Analisis Pembelajaran Daring pada Mata Kuliah Media dan Teknologi Pembelajaran Penjaskes Mahasiswa FKIP Universitas Sriwijaya

Ullya Ulfa Sholeha, Hartati Hartati, Silvi Aryanti

Sari


Penelitian bertujuan untuk menganalisis kinerja mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan mengetahui hasil belajar yang didapat mahasiswa semester Ⅲ pada mata kuliah media dan teknologi pembelajaran penjaskes secara daring di era covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa aktif pendidikan jasmani dan kesehatan semester Ⅲ FKIP Universitas Sriwijaya. Teknik pengambilan sampel pada penelitian menggunakan teknik total sampling yang dimana populasi langsung dijadikan sampel sehingga diperoleh 67 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Miles dan Huberman, hasil perkuliahan daring kesiapan mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan terdapat pada kategori efektif atau siap 75,48%. dan proses perkuliahan daring terdapat pada kategori cukup efektif 54,57%. Perkuliahan daring dalam kategori cukup efektif, mahasiswa tuntas dalam hasil belajar 85% berada dalam kategori sangat baik untuk nilai, 66% dalam kategori pujian untuk IPK, dan hanya dari segi pemahaman dan penguasaan materi pada kinerja mahasiswa dengan hasil belajar yang didapatkan secara daring dinyatakan tidak valid.


Kata Kunci


Pembelajaran Daring; Efektivitas; Kesiapan; Hasil Belajar.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian atau pendekatan praktik. Cet XV, 86–251.

Aryanti, S., & Azhar, S. (2021). Pre-Service Physical Teacher’s Interest in Learning Nutrition Science Using E-learning. 4th Sriwijaya University Learning and Education International Conference (SULE-IC 2020), 443–446. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201230.144

ENALIA, R., Zen, D., & Santri, D. J. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI EKOSISTEM KELAS X SMA NEGERI 10 PALEMBANG. Sriwijaya University.

IHSANI, D., Koryati, D., & Deskoni, D. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IIS DI SMA NEGERI 1 INDRALAYA SELATAN. Sriwijaya University.

Kresnapati, P., & Setyawan, D. A. (2020). Analisis perkuliahan daring mahasiswa PJKR Universitas PGRI Semarang sebagai dampak pandemi covid 19. Edu Sportivo: Indonesian Journal of Physical Education, 1(1), 25–32. https://doi.org/10.25299/es:ijope.2020.vol1(1).5148

Kusdianto, H., & Sari, R. L. I. (2019). Bahan Ajar Ergosistema Berbasis E-learning Untuk Mahasiswa Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi-Ibu. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 17(2). http://dx.doi.org/10.20527/multilateral.v17i2.5701.g4775

MANALU, H. I. B. (2020). ANALISIS KESIAPAN PEMBELAJARAN E-LEARNING READINESS DURING SAAT PANDEMI COVID-19 DENGAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III SDN 066668 KECAMATAN MEDAN JOHOR TP 2019/2020. UNIVERSITAS QUALITY. http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1078.

Mandasari, L., Rahmadhani, E., & Wahyuni, S. (2020). EFEKTIVITAS PERKULIAHAN DARING PADA MATA KULIAH ANALISIS KOMPLEKS SELAMA PANDEMI COVID 19. Jurnal As-Salam, 4(2), 269–283. https://doi.org/10.37249/as-salam.v4i2.205

Pohan, A. E. (2020). Konsep pembelajaran daring berbasis pendekatan ilmiah. Penerbit CV. SARNU UNTUNG.

Pransetyapri, S. E., Salim, I., & Supriadi, S. (2013). ANALISIS EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SOSIOLOGI PADA SISWA KELAS X DI MADRASAH ALIYAH AL-ANWAR PONTIANAK. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(8). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/27350/75676577792

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis proses pembelajaran dalam jaringan (daring) masa pandemi covid-19 pada guru sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–870. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460

Rohmawati, A. (2015). Efektivitas pembelajaran, jurnal pendidikan usia dini. Jakarta Timur. https://doi.org/10.21009/JPUD.091.02

Uno, H. B., & Mohamad, N. (2011). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM: Pembelajaran Aktif Inovatif Lingkungan Kreatif Menarik. Jakarta: Bumi Aksara.

Widiyono, A. (2020). Efektifitas perkuliahan daring (online) pada mahasiswa pgsd di saat pandemi covid 19. Jurnal Pendidikan, 8(2), 169–177. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v8i2.458

Yolandasari, M. B. (2020). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS II A MI UNGGULAN MIFTAHUL HUDA TUMANG CEPOGO BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2019/2020. http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/9550

Zahri, T. N., Yusuf, A. M., & Neviyarni, S. (2017). Hubungan gaya belajar dan keterampilan belajar dengan hasil belajar mahasiswa serta implikasinya dalam pelayanan bimbingan dan konseling di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang. Konselor, 6(1), 18–23. https://doi.org/10.24036/02017615734-0-00




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/rjpo.v4i1.4997

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Didedikasikan Untuk:

   

Lisensi Creative Commons

Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga disebar luaskan oleh : Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.