Survey Pengetahuan Guru PJOK Tentang Penanganan Cedera Olahraga dengan Metode Rice

Rio Rizqul Ramadhan, Citra Resita, Aria Kusuma Yuda

Sari


Penelitian ini dilatar belakangi oleh guru pjok yang sangat berperan penting dan bertanggung jawab di lapangan saat pembelajaran olahraga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengetahuan guru pjok tentang penanganan cedera olahraga dengan metode rest ice compression elevation (rice) di SMA & SMK se-Kecamatan Telukjambe Timur. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, metode yang digunakan adalah survey. Teknik pengumpulan data berupa angket menggunakan tes soal pilihan ganda. Populasi yang digunakan adalah guru pjok di SMA & SMK se-Kecamatan Telukjambe Timuryang berjumlah 16 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 16 guru pjok dengan teknik pengambilan sampel yaitu total sampling. Hasil penelitian menunjukan guru pjok tentang penanganan cedera olahraga dengan metode rest ice compression elevation (rice) di SMA & SMK se-Kecamatan Telukjambe Timur secara keseluruhan berada di kategori ”tidak baik” dengan jumlah guru pjok 8 guru pjok dan presentase sebesar (50%)


Kata Kunci


Metode RICE

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Buku

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian (cetakan kelima belas). Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sudijono, A. (2012). Pengantar Statistik. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Sugiyono, P. D. (2013). Statistik untuk Penelitian. CV. Alvabeta Bandung.

Tommy Fondy,M.Pd. (2016). Sport Massage : Panduan Praktis Merawat dan Mereposisi Cedera.

Artikel Jurnal

Arsani, N. L. K. A. (2019). Tingkat pengetahuan para praktisi olahraga di Kabupaten Buleleng dalam memberikan pertolongan pertama terhadap cedera olahraga dengan metode RICE. Medicina, 50(3), 600. https://doi.org/10.15562/Medicina.v50i3.872

Fauzi, R., Achmad, I. Z., & R, A. K. Y. (2020). Tingkat Pemahaman Siswa Kelas X Dalam Pembelajaran Daring Pendidikan Jasmani Di Sman 2 Cikarang Pusat. Jurnal Pendidikan Olahraga, 3(2), 37–46.

Jamaliah, N. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli Melalui Torgamba Kabupaten Labuhan Batu Selatan Model Pbbt Dan Pbkl Siswa Kelas Viii Smpn 1. Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin, 1–8.

Normaisyah, H., Perdana, A. D. I., Junaidi, D. H. S., Pd, M., Harmono, H. S., Pd, M., Ilmu, F., Dan, K., Fiks, S., Normaisyah, H., & Perdana, A. D. I. (2020). RICE PADA GURU PJOK TINGKAT MADRASAH IBTIDAIYAH SE-KECAMATAN MOJO KABUPATEN KEDIRI TAHUN 2019 Oleh : Dibimbing oleh : UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI SURAT PERNYATAAN ARTIKEL SKRIPSI TAHUN 2020.

Sihaloho, A. S. (2019). SURVEY PENANGANAN CEDERA DI SEKOLAH OLEH GURU PENJASKES DI TINGKAT SMA / SMK NEGERI DI KECAMATAN PATI TAHUN 2016 SKRIPSI.

Sugiyono, D. (2010). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. xiii.

Wijaya, I. M. K., Wahyuni, P. D. S., Setiawan, K. H., & Giri, M. K. W. (2019). Pelatihan Pertolongan Pertama Pada Cedera Olahraga Bagi Siswa Dan Guru Sekolah Dasar Kecamatan Negara. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 4, 488–495.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/rjpo.v4i1.4379

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Didedikasikan Untuk:

   

Lisensi Creative Commons

Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga disebar luaskan oleh : Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.