Evaluasi Potensi Fisik Siswa Sma Sebagai Suatu Hasil Belajar Mata Pelajaran Penjasorkes (Studi Pada Sma Negeri Di Kecamatan Sengah Temila)

Maharani Fatima Gandasari(1*), Jack Suman Rulis Manurung(2)

(1) STKIP Pamane Talino
(2) STKIP Pamane Talino
(*) Corresponding Author

Sari


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengukur prestasi belajar siswa yang merupakan evaluasi hasil belajar siswa dalam pembelajaran penjasorkes. Terdapat 5 pertanyaan dalam penelitian ini yang mana akan dianalisis diantaranya: (1) Bagaimana seorang guru memahami tujuan pembelajaran?, (2) Bagaimana seorang guru menjadikan tujuan pembelajaran sebagai sasaran evaluasi pembelajaran penjasorkes?, (3) Bagaimana seorang guru melakukan evaluasi pembelajaran penjasorkes? dalam hal ini dikaitkan dengan tujuan pembelajaran penjasorkes itu sendiri?, (4) Bagaimana seorang guru merancang tujuan pembelajaran yang efektif untuk dapat meningkatkan potensi fisik siswa SMP?, (5) Bagaimana tujuan pembelajaran penjasorkes dapat tercapai?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Penggunaan model valuasi CIPP (konteks, masukan, proses, dan produk) dilakukan dalam metode pengumpulan data. Observasi yang dilakukan oleh peneliti yaitu di SMA Negeri se-kecamatan Sengah Temila dan memilih seluruh siswa kelas IX yang berjumlah 572 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Guru masih belum memahami tujuan pembelajaran penjasorkes yang dilakukan, (2) Guru masih belum menjadikan tujuan pembelajaran sebagai sasaran evaluasi pada pembelajaran penjasorkes, (3) Evaluasi yang dilakukan oleh guru tidak dikaitkan dengan tujuan pembelajaran penjasorkes, (4) Tujuan pembelajaran yang dirancang oleh guru dirasa tidak efektif untuk meningkatkan potensi fisik siswa SMA, (5) Tujuan pembelajaran tidak dapat mencapai prestasi siswa. Berdasarkan uraian yang sudah disebutkan di atas dapat disimpulkan bahwa kondisi vitalitas sebesar 66,48% (siswa sehat) dan 53,72% (siswa tidak sehat).

 

Kata kunci: Potensi Fisik, Hasil Belajar, Penjasorkes

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dan, I. S. U., & Masa, T. (2013). MENJADI GURU PROFESIONAL. 1(3), 132–155.

Indonesia, P. R. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Standar Kompetensi Lulusan. , Peraturan Menteri § (2006).

Ipteks, P. (2014). GURU PROFESIONAL DI ERA GLOBAL. Desilawati Amrizal, M.Pd Abstrak. 20(September).

Mulyadi Dwi dan Pratiwi Endang. (2020). Buku Pembelajaran BolaVoli. In Norma Anggara dan Novri (Ed.), Pembelajaran Bola Voli (pp. 11–12). Palembang: CV. Bening Media Publishing.. (2006). 1–48.

Pendidikan, K. (2005). PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 19 TAHUN 2005. Produk Hukum Tentang Standar Nasional P.

Pratiwi, E., & Asri, N. (2020). Dasar-Dasar Pendidikan Jasmani Untuk Guru Sekolah Dasar. Palembang: CV. Bening Media Publishing.

Shabir, M. U. (2009). KEDUDUKAN GURU SEBAGAI PENDIDIK: (Tugas dan Tanggung Jawab, Hak dan Kewajiban, dan Kompetensi Guru). (36), 221–232.

Surakarta, I. (2018). E v a l u a s i P r og r a m P e m b el a j a r a n d i PA U D I n k l u s i d e n ga n M o d e l C on t ex t , In p ut , Pr ocess , a n d Pr od u ct ( C IP P ). V(2), 179–194. https://doi.org/10.14421/ijds.050202




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/rjpo.v3i2.3577

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Index Jurnal :

                

Didedikasikan Untuk:

   

Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga disebar luaskan oleh : Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.