Perspektif Mahasiswa terhadap Perkuliahan Pendidikan Jasmani di IAIN Salatiga

Amanda Syukriadi, Fatkhur Rozi

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perspektif mahasiswa terhadap perkuliahan pendidikan jasmani di IAIN Salatiga. Penelitian dilakukan dengan survei dengan pendekatan diskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah dosen pendidikan jasmani di IAIN Salatiga Tahun 2020. Jumlah responden adalah sebanyak 162 mahasiswa IAIN Salatiga.  Hasil penelitian ini adalah mahasiswa menilai kinerja dosen pada lima komponen penilaian, yaitu: tingkat kehadiran, kesiapan, penguasaan materi, penyampaian materi, serta evaluasi dan penilaian perkuliahan. Hasil survei menunjukkan bahwa mahasiswa menilai sangat baik pada rentang 8%-34%, kriteria baik sebanyak 54.3%-58.6%, kriteria cukup baik sebanyak 14.2%-32.1%, kriteria kurang baik sebanyak 0.6%-5.6%, dan kriteria tidak baik sebanyak 0-0.6%. Simpulan yang dapat diambil adalah dosen secara umum dinilai baik oleh mahasiswa dalam tingkat kehadiran, kesiapan, penguasaan materi, penyampaian materi, serta evaluasi dan penilaian perkuliahan.

Kata Kunci


evaluasi; penilaian mahasiswa; pendidikan jasmani

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alaswati, Sri. (2016). Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 PJOK. Journal of Physical Education and Sports, 4(2), 122–128.

Andinta, Erliyanti. (2012). PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN, PENGALAMAN MENGAJAR DAN ETOS KERJA GURU TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PKN DI SMA NEGERI DI KABUPATEN MAGELANG. (Universitas Negeri Yogyakarta). Retrieved from https://eprints.uny.ac.id/8535/3/BAB 2 - 05401241036.pdf

Estrada, Erik, Pujianto, Dian, & Arwin, Arwin. (2019). Persepsi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Pjok Sekolah Menengah Atas Negeri Di Kota Bngkulu. Kinestetik, 3(2), 198–207. https://doi.org/10.33369/jk.v3i2.8915

Fadilah, Nurul. (2015). KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PEMBELAJARAN PPKN UNTUK PENCAPAIAN KOMPETENSI SIKAP SPIRITUAL DAN SOSIAL PESERTA DIDIK (Universitas Pendidikan Indonesia). Retrieved from http://repository.upi.edu/17064/5/T_PKN_1302203_Chapter2.pdf

Hermawan, Rahmat, Safei, Imam, & Utama, Dimas Duta Putra. (2020). STUDI EVALUASI TENTANG KOMPETENSI GURU PENJASORKES SE KABUPATEN LAMPUNG BARAT. Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 4(1), 90–98. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jk.v4i1.10488

Kurnianto, D. (2015). Menjaga Kesehatan Di Usia Lanjut. Jurnal Olahraga Prestasi, 11(2), 115182. https://doi.org/10.21831/jorpres.v11i2.5725

Mutia, Merliza, Warni, Herita, & Sarmidi, Sarmidi. (2019). Peran Guru Pendidikan Jasmani Dalam Menanamkan Karakter Keapada Peserta Didik Di Sd Negeri Atu-Atu Kecamatan Pelaihari Kabupaten Tanah Laut. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 18(2), 120–125. https://doi.org/10.20527/multilateral.v18i2.7623

Paryanto, Rusadi, & Wati, Isti Dwi Puspita. (2013). Upaya Meningkatkan Kebugaran Jasmani Siswa Melalui Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan, 2(5), 143–154.

Raibowo, Septian, Nopiyanto, Yahya Eko, & Muna, Muhammad Khairul. (2019). Pemahaman Guru PJOK Tentang Standar Kompetensi Profesional. Journal Of Sport Education (JOPE), 2(1), 10. https://doi.org/10.31258/jope.2.1.10-15

Rozi, Fatkhur, Azis Purnomo Shidiq, Abdul, & Rahman, Alvin Yanuar. (2021). ASPEK AMAN, IMUN, DAN IMAN PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI IAIN SALATIGA SELAMA PANDEMI COVID-19 [THE ASPECTS OF SAFETY, IMMUNITY, AND FAITH IN PHYSICAL EDUCATION LEARNING AT IAIN SALATIGA DURING THE COVID-19 PANDEMIC]. POLYGLOT: JURNAL ILMIAH, 17(1), 145–158. Retrieved from https://ojs.uph.edu/index.php/PJI/article/view/2908

Rozi, Fatkhur, & Setyawati, Heny. (2017). Journal of Physical Education and Sports Sosialisasi , Partisipasi , Interaksi Sosial , Gender , dan Norma pada Perkembangan Sepak Takraw Jepara Abstrak. 6(3), 255–260. Retrieved from http://jurnal2.webuir.com/index.php/mydoc8/article/view/376/315

Suherman, Ayi. (2018). Kurikulum Pembelajaran Penjas (Muhammad Nur Alif, Ed.). Sumedang: UPI Sumedang Press.

Sunendang, INDAH HIDAYATY. (2016). PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR SISWA (Universitas Pasundan). Retrieved from http://repository.unpas.ac.id/12494/6/BAB II.pdf

Utama, A. M. Bandi. (2011). PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK MELALUI AKTIVITAS BERMAINDALAM PENDIDIKAN JASMANI. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 8(1), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpji.v8i1.3477

Widodo, Bintoro. (2017). IMPLEMENTASI NILAI NILAI KARAKTER SISWA PADA PEMBELAJARAN PJOK DI MADRASAH IBTIDAIYAH Bintoro. MADRASAH Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 9(2), 164–168.

Yuliawan, Dhedhy. (2016). PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK DENGAN JIWA SPORTIF MELALUI PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN. 2(1), 101–112.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/rjpo.v4i1.4353

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Didedikasikan Untuk:

   

Lisensi Creative Commons

Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga disebar luaskan oleh : Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.