Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Motivasi

Veranda Putri Cahyaningtias(1*), Mochamad Ridwan(2)

(1) Pendidikan Olahraga, Universitas Negeri Surabaya
(2) Pendidikan Olahraga, Universitas Negeri Surabaya
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan media pembelajaran interaktif terhadap motivasi mengikuti mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Penelitian ini menggunakan Pre-Experimen Design dengan one group pretest-posttest. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas XI Multimedia di SMKN 2 Buduran Sidoarjo yang berjumlah 31 siswa. Analisis data menggunakan SPSS 25 yaitu analisis deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, uji t test, dan uji regresi. Hasil yang diperoleh dari pretest dan posttest pada siswa kelas XI multimedia di SMKN 2 Buduran Sidoarjo terdapat adanya selisih nilai atau peningkatan nilai pada sebelum diberikan perlakuan dan sesudah diberikan perlakuan. Nilai R Square sebesar 47,3% dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan


Kata Kunci


Efektivitas; media interaktif; motivasi; pendidikan jasmani

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arsyad, M. N., & Fatmawati. (2018). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Terhadap Mahasiswa IKIP Budi Utomo Malang. Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya, 8(2), 188. https://doi.org/10.25273/ajsp.v8i2.2702.

Arumsarie, R. A., Kusumaningsih, W., & Sutrisno. (2019). Pengembangan Aplikasi Mobile Learning Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Trigonometri. Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 12(1), 65. https://doi.org/10.26877/mpp.v12i1.3823.

Budi, D. R., Kusuma, M. N. H., Syafei, M., & Stephani, M. R. (2019). The Analysis of Fundamental Movement Skill in Primary School Student in Mountain Range. 11(Icsshpe 2018), 195–198. https://doi.org/10.2991/icsshpe-18.2019.56.

Darmawan, I. (2013). Upaya Meningkatkan Kebugaran Jasmani Siswa Melalui Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan, 2(5), 143–154. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrnspiras.

Dwiyogo, W. D., & Cholifah, P. S. (2016). Continuing Professional Development (CPD) for Physical Education Teacher in Elementary School through Blended Learning. In International Conference on Education (ICE2) 2018: Education and Innovation in Science in the Digital Era, 14, 948–955. http://pasca.um.ac.id/conferences/index.php/ice/article/download/126/121.

Fauzi, A., Ningsih, P., Dani, Gultom, H., & Alim, C. (2021). Pelatihan Keterampilan Penggunaan Aplikasi Microsoft Powerpoint pada Siswa dan Siswi SMP Bina Mulia. JAMAIKA: Jurnal Abdi Masyarakat Program Studi Teknik Informatika Universitas Pamulang, 2, 24–32.

Hadi, S. (2017). Efektivitas Penggunaan Video Sebagai Media. Prosiding TEP & PDs, Tema: 1 No, 96–102.

Haryanto, T. S., Dwiyogo, W. D., & Sulistyorini. (2015). Pengembangan Pembelajaran Permainan Bolavoli Menggunakan Media Interaktif Di Smp Negeri 6 Kabupaten Situbondo. Jurnal Pendidikan Jasmani, 25(1), 123–128. http://journal.um.ac.id/index.php/pendidikan-jasmani/article/view/4908.

Heryl, K. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Audio Visual Untuk; Meningkatkan Hasil Belajar Sepakbola Dalam; Pembelajaran Penjas. SELL Journal, 5(1), 55.

Isra, Z., & Asnaldi, A. (2020). Analisis Koordinasi Teknik Jump Smash Pemain Bulutangkis PB. Formula Padang Panjang. Jurnal Kepelatihan Olahraga, 12(1), 45–55. https://doi.org/10.17509/jko-upi.v12i1.24013.

Izzudin, A. M., & Suharmanto, A. (2013). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Video Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Praktik Service Engine Dan Komponen-Komponennya. Journal Unnes, 2(2), 1–8. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/asej.

