Meningkatkan Hasil Belajar Push Up, Sit Up dan Pull Up dengan Video Tutorial pada Mahasiswa PJKR Ukaw Kupang

Alventur Baun, Yahya Jecson Palinata, Julian Jeminel Leko, Isak Riwu rohi

Sari


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar sit up, pull up dan push up pada mahasiswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan dan dilaksanakan dengan dua siklus, setiap siklus dimulai dengan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah berjumlah 20 peserta didik. Data dikumpulkan dari hasil observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa, terbukti bahwa pada siklus I  yang tuntas sebanyak 16 orang dan tidak tuntas sebanya 4 orang dengan dengan rincian kategori Baik sebanyak 6 orang dengan presentase 30%, kategori Cukup sebanyak 10 orang dengan prsentase 50%, dan kategori Kurang sebanyak 4 orang dengan presentase 20%. Pada siklus II semuanya tuntas dengan rincian kategori Baik Sekali sebanyak 2 orang dengan presentase 10%, kategori Baik sebanyak 18 orang dengan prsentase 90%. Disimpulkan bahwa dengan video tutorial dengan yang diberikan efektif dan dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa. 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

Buku1 Penulis

Agus Suprijono. 2009. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktek Jakarta : PT . Rineka Cipta.

Harimurti, Kridalaksana. 1990. Kelas Kata dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif berorientasi Konstruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka Publisher.

Buku2 Penulis

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Fenanlampir Albertus, Faruq Muhammad Muhyi. 2015. Tes dan Pengukuran Dalam Olahraga. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Syaiful Bahri Djamarah, dkk. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Artikel Jurnal/Ensiklopedi

Jamaliah, Naimatul. 2020. Peningkatan Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli Melalui Torgamba Kabupaten Labuhan Batu Selatan Model PBBT dan PBKL Siswa Kelas VIII SMPN 1 . Riyadhoh Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 3, No 2 (1-8).

Rosadi Didin, Hardiansyah Luqman, Rusdiana Agus. 2018. Pengembangan Teknologi Alat Ukur Push Up Berbasis Microcontroller dengan Sensor Ultrasonic. Jurnal Terapan Ilmu Keolahragaan Vol 3 No 1 Tahun 2018 (34 - 39).

Sumantri, Ucu. 2019. Penggunaan video tutorial dalam upaya meningkatkan prestasi belajar tik pada siswa kelas xii.ips-1. Metaedukasi vol. 1, no. 2, 2019 (52-59)

Sahrul. 2018. Pengaruh Latihan Sit Up, Latihan Back Lift Dan Percaya Diri Terhadap Kemampuan Menyundul Bola Pada Permainan Sepakbola Siswa Sma Negeri 3 Bantaeng. Artikel PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Widayati, A. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 4(1) 87-93.

Skripsi/Tesis/Disertasidari Sumber Online

Adiar, Yuditya Akmal. 2017. Implementasi Video Tutorial Sebagai Bahan Ajar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Pokok Membangun Jaringan Siswa Kelas X Jurusan Teknik Komputer Dan Jaringan (TKJ) Sekolah Menengah Kejuruan (Smk) Al-Islam Surakarta. Skripsi. Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/rjpo.v4i1.4447

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Didedikasikan Untuk:

   

Lisensi Creative Commons

Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga disebar luaskan oleh : Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.