PENGARUH LATIHAN PUSH-UP DAN PULL –UP TERHADAP KEKUATAN OTOT LENGAN PADA ATLET PANAHAN PERPANI KABUPATEN BANJAR

Saparuddin Saparuddin(1*)

(1) Universitas Lambung Mangkurat
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan push up dan pull up terhadap kekuatan otot lengan pada atlet panahan perpani Kabupaten Banjar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Experimental. Desain penelitian adalah Two Group Pretest-Posttest,. Populasi dalam penelitian ini adalah atlet panahan perpani Kabupaten Banjar berjumlah 8 orang, sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian semua anggota populasi dijadikan sampel sebanyak 8 dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Sampling jenuh.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberian latihan pada kedua kelompok yaitu kelompok push up dan kelompok pull up selama 16 kali pertemuan atau 8 minggu ada peningkatan . Hal ini terbukti dari rata-rata masing-masing test mendorong dan menarik dynamometer kelompok push-up sebagai berikut tes awal mendorong adalah 15,00, tes akhir mendorong dynamometer 18,00, tes awal mendorong dynamometer adalah 16,00 dan tes akhir menarik dynamometer 18,25, Hasil analisis data deskriptif menujukkan adanya peningkatan nilai hasil pengukuran setelah diberikan perlakukan push-up. Untuk nilai rata-rata test mendorong dan menarik dynamometer kelompok pull-up tes awal mendorong adalah 14,75, tes akhir mendorong dynamometer 17,25, tes awal menarik dynamometer adalah 16,25 dan tes akhir menarik dynamometer 20,50. Hasil analisis data deskriptif menujukkan adanya peningkatan nilai hasil pengukuran setelah diberikan perlakukan pull-up.
Hasil analisis Sig. (2-tailed) tes awal-tes akhir mendorong dynamomter 0,356>0,05 , karena hasil Sig. (2-tailed) sebesar 0,356 lebih besar dari 0,05 maka tidak terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan rata-rata pada sebelum dan sesudah perlakuan pada kelompok push-up dan pull-up. Sedangkan hasil Sig. (2-tailed) tes awal dan tes akhir menarik dynamometer sebesar 0,025<0,05 karena hasil Sig. (2-tailed) sebesar 0,025 lebih kecil dari 0,05, maka terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan rata-rata sebelum dan sesudah perlakuan pada kelompok push-up dan pull-up.
Kesimpulannya hasil penelitian ini adalah 1) ada pengaruh yang signifikan latihan push up terhadap kekuatan otot lengan pada atlet panahan perpani Kabupaten Banjar. 2) ada pengaruh yang signifikan latihan push up dan pull up terhadap kekuatan otot lengan pada atlet panahan perpani Kabupaten Banjar. 3) ada perbedaan pengaruh yang signifikan latihan push up dan pull up terhadap kekuatan otot lengan pada atlet panahan perpani Kabupaten Banjar.


Kata Kunci


Pengaruh Latihan push-up; pul-up Panahan; Perpani; Kekuatan Otot lengan

Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31602/rjpo.v2i2.2480

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Index Jurnal :

                

Didedikasikan Untuk:

   

Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga disebar luaskan oleh : Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.