Penjajakan Peluang Industry Mikro Olahraga pada Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi UKAW Kupang

Andry Sinlaeloe, Agustinus Nafie, Fredik Nope, Melvianus Selan

Sari


ABSTRAK

Dunia Sport industry menjadi salah satu peluang yang sangat berperan penting dalam kemajuan dunia olahraga. Industri Olahraga adalah kegiatan bisnis dibidang olahraga dalam bentuk produk barang dan/atau jasa. Setiap pelaksanaan industri olahraga yang dilakukan oleh Pemerintah, pemerintah daerah, dan/atau masyarakat wajib memperhatikan tujuan keolahragaan nasional serta prinsip penyelenggaraan kegiatan olahraga. olahraga telah menjadi industri unggulan sebagai pemasok devisa negara. Hal ini seharusnya telah menyadarkan kita untuk menjadikan olahraga sebagai penggerak laju pertumbuhan ekonomi yang membuka kesempatan kerja, membuka peluang usaha dan ikut mensejahterakan masyrakat. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data mengunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Subjek penelitian sebanyak 16 orang. Teknik analisis data mengunakan triangulasi data. Hasil analisa data menunjukan bahwa industry mikro olahraga memiliki peluang dari sekmen Sport performance / penampilan olahraga, Sport Production / produksi olahraga, dan Sport Promotion / Promosi Olahraga. Dapat disimpulkan progdi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekresi Universitas Kristen Artha Wacana Kupang memiliki peluang dalam mengembangkan industry mikro olahraga.

Kata kunci: penjajakan, peluang, industry, mikro, dan Olehraga


Kata Kunci


penjajakan:peluang:industry:mikro:dan Olehraga

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

Hadiwinata, Bob Sugeng. 2002. Politik Bisnis Internasional. Yogyakarta: Kanisus.

Ibnu. (2011). Visi, Misi, Sasaran dan Program Kadin Untuk Olahraga Nasional (online), (http://sport.ghiboo. com/visi-misi-sasaran-dan-programkadin-untuk-olahraga-nasional, diakses 25 Mei 2020).

Moleong, Lexy J. (2007) Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya Offset,

Nuryadi. (2010). Industri Olahraga (Sport Industry). Online. http:// ebookbrowse.com. Diakses 13 juni 2020.

Pitts B.G, Fielding, L.W., and Miller (1994). Industry Segmentation Theory and Sport Industry. Developing a Spoort Industry Segmentation Model Sport Marketing Quarterly. 3. 1994. (Morgantown, WV: Titness Information Technologi, Inc).

Priyono. Bambang. 2012. Pengembangan Pembangunan Industri Keolahragaan Berdasarkan Pendekatan Pengaturan Manajemen Pengelolaan Kegiatan Olahraga. Jurnal Media Ilmu Keolahragaan Indonesia. 2 (2): 112-123.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Undang- undang RI No 3 Tahun 2005 Tentang Sistem Keolahragaan Nasional. Kementrian.Negara Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/rjpo.v4i1.4466

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Didedikasikan Untuk:

   

Lisensi Creative Commons

Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga disebar luaskan oleh : Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.