Analisis Perkuliahan Anatomi Menggunakan Media Berbasis Aplikasi Anatomy Illustration Pada Mahasiswa PJKR STKIP Syekh Manshur Saat Covid-19

Devaron Suardi(1*), Idris Supriadi(2), Ira Asyura(3)

(1) STKIP Syekh Manshur
(2) STKIP Syekh Manshur
(3) STKIP Syekh Manshur
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perkuliahan anatomi menggunakan media berbasis aplikasi Anatomy Illustration. Media atau aplikasi yang dipakai dalam perkuliahan sangat diperlukan untuk meningkatkan minat dan kreatifitas mahasiswa dalam memahami materi yang ada dalam perkuliahan anatomi tubuh manusia. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik total sampling dimana populasi digunakan langsung sebagai sampel yaitu mahasiswa semester 3 program studi pendidikan jasmani, kesehatan, dan rekreasi yang berjumlah 40 mahasiswa. Aktivitas dalam analisis data kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan metode kualitatif yaitu penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik survey. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang menggunakan model Miles and Huberman. Angket diberikan secara online dalam format google form. Perkuliahan Anatomi menggunakan media berbasis aplikasi Anatomy illustration saat Covid-19 memberikan respon sangat positif ditinjau dari aspek daya tarik (82%), positif ditinjau dari aspek kemudahan penggunaan (74%), efisiensi waktu (74%), dan manfaat dari media berbasis aplikasi Anatomy Illustration (76%). Kesimpulan dari penggunaan media berbasis aplikasi Anatomy Illustration adalah memberikan respon positif untuk perkuliahan anatomi.

Kata Kunci


Anatomy Ilustration; Olahraga; Covid-19

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arsyad, A. (2011). Media Pengajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Asyura, I., & Dewi, R. (2020). Analisis Kemampuan Matematis Mahasiswa PGSD Terhadap Penggunaan Geogebra Classroom di Era dan Pasca Pandemi COVID-19. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 976–989. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.325

Azwar, S. (2013). Validitas dan Reliabilitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Depdikbud, P. B. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia (Edisi Kelima). Balai Pustaka.

Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). An-Nida’, 37(1), 27–35.

Maolani, R. A., & Cahyana, U. (2016). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Miharja, F. J. (2015). Development of Module Human Anatomy and Phisiology with Problem Based Learning to Improve Student Competence at Study Program Biology Education. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi, 1974, 220–227.

Pearce, E. C. (2016). Anatomi dan fisiologi untuk paramedis. PT Gramedia Pustaka Utama.

Purwanto, N. (2004). Prinsip-prinsip dan teknik Evaluasi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Putri, D. I., Isnanto, R. R., & Martono, K. T. (2016). Perancangan Aplikasi Multimedia untuk Pembelajaran Anatomi Tubuh Manusia untuk Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Dan Sistem Komputer, 4(1), 124. https://doi.org/10.14710/jtsiskom.4.1.2016.124-132

Riduwan. (2012). Pengantar Statistika Sosial. Bandung: Alfabeta.

Sudjana, N. (2011). Penilaian Hasil dan Proses Belajar Mengajar. Rosda Karya.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wahyuningsih, H. P., & Kusmiyati, Y. (2017). Anatomi Fisiologi. Cetakan Pe. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Wanasuria, R., Ismawan, F., & Heriyati, H. (2020). Aplikasi Pengenalan Anatomi Tubuh Manusia Berbasis Android. Jurnal Riset Dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI), 1(01), 59–65. https://doi.org/10.30998/jrami.v1i01.185

Widoyoko, E. (2016). Penelitian Hasil Pembelajaran Di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/rjpo.v4i2.5548

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Index Jurnal :

                

Didedikasikan Untuk:

   

Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga disebar luaskan oleh : Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.