Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual dengan Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani

Rudy Saputra, Amalia Barikah

Sari


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar Pendidikan Jasmani, hubungan kecerdasan spiritual  dengan prestasi belajar pelajaran Pendidikan Jasmani dan hubungan antara kecerdasan emosional dengan kecerdasan spiritual pada siswa - siswi kelas X di SMA Negeri 1 Bandar Sribhawono. Sampel penelitian sebanyak 60 orang. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil koefisien korelasi antara kecerdasan emosional  dengan prestasi belajar pendidikan jasmani sebesar dan hasil koefisien korelasi antara kecerdasan spiritual dengan prestasi belajar pendidikan jasmani sebesar  serta hasil koefiensi korelasi antara kecerdasan emosional dengan kecerdasan spiritual sebesar 0,80 , dapat disimpulkan bahwa hubungan  X1 dan X2 dengan variabel Y signifikan.  Dengan demikian, semakin tinggi kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritualnya semakin tinggi pula pestasi belajar Pendidikan Jasmaninya.


Kata Kunci


kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, prestasi belajar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ary Ginanjar Agustian. 2001. Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi Dan Spiritual (ESQ). Jakarta: PT : Arga Wijaya Persada.

Danah Zohar Ian Marshall. 2001. SQ : Memanfaatkan Keserdasan Spiritual Dalam Berpikir Integralistik Dan Holistik Untuk Memaknai Kehidupan. Bandung: Mizan.

Marsini. 2015. “Kecerdasan Spiritual Dalam Menghindari Perilaku Menyimpang Pada Siswa.” Jurnal Pendidikan Jasmani Unila 151(04):10–17. doi: 10.1145/3132847.3132886.

S. Bakhri. 2015. “Emotional Spiritual Quotient (ESQ) Menurut Ary Ginanjar Agustian Dan Relevansinya Dengan Pengembangan Kompetensi Spiritual Dan Kompetensi Sosial Kurikulum 2013.” Skripsi 151(1):10–17.

Suharsimi Arikunto. 2002. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/rjpo.v4i1.4985

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Didedikasikan Untuk:

   

Lisensi Creative Commons

Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga disebar luaskan oleh : Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.