Sundari Lilis, (2020): Analisis Motivasi untuk Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi Prodi
Pendidikan Ekonomi Siswa Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Menengah Atas Negeri 4
Tambusai Utara Kabupaten Rokan Hulu
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jt.v5i1.10575
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Jurnal Terapung : Ilmu - Ilmu Sosial is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International