EFEKTIVITAS INQUARY LEARNING MODEL DALAM KURIKULUM MERDEKA TERHADAP KEMAMPUAN TEKNIK DASAR ROLL DEPAN DAN BELAKANG PADA SISWA/I SMA

Terbit Surya(1*), Aep Guntur Nugraha(2), Ferdianka Nursaori(3), Ega Trisna Rahayu(4)

(1) Universitas Singaperbangsa Karawang
(2) Universitas Singaperbangsa Karawang
(3) Universitas Singaperbangsa Karawang
(4) Universitas Singaperbangsa Karawang
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pendekatan pembelajaran inkuiri dalam meningkatkan keterampilan kognitif dan psikomotor siswa pada pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK), khususnya pada materi senam lantai roll depan dan roll belakang di SMA Negeri 1 Tempuran. Masalah yang diidentifikasi adalah kelemahan siswa dalam aspek kognitif, mencakup pemahaman teori dasar dan konsep olahraga, serta aspek psikomotor, yang terlihat dari kurangnya keterampilan praktis dan teknik dasar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pra-eksperimental, tipe one group pretest-posttest design. Sebanyak 30 siswa kelas X berpartisipasi sebagai sampel menggunakan teknik sampel jenuh. Teknik pengumpulan data meliputi pemberian instruksi, demonstrasi teknik, pelaksanaan tes roll depan dan roll belakang, serta pencatatan observasi terhadap teknik pelaksanaan, kesalahan, dan waktu yang dibutuhkan. Data dianalisis menggunakan uji N-Gain Skor untuk mengukur efektivitas model pembelajaran.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran inkuiri efektif dalam meningkatkan keterampilan kognitif dan psikomotor siswa. Uji normalitas dan homogenitas menunjukkan data berdistribusi normal dan homogen, sedangkan uji-t menunjukkan perbedaan signifikan antara hasil pre-test dan post-test. N-Gain Skor rata-rata sebesar 0,34 menunjukkan peningkatan yang efektif. Dengan demikian, pendekatan pembelajaran inkuiri terbukti efektif dan dapat diimplementasikan sebagai strategi pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PJOK.


Kata Kunci


Kurikulum Merdeka; Inkuari; Senam Lantai; Penjas

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ali, R., & Indra. (2021). Media Pembelajaran Pendidikan Islam. In Jurnal Pemikiran Pendidikan (Vol. 11, Issue 2).

Almarisi, A. (2023). Kelebihan dan kekurangan kurikulum merdeka pada pembelajaran sejarah dalam perspektif historis. Jurnal Pendidikan, Sejarah, Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 111–117.

Darma Sitepu, I., & Sandi, A. (2022). Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan PENGEMBANGAN ALAT MATRAS MULTIFUNGSI UNTUK MEMBANTU TEKNIK ROLL DEPAN DAN ROLL BELAKANG SENAM ARTISTIC PADA ATLET JUNIOR PERSANI KOTA MEDAN TAHUN 2022 DEVELOPMENT OF MULTIFUNCTIONAL MATTRESS TO ASSIST FRONT ROLL AND REAR. JURNAL ILMIAH STOK BINA GUNA MEDAN, 10.

Fahlevi, M. R. (2022). Kajian Project Based Blended Learning Sebagai Model Pembelajaran Pasca Pandemi dan Bentuk Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Sustainable, 5, 230–249.

Helmi, B., Marpaung, H. I., & Aditya, R. (2021). Analisis Gerak Handspring Sebagai Rangkaian Gerak Senam Lantai Pada Atlet Putra Persani Medan. JSH: Journal of Sport and Health, 3(1).

Heri, L., Ani, R., & Tri Joko, R. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Psikomotor Senam Lantai dalam Pembelajaran Penjasorkes pada Siswa Sekolah Dasar. Journal of Research and Educational Research Evaluation, 6(1), 19–29.

Kurnia, R., Hairunnisyah, H., & Gunada, I. W. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegritas dengan Karakter untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7, 285–291.

Kurniawan, M. R., & Suroto. (2014). PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK SISWA KELAS IV SDN BIBIS 113 SURABAYA TAHUN AJARAN 2013-2014 Muhamat Rizal Kurniawan Suroto Abstrak. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 559–563.

Nugraheni, W., & Hergiwa Supena, G. (2019). Meningkatkan Minat Siswa Dalam Pembelajaran Penjas Senam Lantai Melalui Permainan Pada Siswa Kelas X IPA 1 SMAN 4 Kota Sukabumi. Jendela Olahraga, 4. https://doi.org/10.26877/jo.v%vi%i.3926

Nurhayati, M. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Tactical Game Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Bawah Permainan Bola Voli. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 53(9), 1689–1699.

Puspitasari, A. D. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Modul Cetak dan Modul Elektronik Pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 17–25. http://journal.uin-alauddin.ac.id/indeks.php/PendidikanFisika

Rachmawati, D. W. (2018). SEKOLAH SMK SWAKARYA PALEMBANG Penelitian. 5(2), 111–118. https://doi.org/https://doi.org/10.36706/jp.v5i2.6600

Rinaldi, I. R. (2021). Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ) pada Mata Pelajaran Penjas Terhadap Hasil Belajar Psikomotor Siswa Kelas 1A di SDIT Adzkia2 Kota Sukabumi T.A 2020/2021. Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga, 4(1), 81. https://doi.org/10.31602/rjpo.v4i1.4298

Rusli, M., & Jasmani, P. (2018). PENINGKATAN KESEGARAN JASMANI THE EFFECTIVENESS OF PHYSICAL FITNESS EXERCISE 2018 TOWARDS INCREASING PHYSICAL FRESHNESS Dipublikasikan Oleh : UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin UPT Publ. Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga, 125–131.

Santika, I. G. N., Suastra, I. W., & ... (2022). Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Ipa. Jurnal Education …, 10(1), 207–212. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/3382%0Ahttp://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/download/3382/2182

SAPUTRI, D. (2022). PERBANDINGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI KONSEP VIRUS YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN CONTEXTUAL TEACING LEARNING PADA KELAS X MIA SMA NEGERI 3 GOWA. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.

Setiawan Anang, Anwar Khoerul, O. S. (2021). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENJAS PADA MASA PANDEMIC COVID-19 Dipublikasikan Oleh : UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan M. Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga, 9–15.

Setiawan, Y. A., Abduloh, & Nasution, H. N. S. (2020). Minat Siswa dalam Pembelajaran Penjas pada Masa Pandemi Covid-19 di SMPN 1 Telukjambe Barat Karawang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan Https://Jurnal.Unibrah.Ac.Id/Index.Php/JIWP, 6(3), 295–307. https://doi.org/10.5281/zenodo.5541056




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/rjpo.v7i2.15162

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Index Jurnal :

                

Didedikasikan Untuk:

   

Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga disebar luaskan oleh : Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.