Penggunaan Buku Ajar Pendidikan Jasmani Adaptif pada Sekolah Luar Biasa Kota Banjarmasin

Muhammad Habibie(1*), Ari Trifitrianto(2)

(1) Program Studi Pendidikan Olahraga FKIP Univ. Islam Kalimantan M.Arsyad Al-Banjari
(2) Program Studi Pendidikan Olahraga FKIP Univ. Islam Kalimantan M.Arsyad Al-Banjari
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan buku pedoman ajar dari guru Pendidikan jasmani di Sekolah Luar Biasa di Kota Banjarmasin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan buku pedoman atau buku ajar mata pelajaran pendidikan jasmani adaptif untuk anak berkebutuhan khusus adalah 0% atau belum ditemukan keberadaan buku pedoman tersebut dilapangan.


Kata Kunci


Pendidikan Olahraga; Pendidikan Jasmani Adaptif

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arif Rohman Hakim. (2017). Memuliakan Anak Berkebutuhan Khusus Melalui Pendidikan Jasmani Adaptif. Jurnal Ilmiah PENJAS, 3, 2442-3874.

Çelen, A. (2012). The effects of volleyball classes taught through sports education model on cognitive, affective and psychomotor achievement skills of students. Abant Izzet Baysal University. Unpublished doctoral dissertation. Retrieved from YÖK Tez Merkezi.

Doğu, S., & Altay, F. (2010). The effect of sport education model on development of rhythm skills in dance education. Book of Abstracts of 11. International Sports Sciences Congress 192-193, Antalya, Turkey.

Doydu, İ., Çelen, A., & Çoknaz, H. (2013). The effect of the sports education model on the attitudes of students towards physical education and sports. E-International Journal of Educational Research, 4(2), 99-110

Geidne, S., & Jerlinder, K. (2016). How sports clubs include children and adolescents with disabilities in their activities. A systematic search of peer-reviewed articles. Sport Science Review, 25(1-2), 29–52. doi:10.1515/ssr-2016-0002

Kiuppis, F. (2016). Inclusion in sport: disability and participation. Sport in Society, 21(1), 4–21. doi:10.1080/17430437.2016.1225882

Koyuncuoğlu, K. (2015). The effects of gymnastics course taught through sports education model on students‟ cognitive, affective, and psychomotor attainment levels. Doctoral dissertation. Retrieved from YÖK Tez Merkezi.

Sherrill, C. (2004). Adapted physical activity, recreation and sport: Crossdisciplinary and lifespan. (6th ed.). Boston, MA: WCB/McGraw-Hill. Special Educational Needs in Europe. Teaching Language to Learners with Special Needs. European Commission, DG EAC 23 03 LOT 3 2005.

Sitepu. (2005). Memilih Buku Pelajaran. Jurnal Pendidikan Penabur, (online), vol 4, (http://www.bpkpenabur.or.id/files/Hal.113126%20 Memilih%20Buku%20Pelajaran. pdf)

Sunardi dan Sunaryo. (2006). Intervensi Dini Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Dirjen Dikti.

Sungkono, dkk. (2003). Pengembangan Bahan Ajar. Yogyakarta: FIP UNY.

Tian Belawati, dkk. (2003). Pengembangan Bahan Ajar . Jakarta: Pusat Penerbitan UT.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/rjpo.v3i2.3486

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Index Jurnal :

                

Didedikasikan Untuk:

   

Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga disebar luaskan oleh : Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.