KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DALAM MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM

Alventur Baun(1*), Isak Riwu Rohi(2), Agustinus Jacob Nafie(3), Pnatmo Masi(4)

(1) Universitas Kristen Artha Wacana
(2) Universitas Kristen Kristen Artha Wacana
(3) Universitas Kristen Kristen Artha Wacana
(4) Universitas Kristen Kristen Artha Wacana
(*) Corresponding Author

Sari


Kompetensi kepribadian merupakan kemampuan yang dimiliki oleh seorang guru dalam melaksanakan proses pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi kepribadian guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) dalam menggunakan aplikasi google classroom dalam pembelajaran saat masa pandemi covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dibuat dalam google formulir kemudian dikirim linknya ke setiap responden yang berjumlah 20 orang pada MGMP SMA/SMK Guru PJOK di Kota Kupang. Hasil penelitian kompetensi kepribadian tentang kemampuan yang dimiliki oleh seorang guru dalam melaksanakan proses pendidikan yang terdiri dari 5 (lima) item pernyataan, rata-rata para Guru PJOK menjawab sangat setuju dengan presentasi 87,00% berada dalam kategori Sangat Baik. Kesimpulannya adalah para Guru PJOK memiliki kemampuan kepribadian Sangat Baik dalam melaksanakan proses pendidikan di setiap proses pembelajaran dalam menggunakan aplikasi Google Classroom

Kata Kunci


Kompetensi Kepribadian, Guru PJOK, Google Classroom

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Buku 1 Penulis

Agus S. Suryobroto. (2001). Teknologi Pembelajaran Pendidikan Jasmani.Yogyakarta: FIK UNY.

Anas Sudjono. (2006). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo

Munir. (2008). Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta

Suharsimi Arikunto. (2018). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Penulis Dengan Beberapa Buku

Sugiyono. (2006). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta

Widoyoko S. Eko Putro. (2013). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Artikel Jurnal/Ensiklopedi

Atikah Rini.,dkk. (2021). Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal PETIK Volume 7, No 1

Huda Mohammad Nurul. (2017). Peran Kompetensi Sosial Guru dalam pendidikan. Ta’dibi : Jurnal Prodi Manajemen Pendidikan Islam. Volume VI Nomor 2

Karlina., Zein Achyar., Zulheddi.(2019). Kompetensi Kepribadian Guru Menurut Ibnu Sahnun (Studi Analisis Kitab Adâb al-Mu’allimîn. Edu Religia: Vol.3 No.2

M. Wijaya. (2012). Pengembangan Model Pembelajaran e-Learning Berbasis Web dengan Prinsip e-Pedagogy dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Penabur. Vol.19. No.3

Pane Aprida., Dasopang Muhammad Darwis. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman. Vol. 03 No. 2 (jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/F)

Rahmawati Anggun., Nartani C. Indah. (2018). Kompetensi Sosial Guru Dalam Berkomunikasi Secara Efektif Dengan Siswa Melalui Kegiatan Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sd Negeri Rejowinangun 3 Kotagede Yogyakarta. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, Vol. 4, Nomor 3

Artikel Jurnal Dengan DOI

Leko J. Julian , Palinata J. Yahya , Baun Alventur , Riwu Rohi Isak. (2022). Proses Pembelajaran Penjasorkes Secara Online Pada Masa Covid-19. Riyadhoh Jurnal Pendidikan Olahraga. Vol 5, No 1 Hal. 67-72. DOI: http://dx.doi.org/10.31602/rjpo.v5i1.6675

Rio Rizqul Ramadhan , Citra Resita , Aria Yuda Kusuma R. (2021). Survey Pengetahuan Guru PJOK Tentang Penanganan Cedera Olahraga Dengan Metode RICE. Riyadhoh Jurnal Pendidikan Olahraga. Vol 4, No 1 Hal. 46-53. DOI: http://dx.doi.org/10.31602/rjpo.v4i1.4379




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/rjpo.v5i2.9147

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Index Jurnal :

                

Didedikasikan Untuk:

   

Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga disebar luaskan oleh : Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.