Hasil Belajar PJOK Siswa SMP di Provinsi Bangka Belitung Sebelum dan saat Pandemi Covid-19

Sigit Pra Yoga(1*), Muhammad Eka mardyansyah Simbolon(2), Peri - Sagita(3), Faisal - Abdillah(4), Suwardian Ramadhan(5)

(1) Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung.
(2) Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
(3) Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
(4) Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
(5) Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
(*) Corresponding Author

Sari


Covid-19 telah menyebar keseluruh dunia, bidang pendidikan ikut merasakan besarnya dampak dari virus ini. Pemerintah langsung mengambil kebijakan untuk mencegah penyebaran Covid-19 dengan melakukan pembelajaran dari rumah secara daring melalui smartphone,tidak terkecuali pembelajaran PJOK yang biasanya banyak sekali materi praktek secara langsung antara guru dan siswa. Hal ini bisa saja mempengaruhi hasil belajar siswa karena penilaian dan pengerjaan tugas yang dilakukan dengan cara yang berbeda dari sebelumnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana dampak pandemi Covid-19 terhadap hasil belajar PJOK siswa SMP di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan metode survey menggunakan dokumentasi nilai rapot siswa SMP sebelum dan saat pandemi sebanyak 1003 Siswa. Dari penelitian yang kami lakukan diperoleh hasil belajar PJOK siswa SMP di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengalami penurunan pada masa Pandemi, nilai siswa lebih baik saat sebelum terjadinya pandemi. Saat pandemi hasil belajar siswa laki-laki lebih baik di bandingkan dengan siswa perempuan. Untuk Kabupaten Bangka Tengah, Bangka Barat, Bangka Selatan dan Pangkalpinang nilai rapot PJOK mengalami penurunan, namun Kabupaten Bangka Induk justru mengalami peningkatan. Jadi, dari penelitian ini Rata-rata nilai PJOK siswa SMP di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengalami penurunan saat masa Pandemi.


Kata Kunci


Covid-19, Hasil Belajar, Pembelajaran PJOK, Bangka Belitung

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alfaritsi, S., Anggraeni, D., & Fadhil, A. (2020). Analisis wacana kritis berita ‘tentang social distance’’, cara pemerintah cegah penyebaran virus corona di Detik.com.’ Jurnal Communicology, 8(1), 131–152.

Anugrahana, A. (2020). Hambatan , Solusi dan Harapan : Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. 282–289.

Fitri, A. H., & Winarni, S. (2016). Model pembelajaran integratif penjasorkes materi atletik dengan pendidikan IPA materi Biologi untuk siswa SMP. Jurnal Keolahragaan, 4(1), 1. https://doi.org/10.21831/jk.v4i1.8108

Handayani, L. (2020). Keuntungan , Kendala dan Solusi Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19 : Studi Ekploratif di SMPN 3 Bae Kudus Lina Handayani. 1(2), 15–23.

Herliana, M. N. (2017). Hubungan Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah, Iklim Organisasi Sekolah Dan Kinerja Guru Dengan Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan Siswa Smp Negeri Se-Kota Tasikmalaya. Journal Sport Area, 2(2), 44–52. https://doi.org/10.25299/sportarea.2017.vol2(2).880

Herlina, & Suherman, M. (2020). Potensi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan ( PJOK ) Di Tengah Pandemi Corona Virus Disease ( COVID ) -19 Di Sekolah Dasar. 0383.

Idris, M. (2017). Muhammad Idris – Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) …. 3(1), 41–50.

Irwansyah, D. (2015). Hubungan Kecerdasan Kinestetik Dan Interpersonal Serta Intrapersonal Dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Di MTsN Kuta Baro Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan : Program Pascasarjana Unsyiah, 3(1), 92–107.

Isbaniah, F. (2020). Dokumen resmi. Pedoman Pencegahan Dan Pengendalian Corona Virus Disease (COVID-19), 0–115.

Jayul, A., & Irwanto, E. (2020). Model Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani di Tengah Pandemi Covid-19 Achmad. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 190–199.

Juliandita, E., Rezeki, S., & Setyawan, A. A. (2016). Pengembangan Perangkat Penilaian Kognitif. Jppm, 9(2), 250–256.

Mansyur, A. R. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap Dinamika Pembelajaran Di Indonesia. Education and Learning Journal, 1(2), 113. https://doi.org/10.33096/eljour.v1i2.55

Martínez, J. F., Santibanez, L., & Mori, E. E. S. (2013). Minat Dan Motivasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Teachers College Record, 115(10), 11–21.

Nasirudin, N., Setiawan, I., & Yani, A. (2016). Modul Guru Pembelajar Sejarah.

Nasution, M. K. (2017). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1), 9–16.

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3264

Pahliwandari, R. (2016). Penerapan Teori Pembelajaran Kognitif Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan. 154–164.

Purandina, I. P. yoga, & Winaya, I. M. A. (2020). Pendidikan Karakter di Lingkungan Keluarga Selama Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi COVID-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 270–290. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i2.454

Rochman, B., Indahwati, N., & ... (2020). Identifikasi Keterlaksanaan Pembelajaran PJOK Tingkat SMP Di Masa Pandemi Covid 19 Se-Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Ilmiah …, 6(1), 257–265. http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/article/view/1343

Sadikin, A., Hamidah, A., Pinang, K., Jl, M., Ma, J., Km, B., Indah, M., Jaluko, K., Kode, K. M., & Indonesia, P. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19 ( Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic ). 6(1), 214–224.

Samsudin, S., & Rahman, H. A. (2016). Pengaruh metode pembelajaran drill, bermain, dan kelincahan terhadap kemampuan passing dalam permainan bola voli. Jurnal Keolahragaan, 4(2), 207. https://doi.org/10.21831/jk.v4i2.10899

Setiyawan. (2019). Visi Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Jurnal Ilmiah PENJAS, 3(October 2013), 1–224.

Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 73–80. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.265

Sourial, N., Longo, C., Vedel, I., & Schuster, T. (2018). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Family Practice, 35(5), 639–643. https://doi.org/10.1093/fampra/cmy005

Sugihantono, A. (2020). Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus deases (Covid-19). Kementrian Kesehatan, 5, 178. https://covid19.go.id/storage/app/media/Protokol/REV-05_Pedoman_P2_COVID-19_13_Juli_2020.pdf

Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Syarif, A. (2017). Peningkatan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok dengan menggunakan rekaman visual. Jurnal Keolahragaan, 5(2), 112. https://doi.org/10.21831/jk.v5i2.5733

Tambunan, N., & Siagian, I. (2020). Analisis Lingkungan Belajar dan Aktivitas Belajar Daring Siswa SMP pada Masa Pandemi Covid-19. 2, 371–382.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/rjpo.v4i1.4225

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Index Jurnal :

                

Didedikasikan Untuk:

   

Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga disebar luaskan oleh : Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.