PEMBELAJARAN JARAK JAUH MENGGUNAKAN V-MAPEL DALAM MEMBENTUK KARAKTER MANDIRI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

A. Gafar Hidayat(1*), Tati haryati(2)

(1) STKIP Taman Siswa Bima
(2) STKIP Taman Siswa Bima
(*) Corresponding Author

Sari


Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan dan menelaah penggunaan v-mapel dalam membentuk karakter mandiri belajar siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif yang menyajikan data berupa uraian informasi dari sejumlah pihak yang terkait dengan penelitian ini, yaitu tentang PJJ melalui penyajian materi pembelajaran dengan video offline. Subjek penelitian ditentukan secara purposive, berdasarkan kemampuan dan kualitas informasi yang disampaikan oleh informan, yaitu; masing-masing 1 Kepala Sekolah, 6 Guru Kelas 20 Siswa, dan 5 Orangtua dari 3 sekolah tempat penelitian tersebut, jadi jumlah subjek yang terlibat sebanyak 96 informan. Intrumen pengumpulan datanya pedoman wawancara dan observasi. Sedangkan untuk analisis datanya yaitu menggunakan; Reduksi, Penafsiran, Penarian kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksakan, maka dapat disimpulkan bahwa guru membuat materi pelajaran yang disajikan dalam bentuk video dan dikirim kepada orangtua siswa melalui Whatsapp dan orang tua terlebih dahulu mengecek video, kemudian memperlihatkannya kepada anak/siswa. Dalam hal tersebut orangtua langsung mendampingi anaknya/siswa, untuk belajar. Pengiriman v-mapel yang dilakukan oleh guru kelas, secara terstruktur dan sistematis, yang pada akhirnya hal tersebut, dapat merangsang terbentuknya karakter mandiri belajar siswa. Sehingga siswa akan terbiasa untuk belajar secara mandiri, dan menjadi bagian dari karakter siswa, untuk senantiasa mempelajari kembali materi pelajaran yang diperoleh dari gurunya di sekolah, atau materi pelajaran yang dirancang khusus oleh guru melaui vidio penyajian materi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Gunawan, (2017) Pendidikan Karakter (Konsep dan Implementasi). Bandung: Alfabet

Hasanah, A. (2018). Penanamanan Karakter Mandiri Pada Peserta Didik Di Mi Ma’arif Nu Jipang Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas (Doctoral dissertation, IAIN Purwokerto)

Hidayat, A. G., & Haryati, T. (2019). Peran Guru Profesional dalam Membina Karakter Religius Peserta Didik Berbasis Nilai Kearifan Lokal (Maja Labo Dahu) Sekolah Dasar Negeri Sila Di Kecamatan Bolo Kabupaten Bima. Jurnal Pendidikan IPS, 9(1), 15-28dst.

Hidayat, A., Muhammad, Taufik, & Haryati, Tati. (2021). Analisis Pelaksanaan BDR (Belajar dari Rumah) Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid 19 di Desa Teke Kecamatan Palibelo Kabupaten Bima. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. 4. 390-397. 10.54371/jiip.v4i6.282

Liu, Y., Ma, J., Xie, Y., Yang, X., Tao, X., Peng, L., & Gao, W. (2021). Contrastive predictive coding with transformer for video representation learning. Neurocomputing

Maryono, M., Budiono, H., & Okha, R. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Mandiri Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(1), 20-38

Nakel, M. P., & Naval, S. (2017). Study of impact and dependency of electronic gadgets on health & life style of students -A comparative study among youth population in MGM Campus , Aurangabad. International Journal of Science and Research (IJSR), 6(5), 2174–2178

Nova, D. D. R., & Widiastuti, N. (2019). Pembentukan Karakter Mandiri Anak Melalui Kegiatan Naik Transportasi Umum. Comm-Edu (Community Education Journal), 2(2), 113-118

Nova, D. D. R., & Widiastuti, N. (2019). Pembentukan Karakter Mandiri Anak Melalui Kegiatan Naik Transportasi Umum. Comm-Edu (Community Education Journal), 2(2), 113-118

Prawiyogi, A. G., Purwanugraha, A., Fakhry, G., & Firmansyah, M. (2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Pembelajaran Siswa di SDIT Cendekia Purwakarta. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 94-101

Rahmawati, A., & Hanifah, H. (2021). Penerapan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas VII SMP Negeri 2 Kota Bengkulu. PENDIPA Journal of Science Education, 5(2), 251-255

Setiawan, A. R. (2020). Lembar kegiatan literasi saintifik untuk pembelajaran jarak jauh topik penyakit coronavirus 2019 (COVID-19). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2 (1), 28-37

Tirtayani, L. A., Magta, M., & Lestari, N. G. A. M. Y. (2017). Pelatihan deteksi dan intervensi hambatan perkembangan dan belajar anak bagi guru-guru PAUD kecamatan Seririt. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi

Yoon, M., Lee, J., & Jo, I. H. (2021). Video learning analytics: Investigating behavioral patterns and learner clusters in video-based online learning. The Internet and Higher Education, 50, 100806

Zaini, M., & Soenarto, S. (2019). Persepsi orangtua terhadap hadirnya era teknologi digital di kalangan anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 254-264




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jt.v5i1.10290

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Terapung : Ilmu - Ilmu Sosial is licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International