Survey Tingkat Pemahaman Siswa Terhadap Materi Sepakbola Di Sekolah Sman 1 Cilamaya Dimasa Pandemi Covid-19

Rifqi Husaini(1*), Akhmad Dimyati(2), Bambang Ismaya(3)

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa kelas XI terhadap materi sepakbola di sekolah SMAN 1 Cilamaya dimasa pandemi covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 1 Cilamaya sebanyak 395 siswa. Ukuran sampel penelitian menggunakan teknik probability sampling dengan jenis simple random sampling mengingat anggota populasi dalam penelitian ini bersifat homogen sehingga ditentukan sampel sebanyak 40 siswa. Data dikumpulkan dengan tes pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pemahaman siswa kelas XI di SMAN 1 Cilamaya terhadap materi sepakbola adalah yang berkategori sangat tinggi 5,00% (2 siswa), tinggi sebesar 30,00% (12 siswa), sedang 32,50% (13 siswa), rendah 22,50% (9 siswa), sangat rendah 10,00% (4 siswa). Kesimpulan yang didapat bahwa tingkat pemahaman siswa kelas XI terhadap materi sepakbola dimasa pandemi covid-19 berdasarkan faktor pengertian, teknik, peraturan permainan, sarana prasarana berdasarkan penjumlahan nilai dari semua faktor didapatkan bahwa tingkat pemahaman siswa kelas XI terhadap materi sepakbola di SMAN 1 Cilamaya berada dikategori sedang

Kata Kunci


Pemahaman Siswa, kelas XI, Materi Sepakbola, Covid-19

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Achmad, N., Kurniati, T., & K, R. A. (2017). ANALISIS HASIL BELAJAR SISWA DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA PADA MATERI TERMOKIMIA DI KELAS XI MIPA MAN 1 PONTIANAK. Ar-Razi Jurnal Ilmiah, 5(2), 152–158.

Dimyati, A. (2017). PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN ATLETIK ANAK DALAM PEMBELAJARAN GERAK DASAR LARI BAGI SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS (TUNARUNGU) DI SLB NEGERI KABUPATEN KARAWANG. 1–8.

Fatoni, A. (2019). WAWASAN PENDIDIKAN (PENDIDIKAN DAN PENDIDIK). Wawasan Pendiidikan, 2, 17.

Jejak Pendidikan. (2017). Pengertian Pemahaman. Jejak Pendidikan. http://www.jejakpendidikan.com/2017/12/pengertian-pemahaman.html

Junaedi, A. (2016). Survei Tingkat Kemajuan Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan Di Sma, Smk, Dan Ma Negeri Se-Kabupaten Gresik. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 3(3), 834–842.

Prasetiawan, N. W. (2016). TINGKAT PENGETAHUAN PESERTA DIDIK TERHADAP MATERI PERMAINAN BOLA BESAR DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES KELAS XI DI SMA N 1 PRAMBANAN KLATEN SKRIPSI [Universitas Negeri Yogyakarta]. file:///Users/andreataquez/Downloads/guia-plan-de-mejora-institucional.pdf%0Ahttp://salud.tabasco.gob.mx/content/revista%0Ahttp://www.revistaalad.com/pdfs/Guias_ALAD_11_Nov_2013.pdf%0Ahttp://dx.doi.org/10.15446/revfacmed.v66n3.60060.%0Ahttp://www.cenetec.

Rois, A. A. (2018). tingkat pmahaman siswa kelas X terhadap permainan bola besar di madrasah aliyah assalafiyah mlangi kabupaten sleman. Universitas Negeri Yogyakarta.

Saefuloh, A. (2020). PENJAS DIMASA PANDEMI. BDK JAKARTA KEMENTRIAN AGAMA RI. https://bdkjakarta.kemenag.go.id/berita/penjas-dimasa-pandemi




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/rjpo.v4i2.5344

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Index Jurnal :

                

Didedikasikan Untuk:

   

Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga disebar luaskan oleh : Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.