PENGARUH LATIHAN BOLA PANTUL TERHADAP KETERAMPILAN PASSING BAWAH BOLA VOLI PADA EKSTRAKURIKULER SMP NEGERI 30 MUARO JAMBI

Rasyono Rasyono

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh latihan bola pantul terhadap keterampilan passing bawah bolavoli peserta ekstrakurikuler SMP Negeri 30 Muaro Jambi. Metode pnelitian ini adalah eksperimen semu menggunakan desain “One Group Pretest-Postest Design”. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta ekstrakurikuler bolavoli di SMP N 30 Muaro Jambi yang berjumlah 22 siswa. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah total sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak 22 siswa.  Instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan passing bawah. Analisis data menggunakan uji t. Hasil analisis menunjukkan bahwa: latihan bola pantul memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan passing bawah bolavoli peserta ekstrakurikuler di SMP N 30Muaro Jambi, dengan nilai t hitung 11,742 > nilai signifikansi 0,000, dan kenaikan persentase sebesar 48,80% sehingga Ha diterima. Dengan demikian kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan dari latihan bola pantul terhadap keterampilan passing bawah bolavoli peserta ekstrakurikuler SMP N 30 Muaro Jambi.


Kata Kunci


Latihan Bola Pantul, Keterampilan Passing Bawah, Ekstrakurikuler

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amung Ma’mun dan Yudha. 2000. Perkembangan Gerak Dan Belajar Gerak. Jakarta : Depdikbud.

Barbara L. Viera & Bonnie J. Freguson. 2004. Bolavoli Tingkat Pemula. Jakarta: PT.Rajagrafindo Persada.

Depdikbud. (1994). Pendidikan Jasmani. Jakarta: PT. Rajasa Rasdakarya.

Durr Wachter G. 1990. Bola Volley : Belajar Dan Berlatih Sambil Bermain. Jakarta : Gramedia.

Mochamad Moeslim. 2009. Dalam Resha Rafsanjani Prihawan. Model Bermain Bolavoli Dalam Permainan Bolavoli. Disampaikan dalam http://blogmrcaft.com/2011/09/peningkatan-kemampuan-teknik-dasar.html. (diakses 30 Agustus 2017).

Muhajir. 2007. Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan. Bandung : Erlangga.

M. Yunus. 1992. Olahraga Pilihan Bola Voli. Depdikbud.

Nuril Ahmadi. 2007. Pendidikan Olahraga Bola Voli. Surakarta : Era Pustaka Utama.

P. Hari Wibowo. 2009. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Passing Atas Bola Voli Melalui Pendekatan Bermain Bola Pantul Pada Siswa Kelas VII E SMP N 5 Purwokerto Tahun Pelajaran 2008/2009. Skripsi. Yogyakarta : FIK UNY.

Sugiyono. 2007. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.

Suharno. 1979. Dasar-dasar Permainan Bolavoli. Yogyakarta. IKIP Yogyakarta.

Sukintaka. 1992. Teori Pendidikan Jasmani. Solo: ESA Grafika.

Trueno. 2009. Pengertian Kegiatan Ekstrakurikuler. Disampaikan dalam http://teachonly13.wordpress.com/2009/07/04/pengertian-kegiatan-ekstra-kurikuler/. (diakses 22 desember 2017)

Yusuf Adisasmita & Aip Syarifuddin (1996). Ilmu Kepelatihan Dasar. Jakarta: Depdikbud. Dirjendikti. Proyek Pendidikan Tingkat Akademik

Yohanes Aji Nugroho. 2015. Pengaruh Permainan Bola Pantul Terhadap Kemampuan Passing Bawah Pada Peserta Eksrta Kulikuler Bola Voli Di SMPN Institut Indonesia Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta. FIK UNY.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Didedikasikan Untuk:

   

Lisensi Creative Commons

Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga disebar luaskan oleh : Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.