PENGEMBANGAN MODEL TAHAPAN LATIHAN SHOOTING TINGKAT DASAR DAN LANJUTAN UNTUK PEMAIN PETANQUE JAMBI

Rasyono Rasyono, Sukendro Sukendro, Palmizal Palmizal

Sari


Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan Produk Booklet Pedoman Tahapan Latihan Shooting Tingkat Dasar dan Lanjutan Untuk Pemain Petanque. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan metode model 4-D, yang terdiri dari 4 tahap dan akan dilaksanakan selama dua tahun, yaitu: (1) Define: menganalis permasalahan  berbagai kajian teknik shooting pada para pemain petanque, (2) Design: Merancang Booklet, (3) Develop: pengembangan Booklet dengan validasi ahli dan uji coba kelompok kecil berupa respon pemain petanque, (4) Desseminate: penyebaran Booklet Pedoman latihan untuk pemain dan pelatih petanque.

Hasil penelitian draf I: (1) validasi ahli menunjukan untuk seluruh aspek diperoleh rata-rata 4,04 mendapat penilaian baik dengan kriteria kevalidan dikategorikan valid. (2) validasi materi menunjukkan bahwa untuk seluruh aspek penilaian  diperoleh rata-rata 4,17 mendapat penilaian baik dengan kriteria kevalidan dikategorikan valid. Hasil penelitian  draf II: (1) penilaian respon pemain terhadap booklet seluruh aspek penilaian diperoleh rata-rata 4,18 dengan penilaian setuju dan kriteria kepraktisan adalah praktis. (2) penilaian pelatih petanque terhadap seluruh aspek diperoleh rata-rata 4,16 dengan penilaian setuju dan kriteria kepraktisan adalah praktis.


Kata Kunci


Petanque; Booklet; Shooting;Latihan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aini, F. 2010. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Reproduksi Remaja Melalui Media Booklet Terhadap Perubahan Pengetahuan dan Sikap Santri Tentang Kesehatan Reproduksi di Pesantren Darul Hikmah dan Ta’dib Al Syakirim di Kota Medan Tahun 2010. Skripsi. Universitas Sumatera Utara ( USU ). Medan.

Ambarukmi, D.A.dkk. 2007. Pelatihan Pelatih FisikLevel I. Deputi Bidang Peningkatan Prestasi dan IPTEK Olahraga. Kemenpora.

B.W. Putman. 2011. PETANQUE The Greatest Game You Never Heard Of.

Bompa, Tudor. 1994. Theory and Methodology of Training. Kendal. Iowa: Hunt Publishing Company.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Pengembangan Booklet dan Media. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.FIPJP Petanque Rule 2017.

F.I.P.J.P and LE C.I.E.P. 2006. Pedagogical Leaflet. France: Plastico Rototech.

Gilles SOUEF. 2015. The Winning Trajectory : Petanque – Training and technique. France: Copymedia.

http://olahraga-petanque-cara-bermain-dan.html (diakses pada tanggal 24 februari 2017)

Iwan hermawan, M.Pd. 2012. Gerak dasar permainan olahraga Petanque. Jakarta : Deputi Pemberdayaan Olahraga.

Kurniasih,Sani. 2014. Strategi–Strategi Latihan. Bandung: Alfabeta.

Mulyatiningsih. 2014. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Yogyakarta: Alfabeta Bandung

Shirley Rosalina Lou Liat, Bing Bedjo Tanudjaja, Baskoro Suryo B. “Perancangan Buku Pedoman Olahraga Basket untuk Anak Usia 6-14 Tahun” . Jurnal DKV Adiwarna, Universitas Kristen Petra, Vol 1 No 2 2013.

Sukadiyanto . 2011. Pengantar Teori dan Metodologi Melatih Fisik. Bandung: CV Lubuk Agung.

Prastowo, Andi. 2012. Panduan Kreatif Membuat Booklet Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Booklet Inovatif, Menciptakan Metode Latihan yang Menarik dan Menantang. Yogyakarta: Diva Press.

Vernet, Cedrik. 2019. Olahraga Petanque: Petunjuk Pemain, Memo Wasit, Aturan Internasional. Jakarta: Kridatama Adara Konsep.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/rjpo.v3i1.3089

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Didedikasikan Untuk:

   

Lisensi Creative Commons

Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga disebar luaskan oleh : Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.