PENINGKATKAN KETERAMPILAN BATTING MELALUI METODE PEMBEBANAN PADA ATLET BASEBALL

Norma Anggara(1*), Angga Prananda Bakti(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan gerak batting melalui metode pembebanan pada atlet Baseball  di club UPI Bandung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan sebanyak dua siklus dengan rancangan kegiatan perencanaan, observasi, tindakan, dan refleksi. Sasaran dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang tergabung dalam club baseball di UPI Bandung , sebanyak 24 atlet. Sumber data diperoleh  melalui tes awal dan tes akhir keterampilan batting. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pendekatan kooperatif dari tes awal sampai ketesakhir. Rata- rata hasil keterampilan dari tes awal adalah 575 dan rata-rata nilai 23.95, hanya 30.26% dengan pendekatan pembebanan latihan baseball menjadi semakin meningkat yaitu nilai keseluruhan menjadi 980 dengan rata-rata nilai per individu 40.83 atau 51.57% pada Siklus I. Kemudian pada siklus II naik menjadi 70.33% atau lebih dari 70% atau lebih dari setengah dari jumlah sampel sudah dikatakan biasa melakukan gerakan batting dalam baseball dengan baik dan benar. Simpulan dari penelitian ini adalah metode latihan pembebanan yang berpengaruh positif dalam meningkatkan prestasi latihan atlet baseball, yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan.

 

Kata kunci: Metode Pembebanan, keterampilan batting, baseball


Kata Kunci


Basseball

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

Buku Penulis 1

Hidayat, Imam.(2003) Biomekanika: Pendekatan dalam Sistem Pembelajaran Gerak. Bandung: PPS UPI,

Buku Penulis 2

Widiastuti,(2011) Tes dan Pengukuran Olahraga, Jakarta: PT. Bumi Timur Jaya,

Buku Penulis 3

Tangkudung, James dan Wahyuningtyas, Puspitorini.(2012)Kepelatihan Olahraga Edisi II. Jakarta: Cerdas Jaya

Artikel Jurnal / Ensiklopedi

Alderson, Sandy., Antonetti, Chris., Bernabe, Sam., Dipoto, Jerry., Gorman, Brian., Mozeliak, John., Ryan, Terry., Schuerholz, John and Torre, Joe.(2015) Official Playing Rules Committee. The Office of the Commissioner of Baseball,.

Edwards, William.(2010) Motor Learning and Control From Theory to Practice. California State University:. Wadsworth .

Kemmis, Stephen, in Geoffrey E. Mills.(2010) Action Research: A Guide For The Teacher Researcher (New Jersey: Prentice-Hall,

Kusumah Negara Jajat D. (2009) Analisis Biomekanika Softball-Baseball. Jakarta: Jurnal IPTEK Olahraga KONI Pusat,

McGinnis,(2013) Peter M. Biomechanics of Sport and Exercise. State University of New York, College at Cortland: Human Kinetics 3rd Edition,.

Russel, Dan. (2010)Swing Weights of Baseball and Softball Bats. The Physics Teachers. Vol 48: 471-474,

Sawicki, Gregori S., Hubbard Mont., Stronge William J.(2003) How to Hit Home Runs: Optimum Baseball Bat Swing Parameters for Maximum Range Trajectories. American Journal of Physiology: Vol 71(11): 1152-1162.

Christian M.(1995) Et al. Hitting a Baseball: A Biomechanical Description. Journal of Orthopaedic and Sport Physical Therapy: Vol 22(3): 193-201,




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/rjpo.v1i1.1702

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Index Jurnal :

                

Didedikasikan Untuk:

   

Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga disebar luaskan oleh : Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.