Tingkat Minat Siswa SMP dalam Pembelajaran Daring Bola Basket

Idris Saepulloh Saepulloh, Setio Nugroho, Irfan Zinat Achmad

Sari


Semua siswa memulai sesuatu dikarenakan adanya kemauan dari dalam sendiri, ajakan atau dorongan, baik dari diri sendiri maupun karena ajakan dari luar. Atau bisa disebut faktor intrinsik dan ekstrinsik, siswa biasanya cenderung hanya mengikuti kegiatan karena faktor diri sendiri maupun ajakan dari orang lain. Pada faktanya siswa melakukan sesuatu karena minat yang berasal dari dalam dirinya, dan hal ini menjadi dasar bahwa siswa melakukan kegiatan didasari karena minat. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat minat siswa dalam pembelajaran daring bola basket di SMP Negeri 1 Pedes. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Dengan menggunakan metode survey dan teknik pengambilan data berupa angket/kuesioner. Populasi yang digunakan adalah kelas VIII SMP Negeri 1 Pedes yang berjumlah 283 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 60 siswa dengan teknik sampling proportionate random sampling. Data dalam penelitian ini di analisis dengan menggunakan statistik deskriptif dengan presentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat minat siswa dalam pembelajaran daring di SMP Negeri 1 Pedes Kabupaten Karawang secara keseluruhan berada pada kategori “Baik” dengan presentase sebesar (79%).

 


Kata Kunci


Minat, Pembelajaran Daring, Bola Basket

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian (cetakan kelima belas). Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Bangun, S. Y. (2016). Peran Pendidikan Jasmani Dan Olahraga Pada Lembaga Pendidikandi Indonesia. Publikasi Pendidikan, 6(3). https://doi.org/10.26858/publikan.v6i3.2270

Dwiyogo, W. D. (2010). Dimensi Teknologi Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Malang: Wineka Media.

Irfan, Z. A., & R Yuda, K. A. (2017). Persepsi Mahasiswa PJKR Pada Matakuliah Pembelajaran Permainan Bola Voli Di Universitas Singaperbangsa Karawang. Journal Pedagogik Olahraga, 03(2), 1–13. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Jamaliah, N. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli Melalui Torgamba Kabupaten Labuhan Batu Selatan Model Pbbt Dan Pbkl Siswa Kelas Viii Smpn 1. Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin, 3(2), 1–8.

Mahardika Bayu, D. (2016). Pengaruh Metode Pembelajaran Latihan Dan Motor Educability Terhadap Keterampilan Dribel Bola Basket. JUDIKA, 4(2), 292–242.

Mustofa, M. I., Chodzirin, M., Sayekti, L., & Fauzan, R. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. Walisongo Journal of Information Technology, 1(2), 151. https://doi.org/10.21580/wjit.2019.1.2.4067

Prasetyo, A. (2016). Minat Siswa Kelas VIII Terhadap Pembelajaran Bolabasket Di Smp Negeri 2 Lendah Kabupaten Kulon Progo. Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, 5(10).

Rahayu, E. T. (2013). Strategi Belajar Mengajar Penjaskes. Depdikbud: Jakarta.

Rahman, I., Gani, R. A., & Achmad, I. Z. (2020). Persepsi Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Tingkat SMA. Jurnal Pendidikan Olahraga, 9(2), 144–154. https://doi.org/10.31571/jpo.v9i2.1898

Ripin, Wahyudi, & Wati. (2013). Minat Siswa Dalam Mengikuti Proses Pembelajaran Permainan Bola Basket Di Smp Negeri 16 Pontianak. Pendidikan Pembelajaran Dan Khatulistiwa, 2(5), 1689–1699. /citations?view_op=view_citation&continue=/scholar%3Fhl%3Dpt-BR%26as_sdt%3D0,5%26scilib%3D1&citilm=1&citation_for_view=wS0xi2wAAAAJ:2osOgNQ5qMEC&hl=pt-BR&oi=p

Rosdiani, D. (2015). Kurikulum Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, P. D. (2013). Statistik untuk Penelitian. CV. Alvabeta Bandung.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Valentino, R. F., & Iskandar. (2020). Identifikasi Minat Siswa Pada Ekstrakurikuler Sepak Bola. Jurnal Master Penjas Dan Olahraga, 1(April), 1–11.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/rjpo.v4i1.4395

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Didedikasikan Untuk:

   

Lisensi Creative Commons

Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga disebar luaskan oleh : Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.