PENERAPAN METODE SMALL SIDE GAME TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING SEPAKBOLA DI SMA ASSA'ADAH

M. Farich Fitriyan(1*), Nanang Indriarsa(2)

(1) Universitas Negeri Surabaya (S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi)
(2) Universitas Negeri Surabaya (S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi)
(*) Corresponding Author

Sari


Belajar adalah tindakan yang dilakukan oleh setiap orang selama proses pendidikan untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap untuk mengubah tingkah laku. Banyak hal yang bisa mempengaruhi hasil belajar pada peserta didik seperti faktor dari luar  dan dari diri sendiri. Faktor luar seperti metode pembelajaran yang didapatkan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui penerapan metode small side game terhadap hasil belajar passing sepakbola di SMA Assa'adah. Menggunakan penelitian true experimental dengan true eksperimen pretest-posttest control group, penelitian ini melibatkan dua kelompok penelitian yaitu eksperimen dengan 35 sampel dan kontrol dengan 25 sampel. Instrumen yang digunakan adalah instrumen pengetahuan dan instrumen keterampilan. Hasil penelitian  menunjukkan t nilai p-Value menunjukkan 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan hasil pengetahuan passing sepakbola pada kelompok eksperimen dan kontrol atau terdapat peningkatan hasil belajar passing sepakbola menggunakan metode small side game. Dari kategori hasil peningkatan pengetahuan pada kelompok eksperimen berada dalam kategori sedang sedangkan pada kelompok kontrol di kategori rendah. Pada hasil keterampilan kelompok eksperimen berada dalam kategori peningkatan tinggi sedangkan pada kelompok kontrol berada dalam kategori peningkatan sedang. Hal itu menunjukkan intervensi yang dilakukan efektif meningkatkan hasil belajar passing sepakbola.

 


Kata Kunci


Passing; Sepakbola; Hasil belajar;

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abshar Abdillah, U., Candra Dinata S-, V., Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, P., & Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, F. (2023). Pengaruh Model Small Side Games Terhadap Hasil Belajar Passing Kaki Bagian Dalam Pada Pembelajaran Sepakbola. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 11. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/issue/archivehttps://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani

Siregar, E., & Widyaningrum, R. (2015). Belajar Dan Pembelajaran. Mkdk4004/Modul 01, 09(02), 193–210.

Aedi, W. G. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi. 6(1), 35–43.

Agustianti, R., Nussifera, L., Wahyudi, Angelianawati, L., Meliana, I., Sidik, E. A. ni, Nurlaila, Q., Simarmata, N., Himawan, I. S., Pawan, E., & Ikhram, F. (2022). Metode penelitian kuantitatif & kualitatif. In Tohar Media (Issue Mi).

Ahmad, F., & Hartati, S. C. Y. (2019). Penerapan Permainan Kecil Terhadap Hasil Belajar Passing Dalam Permainan Sepak Bola Di SMP Negeri 2 Buduran Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 07(03), 185–189.

Annisa, D. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1980), 1349–1358.

Dianti, Y. (2017). 済無No Title No Title No Title. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–24. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf

Dwi Prasetya, A., & Nurjamal, N. (2020). Meningkatkan Teknik Dasar Passing dan Kontrol Sepak Bola Menggunakan Metode Drill di SMK TI Airlangga Samarinda. Borneo Physical Education Journal, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.30872/bpej.v1i1.221

Heryana, A. (2023). Bekerja dengan Data Tidak Normal. ResearchGate, January, 1–9. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.27700.73604

Hutomo, M. R., & Ariati, J. (2017). Kecenderungan Agresivitas Remaja Ditinjau Dari Jenis Kelamin Pada Siswa Smp Di Semarang. Jurnal EMPATI, 5(4), 776–779. https://doi.org/10.14710/empati.2016.15425

Mufidah, N. (2018). Metode Pembelajaran Al-Ashwat. Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(2), 199–218. https://doi.org/10.14421/almahara.2018.042-03

Muhid, A. (2019). Analisis Statistik Edisi 2. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents (Vol. 7, Issue 2).

Pradana, A. A. (2021). Strategi Pembentukan Karakter Siswa Pada Jenjang Pendidikan Dasar Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. PREMIERE : Journal of Islamic Elementary Education, 3(1), 78–93. https://doi.org/10.51675/jp.v3i1.128

Quraisy, A. (2022). Normalitas Data Menggunakan Uji Kolmogorov-Smirnov dan Saphiro-Wilk. J-HEST Journal of Health Education Economics Science and Technology, 3(1), 7–11. https://doi.org/10.36339/jhest.v3i1.42

Rahman, A. (2021). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(2), 171–180. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i2.95

Romdloni, M. M. (2019). Penerapan Small Sided Games Terhadap Hasil Belajar Passing dan Control Dengan Kaki Bagian Dalam Sepakbola. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 07(02), 183–188. http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/issue/archive

Syafii, A., Bahar, B., Shobicah, S., & Muharam, A. (2023). Pengukuran Indeks Mutu Pendidikan Berbasis Standar Nasional. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(7), 1697–1701. https://doi.org/10.58344/jmi.v2i7.332

Ridwan, M. (2020). Meningkatkan Motivasi Siswa Melalui Penerapan Small Sided Games. Journal Sport Area, 5, 155–163. https://doi.org/10.25299/sportarea..vol().4873

Fatimah, P. S. (2018). Penerapan Small Side Games Terhadap Hasil Belajar Shooting Sepak Bola (Studi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 19 Surabaya). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan …, 301–305.

Usmadi, U. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas Dan Uji Normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1), 50–62. https://doi.org/10.31869/ip.v7i1.2281

Desi Novitasari, V. F., & Darmawan, G. (2019). Penerapan Small Side Games Terhadap Hasil Belajar Passing dan Motivasi Siswi Mengikuti Pembelajaran Sepakbola Vivi Foni Desi Novitasari *, Gatot Darmawan. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 07, 85–88.

Wea, Y. M. (2020). Pengaruh Latihan Small Side Games Terhadap Kelincahan Pada Permainan Sepakbola. Jurnal Penjakora, 7(1), 11. https://doi.org/10.23887/penjakora.v7i1.24212

Irawan, D., & Muhtarom, D. (2021a). Penerapan Small Side Games Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Passing dalam Permainan Sepakbola. Journal of Physical Education and Sport Science, 3(1), 12–15. http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/jpess/article/view/1892

Irawan, D., & Muhtarom, D. (2021b). Penerapan Small Side Games Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Passing dalam Permainan Sepakbola. Journal of Physical Education and Sport Science, 3(1), 12–15.

Khinta Sani Rahman, & Padli. (2020). Tinjauan Kemampuan Teknik Dasar Sepakbola. Jurnal Patriot, 2(2), 1259–1273.

Quraisy, A. (2022). Normalitas Data Menggunakan Uji Kolmogorov-Smirnov dan Saphiro-Wilk. J-HEST Journal of Health Education Economics Science and Technology, 3(1), 7–11. https://doi.org/10.36339/jhest.v3i1.42

Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar.

Merdeka Belajar, November, 289–302.

Ridwan, M. (2020b). Small sided games meningkatkan kebugaran jasmani dan keterampilan bermain sepakbola. Journal Of Sport Education (JOPE), 3(1), 35. https://doi.org/10.31258/jope.3.1.35-42

Syafi’i, A., Saied, M., & Hakim, A. R. (2023). EFEKTIVITAS MANAJEMEN




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/rjpo.v7i1.15013

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Index Jurnal :

                

Didedikasikan Untuk:

   

Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga disebar luaskan oleh : Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.