Proses Pembelajaran Penjasorkes Secara Online Pada Masa Covid-19

Julian Leko(1), Yahya Jecson Palinata(2), Alventur Baun(3*), Isak Riwu Rohi(4)

(1) Universitas Kristen Artha Wacana
(2) Universitas Kristen Artha Wacana
(3) Universitas Kristen Artha Wacana
(4) Universitas Kristen Artha Wacana
(*) Corresponding Author

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran penjasorkes secara online di tengah pandemic covid-19. Penelitian ini menggunakan Metode kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif yang meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian tentang proses pembelajaran penjasorkes secara online di tengah pandemic covid-19, menunjukan bahwa sebelum adanya pandemic covid-19 ini, berjalan dengan baik, efektif dan efisien. Kegiatan pembelajaran dilaksanakan di sekolah dan proses pembelajaran berlangsung secara tatap muka sesuai dengan jadwal dan materi yang telah ditetapkan pada kurikulum yang ada. Kegiatan belajar mengajar penjasorkes mengalami kendala pada masa pandemic covid-19. Kegiatan pembelajaran penjasorkes harus dilangsungkan secara daring atau online pada setiap hari. Kegiatan pembelajaran secara daring/online mengalami kendala bagi guru maupun siswa. Model Pembelajaran Penjasorkes yang digunakan sebelum pandemic covid-19 menggunakan kurikulum 2013 yaitu pembelajaran berbasis masalah, berbasis proyek dan berbasis penemuan yang dilaksanakan melalui tatap muka di sekolah, sedangkan dimasa pandemic covid-19 ini, mengharuskan guru dan siswa agar dapat berinteraksi melalui pembelajaran daring/jarak jauh. Hasil Pembelajaran Penjasorkes sangatlah bagus dan memenuhi kriteria ketuntasan bagi siswa sebelum terjadinya pandemic covid-19. Akan tetapi di masa pandemic covid-19 saat ini, hasil belajar siswa sangatlah mengalamai kemerosotan. Simpulan penelitian ini pihak sekolah dan guru harus memiliki sikap dan kemampuan secara professional dan kreatif untuk dapat memfasilitasi setiap proses pembelajaran agar dapat membawah keberhasilan pencapaian target belajar dari siswa pada masa pandemic covid-19 saat ini.

 


Kata Kunci


Proses Pembelajaran Penjasorkes; Online; Masa Covid-19

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Buku 1 Penulis

Hamdani, (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung : CV. Pustaka Setia.

Husdarta H. (2011). Manajemen Pendidikan Jasmani. Bandung : Alfabeta.

Moleong 2014). Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kokom Komalasari, (2014). Pembelajaran Kontekstual,, PT Refika Aditama : Bandung

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran. Depok: PT Raja Grafindo Persada

Samsudin, (2008). Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SD/MI, Litera: Jakarta

Sanjana, Wina. (2007). Pengajaran.Bandung : PT. Imperial Bhakti Utama

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Buku 2 Penulis

Arsyad, Azhar. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada.

Leo Agung S, Sri Wahyuni, (2013). Perencanaan Pembelajaran Sejarah, Ombak (Anggota IKAPI) : Yogyakarta

Made, Wena. (2009). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Miles & Huberman (1984). Analisi Data Kualitatif. Terjemah Oleh Tjetjep Rohendi Rohid. 1992. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia

Mukhtar & Iskandar. (2010). Desain Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi ( Sebuah Orientasi Baru). Jakarta: Gaung Persada Press.

Syukur, Fatah. (2008). Teknologi Pendidikan. Semarang : Rasail Media Group.

Penulis Tidak Diketahui / Lembaga

………. (1992). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta : UIP

Artikel Jurnal / Ensiklopedi

Gandasari, MF & Manurung, JSR. 2020. Evaluasi Potensi Fisik Siswa SMA Sebagai Suatu Hasil Belajar Mata Pelajaran Penjasorkes (Studi Pada SMA Negeri Di Kecamatan Sengah Temila). Riyadhoh Jurnal Pendidikan Olahraga. Vol 3, No 2. hal. 87-92. doi: http://dx.doi.org/10.31602/rjpo.v3i2.3577

Hidayat, Yudy Hendrayana, Sandey Tantra Paramitha, Asep Angga Permadi. (2020). Evaluasi Pembelajaran Penjas (Analisis Keterlaksanaan Pembelajaran Renang di MTs Sekecamatan Leles Kabupaten Garut). Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, Volume 19 No. 2 hal 103-110.

Merliza Mutia, Herita Warni, Sarmidi Sarmidi. (2019). Peran Guru Pendidikan Jasmani Dalam Menanamkan Karakter Kepada Peserta Didik di SD Negeri Atu-Atu Kecamatan Pelaihari Kabupaten Tanah Laut. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, Volume 18 No. 2 hal 120-125.

Nur Ahmad Arief, Bambang Ferianto Tjahyo Kuntjoro, Suroto. (2020). Gambaran Aktifitas Fisik dan Perilaku Pasif Mahasiswa Pendidikan Olahraga Selama Pandemi Covid-19. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, Volume 19 No. 2 hal 175-183.

Putranto, D & Ulfah, WA. 2020. Pengembangan Model Pembelajaran Gerak Multilateral Berbasis Role Playing Game (RPG) Pada Siswa Sekolah Dasar. Riyadhoh Jurnal Pendidikan Olahraga. Vol 3, No 2 Hal. 17-25. DOI: http://dx.doi.org/10.31602/rjpo.v3i2.3532

Simbolon, dkk.2021. Dampak Covid-19 Pada Pembelajaran Pendidikan JasmaniOlahraga Dan Kesehatan SMP Di Provinsi Kepulauan Bangka

Belitung. Riyadhoh Jurnal Pendidikan OlahragaVol 4, No 1. Hal. 134-142. DOI: http://dx.doi.org/10.31602/rjpo.v4i1.4226.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/rjpo.v5i1.6675

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Index Jurnal :

                

Didedikasikan Untuk:

   

Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga disebar luaskan oleh : Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.