MENINGKATKAN HASIL PENELITIAN PASSING BAWAH BOLAVOLI DENGAN MODIFIKASI BOLA (Penelitian Tindakan Kelas V SDN Palasari)

Dwi Yulia Nur Mulyadi(1*)

(1) Universitas Siliwangi
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya modifikasi bola meningkatkan kemampuan mempraktikkan teknik passing bawah bola voli. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan dengan desain Kemmisd dan Mc. Taggart meliputi empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Yang terdiri dari beberapa siklus dengan prosedur ini jika siklus kesatu tidak mencapai target sebesar 80%, maka dilakukan siklus kedua dan seterusnya hingga tercapai 80%.
Hasil tes yang diperoleh pada saat observasi awal tidak ada satu pun siswa yang mencapai nilai KKM. Skor terendah 25 dan skor tertinggi 50. Selanjutnya pada siklus ke I terdapat peningkatan kemampuan mempraktikkan teknik dasar passing bawah dengan skor terendah 58,3 dan skor tertinggi 83,3. Pada siklus ke satu terdapat peningkatan sebanyak 10 orang (48%) yang mencapai KKM. Kemudian pada siklus II tingkat kelulusan siswa meningkat dengan nilai terendah 66,7 dan nilai tertinggi 83,3. Yang berhasil mencapai KKM pada siklus ke II sebanyak 19 orang (90,48%).
Karena pada siklus II target keberhasilan telah tercapai maka peneliti tidak melanjutkan penelitian pada siklus berikutnya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Modifikasi Bola dapat meningkatkan keterampilan mempraktikkan teknik dasar passing bawah bola voli pada siswa kelas V SDN Palasari.


Kata Kunci


Passing Bawah; Bola Voli; Modifikasi Bola

Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31602/rjpo.v2i2.2477

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Index Jurnal :

                

Didedikasikan Untuk:

   

Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga disebar luaskan oleh : Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.