DESKRIPSI MOTORIK KASAR SISWA KELAS ATAS SEKOLAH DASAR DAERAH PERBUKITAN

Maria Goreti Wati(1*), Touvan Juni Samodra(2), Edi Purnomo(3), Eka Supriatna(4), Uray Gustian(5), Davi Sofyan(6)

(1) Universitas Tanjungpura
(2) Universitas Tanjungpura
(3) Universitas Tanjungpura
(4) Universitas Tajungpura
(5) Universitas Tanjungpura
(6) Universitas Majalengka
(*) Corresponding Author

Sari


The purpose of this study is related to the importance of gross motor skills in elementary school students, especially students who live in hilly areas. Gross motor is a movement of the whole body that involves large muscles such as crawling, walking, running, jumping, and throwing. This research was conducted at the 38 Nanga Tayap Public School, Ketapang Regency. The sample in the study of upper-class students (grades 4, 5, and 6) was 44 students. Data collection was taken from May 18 to May 20, 2022. Data collection was carried out using a gross motor ability test, namely TGMD-2  (run, gallop, hop, horizontal jump, leap, slide, striking). A stationary ball, stationary dribble, catch, kick, overhand throw, or underhand roll). The results showed no superior and excellent, 4.5% above the average, 47.8.% average, 22.7% below the average and 22.7% less, and 2.3 % significantly less. So it can be concluded that more than 50% of class students still have gross motor skills below the standard average


Kata Kunci


Motorik kasar, TGMD-2, sekolah dasar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fadhullah, R. F., Teguh, L., & Wiguno, H. (2020). Pertumbuhan dan Perkembangan Motorik Kasar Pada Kelas Rendah Sekolah Dasar. Sport Science and Health, 2(8).

Fallo, I. S., Ardimansyah, A., & Hidayati, N. (2020). Dimensi pembelajaran permainan kasti berbasis perkembangan motorik dengan gaya mengajar komando pada siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Olahraga, 9(1). https://doi.org/10.31571/jpo.v9i1.1399

Febey, H., & Qalbi, Z. (2020). Dampak Permainan Gadget dalam Mempengaruhi Perkembangan Kognitif. Pena Paud, 1(1).

Gallahue, D. L., Ozmun, J. C., & Godway, J. D. (2019). Understanding motor dovelopment : Infants, Children, Adolescents, Adults, Seventh Edition. In The McGraw-Hill Companies, Inc., 1221 Avenue of the Americas, New York (pp. 1–482).

Guerada, K. (2021). Impact of Online Games on Children’s Mental Health. Journal La Medihealtico, 2(1). https://doi.org/10.37899/journallamedihealtico.v2i1.281

Hadi, H., Royana, I. F., & Setyawan, D. A. (2017). Keterampilan Gerak Dasar Anak Usia Dini Pada Taman Kanak-Kanak (TK) di Kota Surakarta. Jurnal Ilmiah Penjas, 3(2).

Hanum, A., & Rohita, R. (2021). Kegiatan sentra olah tubuh dalam menstimulasi kemampuan motorik kasar anak. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 2(2). https://doi.org/10.36722/jaudhi.v2i2.584

Haryanti, D., Ashom, K., & Aeni, Q. (2019). Gambaran perilaku orang tua dalam stimulasi pada anak yang mengalami keterlambatan perkembangan usia 0-6 tahun. Jurnal Keperawatan Jiwa, 6(2). https://doi.org/10.26714/jkj.6.2.2018.64-70

Hasanah, N. U., Jaya, M. T. B. ., & Surahman, M. (2018). Bermain Lompat Tali dan Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1).

Hidayanti, M. (2013). Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Bakiak. Pendiidkan Anak Usia Dini.

Hidayati, A. (2017). Merangsang pertumbuhan dan perkembangan anak dengan pembelajaran tematik terpadu. Sawwa: Jurnal Studi Gender, 12(1). https://doi.org/10.21580/sa.v12i1.1473

Istiqomah, H., & Suyadi, S. (2019). Perkembangan fisik motorik anak usia sekolah dasar dalam proses pembelajaran (studi kasus di sd muhammadiyah karangbendo yogyakarta). El Midad, 11(2). https://doi.org/10.20414/elmidad.v11i2.1900

Iswantiningtyas, V., & Wijaya, I. P. (2015). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional Gobak Sodor. Jurnal PINUS, 1(3).

Iswanto, A., & Widayati, E. (2021). Pembelajaran pendidikan jasmani yang efektif dan berkualitas. Majalah Ilmiah Olahraga (MAJORA), 27(1).

Janah, R. (2017). Analisis Tingkat Kebugaran Jasmani Pada Anak Usia 10-12 Tahun di SDN Lidah Wetan IV/566 Kecamatan Lakarsantri Surabaya. Jurnal Kesehatan Olahraga, 5(1).