Khiyarusoleh, U. (2016). Konsep Dasar Perkembangan Kognitif Pada Anak Menurut Jean Piaget. Dialektika Jurusan PGSD, 5(1), 1–10.

Koc, Y. (2017). The Effect of “Physical Education and Sport Culture” Course on the Attitudes of Preservice Classroom Teachers towards Physical Education and Sports. International Journal of Higher Education, 6(4), 200. https://doi.org/10.5430/ijhe.v6n4p200.

Kusnandar, K., & Nurcahyo, P. J. (2017). Pemanfaatan Permainan Tradisional Banyumas Gol-Golan Sebagai Materi Pembelajaran Penjas Di Sekolah Dasar Di Kabupaten Banyumas. Prosiding, 7(1), 234–242.

Lazuardi, D. R., & Murti, S. (2018). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Menggunakan Model Pembelajaran Quantum Tipe VAK (Visual, Audiovisual, Kinestetik). Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran), 2, 87–95. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/kibasp.v2i1.408.

Maksum, A. (2018). Metodologi Penelitian dalam Olahraga. Unesa University Press.

Nurjaya, D. R., & Mulyana, D. (2016). Mengembangkan Perilaku Asosiatif Siswa SD Melalui Penerapan Pendekatan Bermain Dalam Konteks Pembelajaran Penjas. Journal of Physical Education and Sport, 2(1), 52–61.

Peakasa, P. A. (2015). Survei Tingkat Pemahaman Guru PJOK terhadap Pelaksanaan Kurikulum 2013 di SMP Negeri Se-Surabaya Selatan. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan Volume, 3(3), 651–658. http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/issue/archive.

Prihartanta, W. (2015). Teori-Teori Motivasi. Jurnal Adabiya, 1, 1–5.

Ridwan, M., Sudibyo, & Kartiko, D. C. (2020). Aktivitas permainan, cuaca, dan motivasi siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani. Journal Of Sport Education, 2, 40–46. https://doi.org/dx.doi.org/10.31258/jope.2.2.40-46.

Saputra, M. R. E., & Yunus, M. (2019). Pengembangan Variasi Model Latihan Dribbling Sepakbola untuk Atlet Usia 13-15 Tahun. Indonesia Performance Journal, 3(1), 8–15. http://journal2.um.ac.id/index.php/jko%0APENGEMBANGAN.

Suryantini, N. W. N., Wiarta, I. W., & Manuaba, I. B. S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Visual Auditori Kinestetik Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa Siswa Kelas V. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(3).

Tarigan, D., & Siagian, S. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Pembelajaran Ekonomi. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 2(2), 187–200. https://doi.org/10.24114/jtikp.v2i2.3295.

Taufik, M. S., & Sungkawa, M. G. G. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Dribbling Sepakbola Dengan Penggunaan Media Audio Visual. Jp.Jok (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan), 3(1), 43–54. https://doi.org/10.33503/jp.jok.v3i1.540.

Utama, A. M. B. (2011). Pembentukan Karakter Anak Melalui Aktivitas Bermain Dalam Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 8(1), 1–9. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji/article/view/3477.

Wijaya, M. A., & Kanca, N. (2019). Media Pembelajaran Aktivitas Pengembangan PJOK untuk Pendidikan Dasar dan Menengah. JOSSAE : Journal of Sport Science and Education, 4(1), 1. https://doi.org/10.26740/jossae.v4n1.p1-6.

Wijayanto, E. Z. (2012). Pengaruh Pembelajaran Permainan Bola Besar Terhadap Tingkat Kesegaran Jasmani. Active - Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 1(1). https://doi.org/10.15294/active.v1i1.264.

Zubairi, Atiq, A., & Yanti, N. (2020). Minat Siswi Terhadap Pembelajaran Penjas Materi Sepak Bola. 2019, 1–8.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/rjpo.v4i2.5727

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Index Jurnal :

                

Didedikasikan Untuk:

   

Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga disebar luaskan oleh : Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.