Media Latihan Berupa Video terhadap Penguasaan Gerakan Poomsae Taegeuk 1 Beladiri Taekwondo pada Atlet Pemula

Zacky Ar-Rahman, Hartati Hartati, Silvi Aryanti

Sari


Belum terdapat media latihan berupa video yang dapat digunakan atlet berlatih secara mandiri di rumah selama masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan dari Borg dan Gall dalam Sugiyono. Video penguasaan gerakan Poomsae Taegeuk 1 Beladiri Taekwondo dikembangkan berdasarkan angket kebutuhan, kondisi objektif, dan wawancara. Hasil dari validasi ahli Taekwondo memperoleh nilai total 18 atau 90% dengan kategori sangat baik. Hasil dari validasi ahli media memperoleh nilai 102 atau 97,14% berkategori sangat baik. Sedangkan dari validasi ahli pelatih memperoleh nilai total 49 atau 98% berkategori sangat baik. Hasil dari uji coba kelompok kecil yaitu dinyatakan sangat baik dengan nilai rata-rata 88,32%. Kemudian, hasil akhir uji coba kelompok besar adalah media latihan berupa video penguasaan gerakan Poomsae Taegeuk 1 Beladiri Taekwondo untuk Atlet Pemula di CJV Club Banyuasin sangat baik dengan nilai 89.74%.

 


Kata Kunci


Pengembangan, Media Latihan Berupa Video, Poomsae Taegeuk 1, Taekwondo.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Farissya, J. A. (2015). ). Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Teknik Dasar (Kihon) Karate Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Fakultas Ilmu Keolahragaan. Skripsi.

Hartati, Aryanti, S., & Syafaruddin. (2020). Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Penjaskes Berorientasi pada Media Pembelajaran Interaktif. Bravo’s Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan, 8(01), 18.

Indriyana, B. (2017). Meningkatkan Kemampuan Tendangan Deol Ochagi Melalui Metode Latihan Circuit Training Pada Atlet Pra-Junior Putra Usia 10-13 Tahun Tnt Club. Jurnal Pedagogik Olahraga, 03(02), 18.

Puspitaningtias, F. D. (2018). Pengembangan Buku Taekwondo Poomsae Taegeuk 1 Sampai 8. Skripsi.

Setianto, W. R., Widijoto, H., & Sulistyorini. (2017). Pengembangan Latihan Taekwondo Dengan Media Audio-Visual untuk Ekstrakurikuler Taekwondo Di SMA Kabupaten Tulungagung. Jurnal Pendidikan Jasmani, 29(1).

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/ R&D) (Revisi). Penerbit Alfabeta.

Sumarsono, A., & Anisa. (2018). Media Audio Visual Sebagai Solusi Efektif Pembelajaran Teknik Gerak. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 3(1).

Sunday, T. (2009). Teachers’ Perception Of The Role Of Media In Classroom Teaching In Secondary Schools. The Turkish Online Journal of Educational Technology – TOJET, 8(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/rjpo.v4i1.5033

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Didedikasikan Untuk:

   

Lisensi Creative Commons

Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga disebar luaskan oleh : Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.