PERBANDINGAN PRESTASI AKADEMIK DAN PRESTASI OLAHRAGA MAHASISWA REGULER DAN KIP PROGRAM STUDI PJKR FKIP UNIVERSITAS PALANGKA RAYA

Gressia Gressia(1), Arief Nur Wahyudi(2*), Fahrul Razzi(3), Nur'aeni -(4), Renaldus Rangga(5)

(1) Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi - Universitas Palangka Raya
(2) Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi - Universitas Palangka Raya
(3) Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi - Universitas Palangka Raya
(4) Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi - Universitas Palangka Raya
(5) Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi - Universitas Palangka Raya
(*) Corresponding Author

Sari


Mahasiswa merupakan penerus masa depan bangsa yang dipercaya memiliki kemampuan untuk bersaing dan membawa nama baik negara, serta mampu menggabungkan dan menyampaikan ide serta perasaan demi kemajuan bangsa. Untuk melajutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi dibutuhkan biaya yang tinggi pula. Oleh karena itu, pemerintah memberikan dana berupa beasiswa untuk mahasiswa berprestasi maupun mahasiswa yang kurang mampu secara ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perbedaan prestasi akademik antara mahasiswa reguler dan mahasiswa penerima KIP Kuliah pada Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi FKIP Universitas Palangka Raya angkatan 2023. Penelitian ini merupakan jenis penelitian non eksperimen menggunakan pendekatan deskriptif kuantitaif. Dalam sampel penelitian ini, terdiri dari mahasiswa angkatan 2023 Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi di FKIP Universitas Palangka Raya. Sampel penelitian mencakup 24 mahasiswa reguler dan 14 mahasiswa penerima KIP Kuliah, sehingga total sampel yang digunakan adalah 38 mahasiswa. Berdasarkan hasil analisis statistik, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan prestasi akademik antara mahasiswa reguler dan mahasiswa penerima KIP Kuliah. Hasil uji data menunjukkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,02 (< 0,05), yang menunjukkan perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Sementara itu, dalam prestasi olahraga, mahasiswa reguler lebih dominan di tingkat nasional dan provinsi, meskipun mahasiswa penerima KIP Kuliah juga menunjukkan hasil yang baik di tingkat lokal.


Kata Kunci


Prestasi Akademik, Prestasi Olahraga; Mahasiswa

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aji, K., Purnamaningsih, I. R., & Dimyati, A. (2023). ANALISIS HASIL PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PJOK DENGAN KURIKULUM MERDEKA DI SMKN 1 JAYAKERTA. Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.31602/rjpo.v6i1.11429

Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019). PENTINGNYA PENDIDIKAN BAGI MANUSIA. JURNAL BUANA PENGABDIAN, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.36805/jurnalbuanapengabdian.v1i1.581

Andari, R. A., Lestari, N. P., & Rosadi, A. (2022). Perbandingan Prestasi Belajar Mahasiswa Penerima Beasiswa Bidikmisi dan Non Beasiswa Bidikmisi. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika (JIPM), 4(1), Article 1. https://doi.org/10.36379/jipm.v4i1.371

Anjani, R., Kusumah, I. H., & Komaro, M. (2019). PENGARUH PEMAHAMAN TENTANG BEASISWA BIDIKMISI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA. Journal of Mechanical Engineering Education (Jurnal Pendidikan Teknik Mesin), 6(1), Article 1. https://doi.org/10.17509/jmee.v6i1.18246

Aulia, J., Syafril, S., Arif, A., Sanisah, S., Mas’ad, M., & Rochayati, N. (2023). Perbandingan Motivasi dan Prestasi Belajar Mahasiswa Penerima Bidikmisi dan Non Bidikmisi pada Program Studi Pendidikan Geografi di Universitas Muhammadiyah Mataram. Seminar Nasional Paedagoria, 3(0), 349–357.

Bafadal, M. F., & Hidasari, F. P. (2023). TANGGUNG JAWAB MAHASISWA PENDIDIKAN JASMANI PADA PERKULIAHAN GULAT. Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.31602/rjpo.v6i1.9733

Fadil, K., Ikhtiono, G., & Nurhalimah, N. (2024). Perbedaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) antara Kurikulum 2013 dengan Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(1), Article 1. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i1.472

Fakhruddin, F., Asha, L., Nuzuar, N., Hidayat, R., & Arifin, Z. (2014, December 20). Arah Pengembangan Atmosfer Akademik Pembentukan Iklim Kampus yang Beretikan dan Bermoral [Monograph]. IAIN Curup. https://repository.iaincurup.ac.id/582/

Istichomaharani, I. S., & Habibah, S. S. (2016). MEWUJUDKAN PERAN MAHASISWA SEBAGAI “AGENT OF CHANGE, SOCIAL CONTROL, DAN IRON STOCK.”

Jennyya, V., Pratiknjo, M. H., & Rumampuk, S. (2021). GAYA HIDUP HEDONISME DI KALANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS SAM RATULANGI. HOLISTIK, Journal of Social and Culture. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/holistik/article/view/34482

Khairunnisa, K., Anedea, T., & Novianti, I. (2024). Evaluasi Penerapan Program KIP-Kuliah Mengacu Pada Pasal 76 UU No. 12 Tahun 2012 Menggunakan Metode Seven Tools di Teknik Industri Universitas Pamulang. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 4(3), Article 3. https://doi.org/10.37481/jmh.v4i3.1013

NAHAK, Y. (2020). Pengaruh Perilaku Profesional Guru dan Budaya Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri Fahiluka NTT [S2, Universitas Kristen Indonesia]. http://repository.uki.ac.id/4731/

Rachmawati, D. S. (2024). Pengaruh Pemberian Beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Terhadap Motivasi Berprestasi Mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta [bachelorThesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta]. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/80652

Setyawati, D. U., Korida, B. D., & Febrilia, B. R. A. (2020). Analisis Regresi Logistik Ordinal Faktor-Faktor yang Mempengaruhi IPK Mahasiswa. Jurnal Varian, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.30812/varian.v3i2.615

Wea, A. G., & Adiwidjaja, I. (2019). PENGARUH BEASISWA TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA UNIVERSITAS TRIBHUWANA TUNGGADEWI MALANG. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik (JISIP), 7(1). https://doi.org/10.33366/jisip.v7i1.1439

Winata, D. C., & Bangun, S. Y. (2024). PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL PADA ANAK SEKOLAH DASAR. Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.31602/rjpo.v7i1.14463

Wulandari, D., Khusaini, K., & Syamiya, E. N. (2022). Literasi Digital sebagai Faktor Penentu Prestasi Akademik. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 6(3), Article 3. https://doi.org/10.30998/sap.v6i3.11925

Yusuf, E., & Sari, W. (2022). Pengaruh Beasiswa KIP Uang Kuliah Tunggal (UKT) Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(3), Article 3. https://doi.org/10.37676/mude.v1i3.2496




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/rjpo.v7i2.17162

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Index Jurnal :

                

Didedikasikan Untuk:

   

Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga disebar luaskan oleh : Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.