Pengembangan Permainan Sunda Manda Puzzle Untuk Optimalisasi Kemampuan Motorik dan Pembentukan Karakter Cermat dalam Pembelajaran Penjasorkes Di SD

Kusmiyati Kusmiyati(1*), Restian Gigih Sejati(2), ruman ruman(3)

(1) STKIP Darussalam Cilacap
(2) STKIP Darussalam Cilacap
(3) STKIP Darussalam Cilacap
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini bertujuan menghasilkan model permainan sunda manda puzzle untuk mengoptimalkan kemampuan motorik dan pembentukan karakter cermat  dalam pembelajaran penjasorkes di Sekolah Dasar. Prosedur pengembangan meliputi beberapa tahapan: (1) tahap pendahuluan, (2) tahap pengembangan, (3) tahap uji model. Hasil penelitian ini berupa produk permainan sunda manda puzzle yang dapat digunakan oleh guru penjasorkes di Sekolah Dasar sebagai media pembelajaran khususnya dalam materi permainan tradisional.  Kesimpulan penelitian: (1) Hasil reliabilitas untuk respon guru Penjasorkes dikatakan reliabel karena > yaitu 1,823 dengan taraf signifikan 5%. (2) Data responden siswa sebagai penguat dalam penilaian yang diambil dengan indikator kognitif sebesar 97,34%, Indikator afektif sebesar 91,96%, serta Indikator psikomotor sebesar 93,43%, (3) rata-rata kenaikan jumlah denyut nadi setelah pembelajaran permainan sunda manda puzzle sebesar 64,01%. Dengan demikian produk akhir Pengembangan permainan sunda manda puzzle untuk optimalisasi kemampuan motorik dan pembentukan karakter cermat dalam pembelajaran penjasorkes di Sekolah Dasar sesuai dengan karakteristik siswa Sekolah Dasar dan efektif digunakan dalam pembelajaran penjasorkes.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Achroni, K. (2012). Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak Melalui Permainan Tradisional. Javalitera.

Anomin. (2013). Pengertian Dan Sejarah Engklek. http://www.anakbawangsolo.org/2013/07/pengertian-dan-sejarah-engklek-sunda.html. Diakses tanggal 13 Agustus 2020

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Haerani. 2012. http://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/1290 Membangun Karakter Anak Melalui Permainan Anak Tradisional. Diakses pada tanggal 1Agustus 2020.

Kusmiyati, Soegiyanto, & Rahayu, S. (2014). PENGEMBANGAN MODEL MODIFIKASI PERMAINAN BOLAVOLI MINI “ SERPASSRING ” PEMBELAJARAN PENJASORKES SD KELAS V Abstrak. 3(2).

Miles, H. dan S. (2014). Analisis Data Kualitatif. Universitas Indonesia Pres.

Rosdiani, D. 2013. Perencanaan Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung :Alfabeta

Said Junaidi. 2011. Olahraga Usia Dini. Program Studi Ilmu Keolahragaan: Unuversitas Negeri Semarang.

Sukmadinata, N. S. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosda Karya.

Toho Cholik Mutohir. (2011). Berkarakter Dengan Berolahraga Berolahraga Dengan Berkarakter. Sport Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/rjpo.v3i2.3719

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Index Jurnal :

                

Didedikasikan Untuk:

   

Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga disebar luaskan oleh : Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.