Karisman, V. A. (2018). Pengaruh media pembelajaran edukatif dalam pembelajaran pendidikan jasmani terhadap keterampilan motorik dasar siswa sekolah dasar. Tegar: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 2(1). https://doi.org/10.17509/tegar.v2i1.10573

Kasriman, K. (2018). Perbandingan Kemampuan Motorik Dasar Siswa pada Tahun Pertama di SD Unggulan dan Biasa. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 4(1). https://doi.org/10.22236/jipd.v4i1.77

Khaulani, F., Nevlyarni, & Murni, I. (2020). Fase dan Tugas Perkembangan Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1).

Khaulani, F., S, N., & Irdamurni, I. (2020). Fase dan tugas perkembangan anak sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1). https://doi.org/10.30659/pendas.7.1.51-59

Mirawati, M., & Rahmawati, E. (2017). Permainan modifikasi untuk stimulasi keterampilan gerak dasar manipulatif anak usia 2-4 tahun. EARLY CHILDHOOD : JURNAL PENDIDIKAN, 1(2). https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v1i2.119

Mustafa, P. S., & Sugiharto, S. (2020). Keterampilan motorik pada pendidikan jasmani meningkatkan pembelajaran gerak seumur hidup. Sporta Saintika, 5(2). https://doi.org/10.24036/sporta.v5i2.133

Nova, & Wati, D. E. (2019). Peran Orang Dewasa Dalam Stimulasi Motorik Kasar Pada Anak Delayed Walking (Keterlambatan Berjalan). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9).

Nugraha, B. (2015). Pendidikan jasmani olahraga usia dini. Jurnal Pendidikan Anak. https://doi.org/10.21831/jpa.v4i1.12344

O’ Brien, W., Belton, S., & Issartel, J. (2016). Fundamental movement skill proficiency amongst adolescent youth. Physical Education and Sport Pedagogy, 21(6), 557–571. https://doi.org/10.1080/17408989.2015.1017451

Ramadhani, T. A. (2022). Studi komparatif perkembangan daya tahan pada anak usia 11 tahun di dataran rendah, dataran sedang, dan dataran tinggi se-malang Raya. SKRIPSI Mahasiswa UM.

Rohmatin, T., & Wulan, B. R. S. (2019). Kemampuan motorik kasar anak sekolah dasar berdasarkan perbedaan status ekonomi keluarga. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 172–180.

Rubiyatno, & Suryadi, D. (2022). Penerapan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Servis Bulutangkis di MTs Mujahidin Pontianak. Musamus Journal of Physical Education and Sport ( MJPES ), 04(02), 140–149. https://doi.org/https://doi.org/10.35724/mjpes.v4i02.4303

Ruswan, A., Iskandar, S., Kasmad, M., & Mujono, M. (2020). Latihan permainan menjala ikan untuk meningkatkan kemampuan gerak jasmani siswa sekolah dasar. Jurnal Pedagogiana, 8(4). https://doi.org/10.47601/ajp.21

S., T. S., Nasirun, M., & D, D. (2020). Aplikasi Gerak Lokomotor Sebagai Media Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Pada Kelompok B1. Jurnal Ilmiah Potensia, 5.

Setianingsih, A. Y. U. (2018). Game Online dan Efek Problematikanya Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 7 Bandar Lampung. Jurnal.

Suryadi, D. (2022). Analisis kebugaran jasmani siswa: Studi komparatif antara ekstrakurikuler bolabasket dan futsal. Edu Sportivo: Indonesian Journal of Physical Education, 3(2), 100–110. https://doi.org/https://doi.org/10.25299/es:ijope.2022.vol3(2).9280

Suryadi, D., & Rubiyatno. (2022). Kebugaran jasmani pada siswa yang mengikuti ekstrakulikuler futsal. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 5(1), 1–8. https://doi.org/10.26418/jilo.v5i1.51718

Suryadi, D., Samodra, Y. T. J., & Purnomo, E. (2021). Efektivitas latihan weight training terhadap kebugaran jasmani. Journal Respecs Research Physical Education and Sports, 3(2), 9–19. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/respecs.v3i2.1029

Trianingsih, R. (2016). Pengantar praktik mendidik anak usia sekolah dasar. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(2). https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v3i2.880

Widya, R. (2020). Dampak Negatif Kecanduan Gadget Terhadap Perilaku Anak. Jurnal Abdi Ilmu, 13(1).

Wijayanti, K. (2018). Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Pra Sekolah. Unissula Nursing Conference Call for Paper & National Conference, 1(1).

Yahya, A. (2020). Meningkatkan efektivitas pembelajaran gerak dasar lari cepat melalui model permainan modifikasi sd negeri wajak 02 kab. Malang. SPORT SCIENCE AND EDUCATION JOURNAL, 1(2). https://doi.org/10.33365/ssej.v1i2.776

Yana, M. (2021). Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini ( Studi Kasus Di Tk Elekrina Kertapati Palembang). PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1). https://doi.org/10.31851/pernik.v2i2.3840

Yuda, C. N. (2012). Study komparatif perkembangan kelincahan antara anak usiah 9, 10, 11 tahun di dataran rendah dengan dataran tinggi di kabupaten pasuruan. Universitas Negeri Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/rjpo.v6i1.9127

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Index Jurnal :

                

Didedikasikan Untuk:

   

Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga disebar luaskan oleh : Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.