MANAJEMEN STRATEGI MENINGKATKAN MOTIVASI MELANJUTKAN STUDI KEPERGURUAN TINGGI DI MADRASAH ALIYAH (MA) KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN

roslena roslena(1*), husnul madihah(2), Didi Susanto(3)

(1) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin
(2) universitas islam Kalimantan Muhammad arsyad al banjari banjarmasin
(3) universitas islam Kalimantan Muhammad arsyad al banjari banjarmasin
(*) Corresponding Author

Sari


Tujuan penelitian ini mengetahui : 1) Sejauhmana   proses yg dilakukan sekolah, 2) Bagaimana peran guru Bimbingan Konseling dam wali kelas dan 3) Bagaimana Strategi yang dilakukan kepala Sekolah dan lingkungan sekolah untuk meningkatkan motivasi siswa Madrasah Aliyah (MA) di Kabupaten Hulu Sungai Selatan untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi.

 

Metode Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif dengan jumlah informan penelitian sebanyak 18 orang yang berasal dari kepala sekolah, Guru BKdan siswa di MAN 1 HSS, MAN 2 HSS dan MAN 3 HSS dengan dengan teknik analisis data menggunakan teknik triangulasi.

 

Hasil penelitian 1) Proses yg dilakukan sekolah dalam meningkatkan motivasi siswa MAN oleh kepala sekolah adalah dengan mengadakan sosialisasi tentang pentingnya sebuah pendidikan terutama pendidikan Perguruan Tinggi kepada orang tua dalam pertemuan sosialisasi setelah ujian akhir semester di Madrasah Aliyah mengenai pentingnya pendidikan tinggi  untuk  masa  depan  anak,  kemudian  guru  BK  mengadakan  bimbingan  kelompok kepada siswa dengan cara mengundang perguruan tinggi yang ingin melakukan sosialisasi ke sekolah dengan memberikan informasi melalui brosur, spanduk maupun informasi secara online  seperti   yang  dilakukan   UIN   Antasari,   ULM   maupun   spanduk   dari   Uniska Banjarmasin dengan memberikan promosi potongan biaya kuliah ataupun beasiswa serta kemudahan waktu perkuliahan seperti di Universitas Terbuka yang kuliahnya bisa dilakukan secara online, 2) Peran guru Bimbingan Konseling dan wali kelas dalam meningkatkan motivasi  siswa dengan  membuat  program  layanan  terhadap  siswa  yang akan  lulus  dan melanjutkan dengan memancing rasa ingin tahu siswa mengenai pentingnya perkuliahan untuk  masa depan  untuk  mendapatkan pekerjaan  yang layak  dan  menjanjikan,  peluang beasiswa sehingga berkuliah tanpa mengeluarkan banyak biaya sedangkan wali kelas memberikan informasi beasiswa, lapangan pekerjaan memprioritaskan menerima yang sarjana. 3) Strategi yang dilakukan kepala Sekolah, lingkungan sekolah dan guru BK  adalah membangun kerjasama antara instansi terkait seperti pemerintah, BUMN atau perusahaan, kampus,  aktivitas  lingkungan  sekolah  memotivasi  siswa  dengan  memberikan  brosur, spanduk maupun melalui informasi lainnya, Operator sekolah membantu siswa dalam pendaftaran  calon  mahasiswa  baru  melalui  penerimaan  online/offline,  perguruan  tinggi untuk  memberikan  sosialisasi  tentang  penerimaan  mahasiswa  baru,  Guru  BK menyampaikan   Informasi tentang sistem seleksi masuk perguruan tinggi dan Wali kelas meneruskan informasi   dari kepala Sekolah dan guru BK tentang penerimaan mahasiswa baru kepada siswa.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A. Muri Yusuf, 1982. Pengantar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Ahmad Mudzakir dan Joko Sutrisno, 2013. Psikologi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Alfa Beta Sukmadinata, Nana Syaodih. 2014. Metode Penelitian Pendidikan.Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Algesindo Moleong, Lexy. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja

Arikunto, Suharsimi. 2013. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. Azwar, Syaifuddin. 2011. Sikap Manusia. Jakarta: Pustaka Pelajar

Basrowi & Suwandi. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Cece Wijaya, 1996. Pendidikan Remedial: Sarana Pengembangan Mutu Sumber Daya

Manusia. Bandung: Remaja Rosdakarya.

F.J.Monks A.M.P Knoer & Siti Rahayu Haditono, 2014. Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi

Psikologi Perkembangan.Yogjakarta : Gajahmada University Press

Gunawan Imam. 2014. Metode Penelitian Kualitatif Teori & Praktik. Jakarta:Bumi Aksara

Hamalik, Oemar, 2015. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara. Harmalik Oemar. 2015. Psikologi Belajar Mengajar. Semarang: Sinar Baru Komar, Oong, 2015. Filsafat Pendidikan Nonformal. Bandung: Pustaka Setia. M. Dalyono, 2013. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Moleong, Lexy, J., 1979. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Muhibbin Syah, 2015. Psikologi Belajar. Jakarta: Logos.

Prayitno, 2015. Dasar Teori dan Praksis Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Ramayulis, 1992. Ilmu Pendidikan Islam. Batusangkar: Tnpa Penerbit.

Ritzer& Douglas J. Goodman. 2014. Teori Sosiologi Modern. Jakarta: Kencana

Rusli. 2013. Pendidikan Dan Investasi Sosial. Bandung : Alfa Beta

S. Nasution, 2015. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sarlito.W. Sarwono. 2012. Psikologi Remaja. Yogjakarta: Rajagrafindo Persada

Siagian, Sondang P. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Akarsa

Slameto.2013. Belajar Dan Factor Faktor Yang Mempengaruhi. Bandung: Rineka Cipta

Soekanto

Soekanto. 1992. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta : CV. Rajawali Press

Sondang dan Yeni Widyastuti. 2012. Teori Motivasi Dan Aplikasinya. Bandung Rineka Cipta Spradley, J.P., 1979. The Etnograpyic Interview. New York: Holt Rinehart and Winston. Sudirman, 1992. Ilmu Pendidikan. Bandung: Rosda Karya.

Sugiyono. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfa Beta

Susilo K. Dwi. 2012. Sosiologi Lingkungan. Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada

Suwarsono & Alvin Y.So, 2015. Perubahan Sosial Dan Pembangunan di Indonesia, Jakarta : LP3ES

Undang- Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Yusuf, C.F, (ed), 2014. Budaya Sekolah dan Mutu Pendidikan Agama.Jakarta: Pena Citasatria

Jurnal

Dwi Ernawati (2020). Profil motivasi untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan tinggi siswa kelas 12 sman 4 garut. Jurnal Program Studi Bimbingan dan Konseling IKIP Siliwangi

Ernisa, 2013.Sosiologi, Fakultas ilmu sosial dan politik, Universitas Mataram, Jl. Majapahit 62

Mataram.

Sundari Lilis, (2020): Analisis Motivasi untuk Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi Prodi

Pendidikan Ekonomi Siswa Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Menengah Atas Negeri 4

Tambusai Utara Kabupaten Rokan Hulu




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jt.v5i1.10575

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Terapung : Ilmu - Ilmu Sosial is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International