Efektivitas Pembelajaran PJOK Menggunakan Media Audio Visual saat Pandemi Covid-19 di Bangka Belitung

Nerri Lestari(1*), Muhammad Eka Mardyansyah Simbolon(2), Monica Monica(3), Tungki Armanto(4), Bayu Alfarras(5)

(1) Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
(2) 
(3) 
(4) 
(5) 
(*) Corresponding Author

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran penjas saat pandemi covid-19 menggunakan media audio visual pada satuan pendidikan sekolah dasar di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dekskriptif kuantitatif dengan metode survei menggunakan angket. Angket terdiri dari 15 butir pertanyaan yang bertujuan mengungkapkan efektivitas pembelajaran pjok menggunakan media audio visual saat pandemi covid-19 di Bangka Belitung. Responden penelitian ini sebanyak 514 orang, yang terdiri dari peserta didik sebanyak 343 orang, guru sebanyak 19 orang, dan orang tua sebanyak 152 orang. pembelajaran secara online dengan menggunakan media audio visual siswa mampu memahami materi pembelajaran. Disamping itu hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Selama pandemi pembelajaran secara online salah satunya medio audio visual menjadi alternatif dalam menyampaikan materi pembelajaran, pernyataan ini didukung dengan data penelitian dimana penggunaan media audio visual sangat cocok digunakan selama pendemi covid-19. Melihat dari situasi saat ini dengan semakin merebaknya wabah pandemi satuan pendidikan perlu meningkatkan kualitas penggunaan media audio visual agar siswa lebih efektif dan termotifasi dalam belajar.


Kata Kunci


efektivitas, covid-19, audio visual, pembelajaran pjok, Bangka Belitung

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Astini, N. K. S. (2020). Pemamfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Lampuhyang Lembaga Penjaminan Mutu STKIP Agama Hindu Amlapura, 11(2), 13–25.

Dewi, D. A. P., Wiyasa, I. K. N., & Ganing, N. N. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Circuit Learning Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SDN 1 Pajeng Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 9–10.

Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4), 104–117.

Gading, I. K., & Kharisma, K. D. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPS Sekolah Dasar. International Journal Of Elementary Education, 1(2), 153–160.

Hadi, S. (2017). Efektivitas Penggunaan Video Sebagai Media. Jurnal Transformasi Pendidikan Abad 21, 1(15), 96–102.

Hamdani, A. R., & Priatna, A. (2020). Efektifitas Implementasi Pembelajaran Daring (Full Online) Dimasa Pandemi Covid-19 Pada Jenjang Sekolah Dasar Di Kabupaten Subang. Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 6(1), 1–9.

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home ( SFH ) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 8(1), 496–503.

Hastuti, A., & Budianti, Y. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajara Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas 2 SDN Bantargerbang 2 Kota Bekasi. Jurnal Pedagogik, II(2), 33–38.

Hayati, N., Ahmad, M. Y., & Harianto, F. (2017). Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual dengan Minat Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Bangkinang Kota. Jurnal Al-Hikmah, 14(2).

Herlina, & Suherman, M. (2020). Potensi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di Tengah Pandemi Corona Virus Disease di Sekolah Dasar. Tudulako Journal Sport Sciences and Physical Education, 8(1), 5–6.

Insyasiska, D., Zubaidah, S., Susilo, H., Biologi, P., & Malang, U. N. (2015). Pengaruh Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar, Kreativitas, Kemampuan Berfikir Kritis, dan Kemampuan Kognitif Siswa Pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1), 9–21.

Jayul, A., & Irwanto, E. (2020). Model Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 190–199. https://doi.org/10.5281/zenodo.3892262

Louk, M. J. H., & Sukoco, P. (2016). Pengembangan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Keterampilan Motorik Kasar Pada Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Keolahragaan, 4(1), 24–33.

Mansyur, A. R. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap Dinamika Pembelajaran Di Indonesia. Education and Learning Journal, 1(2), 113–123.

Mastura, & Santaria, R. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Proses Pengajaran bagi Guru dan Siswa Pendahuluan. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(2), 289–295. https://doi.org/https://doi.org/10.30605/jsgp.3.2.2020.293

Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesia Journal Of Primary Education, 3(2), 64–72.

Perwitasari, A., & Abidin, Z. (2014). Peningkatan Kualitas Pembelajaran pkn Melalui Model Time Token Arends Dengan Media Audio Visual. Jurnal Unnes, 3(1), 31–37.

Ratminingsih. (2016). Efektivitas media audio pembelajaran bahasa inggris berbasis lagu kreasi di kelas lima sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(1), 27–38.

Rohmawati, A. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 17.

sigit vebrianto susilo. (2020). Jurnal Cakrawala Pendas Penggunaan media pembelajaran berbasis audio visual untuk meningkatkan hasil belajar bahasa indonesia di sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2), 108–115. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v6i1.2100

Sumarsono, A., & Anisa. (2018). Media Audio Visual Sebagai Solusi Efektif Pembelajaran Teknik Gerak. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 3(1).

Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 43–48.

Tarida, L. (2020). Pemanfaatan Google Classroom dan Video Pembelajaran berbasis Problem Solving sebagai Solusi Kegiatan Belajar Mengajar di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Saintara, 5(1).

Utami, K. (2013). Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal PGSD FIB Universitas Negeri Surabaya, 1(9), 126.

Virgiana, A., & Wasitohadi. (2015). Efektivitas model problem based learning bantuan media audio visual ditinjau dari hasil belajar ipa siswa kelas 5 SDN 1 Gadu Sambong-Blora Semester 2 Tahun 2014/2015. Jurnal Scholaria, 6(2), 100–118.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/rjpo.v4i1.4231

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Index Jurnal :

                

Didedikasikan Untuk:

   

Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga disebar luaskan oleh : Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.