Tingkat Pemahaman Siswa Kelas X dalam Pembelajaran Daring Pendidikan Jasmani Di SMAN 2 Cikarang Pusat

Ricky Fauzi(1*), Irfan Zinat Achmad(2), Aria Kusuma Yuda R(3)

(1) UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG
(2) Universitas Singaperbangsa Karawang
(3) Universitas Singaperbangsa Karawang
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini dilarbelakangi oleh tidak adanya pembelajaran teori dikelas yang dikhususkan untuk pendidikan jasmani, dan waktu pembelajaran yang sangat minim sehingga siswa sulit memahami pembelajaran pendidikan jasmani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa kelas X dalam pembelajaran daring pendidikan jasmani di SMAN 2 Cikarang Pusat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, metode yang digunakan adalah survey. Teknik pengumpulan data berupa angket menggunakan tes soal pilihan ganda. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas X SMAN 2 Cikarang Pusat yang berjumlah 220 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 122 siswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu qouta sampling. Data pada penelitian dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dengan presentase. Hasil penelitian menunjukan tingkat pemahaman siswa kelas X dalam pembelajaran daring pendidikan jasmani di SMAN 2 Cikarang Pusat secara keseluruhan berada pada kategori “Cukup Baik” dengan jumlah 51 siswa dan presentase sebesar (42%).


Kata Kunci


tingkat pemahaman; daring; pendidikan jasmani

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Achmad, I. Z., & R, A. K. Y. (2013). Persepsi Mahasiswa Pjkr Pada Matakuliah Pembelajaran Permainan Bola Voli Di Universitas Singaperbangsa Karawang. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689-1699.

Arifin, Z. (2015). Evaluasi Pembelajaran Penulis. In Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian (cetakan kelima belas). Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Dinata, W. W., Haris, F., & Padang, U. N. (2019). Tingkat Pemahaman Guru Penjas Terhadap Penerapan E-Learning Dalam Proses Pembelajaran. Stamina, 2, 12–19.

Jatmika, H. M. (2010). Pemanfaatan Media Visual dalam Menunjang Pembelajaran Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 3(1), 89–99.

Setiawan, A. R., Puspaningrum, M., & Umam, K. (2019). Pembelajaran Fiqh Mu’Āmalāt Berorientasi Literasi Finansial. TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 6(2), 187–192. https://doi.org/10.17509/t.v6i2.20887

Sugiyono, P. D. (2013). Statistik untuk Penelitian. CV. Alvabeta Bandung.

Sugiyono, P. D. (2018). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. xiii.

Ulinnuha, A. (2017). Tingkat pemahaman aktivitas renang pada siswa kelas XI sman 1 jogonalan klaten. Tingakat Pemahaman Aktivitas Renang, 1, 1–10.

Walangadi, H., & Pratama, W. P. (2020). Meningkatkan Pemahaman Belajar Siswa Menggunakan Media Video Animasi 2D. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 4(3), 201–208.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/rjpo.v3i2.3714

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Index Jurnal :

                

Didedikasikan Untuk:

   

Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga disebar luaskan oleh : Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.