TINGKAT KEBUGARAN JASMANI PELAJAR DI SMP NEGERI 01 SUKADANA KABUPATEN KAYONG UTARA

Stephani Yane(1*), Rio Wardhani(2), Darma Samsudin Saputra(3)

(1) IKIP PGRI Pontianak
(2) IKIP PGRI Pontianak
(3) IKIP PGRI Pontianak
(*) Corresponding Author

Sari


Kebugaran Jasmani mengacu pada seberapa baik dan buruknya sesesiswa menjaga kebugaran fisiknya. Ini merupakan ukuran dari kemampuan sesesiswa untuk menjalani aktivitas fisik dengan baik tanpa kesulitan berarti. Tujuan melaksanakan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani jasmani siswa putra kelas VIII di SMP Negeri 01 Sukadana Kabupaten Kayong Utara. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan variable tunggal atau jumlah keseluruhan siswa putera kelas VIII yang berjumlah 81 siswa. Hasil penelitian terdapat pengkategorian kebugaran jasmani siswa putera kelas VIII dengan kategori baik sekali 3 siswa (3,7%), kategori Baik 12 siswa (14,8%), kategori Sedang 33 siswa (40,7%), kategori Kurang 28 siswa (34,6%), dan yang kategori Kurang Sekali 5 siswa (6,2%). Setelah pelaksanaan penelitian dapat disimpulkan kebugaran jasmani pada siswa putra kelas VIII di SMP Negeri 1 Sukadana Kabupaten Kayong Utara yang paling banyak adalah kategori Sedang yaitu 40,7% dari total seluruh 81 siswa

Kata Kunci


Kebugaran Jasmani; Pelajar Usia 13-15 Tahun; Tes Kebugaran Pelajar Nusantara

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bagiasa, I. K. (2023). The Application of Makepung Traditional Sports To Improve Student’s Physical Education Sport and Health Learning Outcomes. JOPI: Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia, 3(1), 56–73. https://doi.org/https://doi.org/10.54284/jopi.v3i1.242

Bangun, S. Y. (2016). Peran Pendidikan Jasmani Dan Olahraga Pada Lembaga Pendidikandi Indonesia. Publikasi Pendidikan, 6(3). https://doi.org/10.26858/publikan.v6i3.2270

Dewa, A. K., & Winarno, M. . (2023). Hubungan Aktivitas Fisik Terhadap Kebugaran Jasmani Sma Islam Al Ma`Arif Singosari. GYMNASIA: Jurnal Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan, 2(2), 116–129. Retrieved from http://jurnal.anfa.co.id/index.php/PJKR

Fajaryanto, M., Herpandika, R. P., & Pratama, B. A. (2022). Hasil Penerapan TKPN pada Siswa SDN 1 Rejomulyo Kecamatan Kras Kabupaten Kediri. SPRINTER : Jurnal Ilmu Olahraga, 3(3), 223–229. https://doi.org/https://doi.org/10.46838/spr.v3i3.277

Fikri, Z. (2020). Improve Service Learning Outcomes Volley Ball Using Modification Media in Class Vii Students of State 8Th Middle State Academic Year 2019/2020. Riyadhoh: Jurnal Pendidikan Olahraga, 3(1), 49–54. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31602/rjpo.v3i1.3130

Fikriyah, S. N. (2021). Analisis Perkembangan Fisik-Motorik Siswa Kelas 3 di Sekolah Dasar Negeri Tajem. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 200–207. https://doi.org/https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.121

Hidasari, F. P. (2023). Pengukuran Physical Fitness Remaja Di Kota Pontianak Menggunakan Instrumen TKPN. Journal Physical Health Recreation, 3(2), 75–83. https://doi.org/https://doi.org/10.55081/jphr.v1i2

Huda, M. M., & Wisnu. (2016). Survei Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Kelas VII, VIII dan IX SMPN 5 Sidoarjo (Studi pada siswa Kelas VII, VIII dan IX SMP Negeri 5 Sidoarjo). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 3(3), 696–701.

Hutajulu, L. M. V., Dieny, F. F., Probosari, E., & Tsani, A. F. A. (2022). Status Gizi Dan Anemia Kaitannya Dengan Kebugaran Tubuh Santriwati Di Pondok Pesantren Askhabul Kahfi Kota Semarang. Journal of The Indonesian Nutrition Association, 45(1), 23–34. https://doi.org/https://doi.org/10.36457/gizindo.v45i1.568

Nawir, N. (2022). Minat Belajar Pendidikan Jasmani Pada Siswa SMP Negeri 24 Makassar. DIKDASMEN: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Dan Menengah, 2(2), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.26858/dikdasmen.v3i2.2200

Prayoga, H. D., & Barikah, A. (2019). Perbandingan Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri Dataran Tinggi Dan Dataran Rendah (Daerah Pesisir). Riyadhoh: Jurnal Pendidikan Olahraga, 2(1), 14–22. https://doi.org/10.31602/rjpo.v2i1.2026

Rahayu, A., Nuryani, P., & Riyadi, A. R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Savi Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 102–111. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jpgsd.v4i2.20489

Rahmawati, N., & Fitri, R. (2023). Permainan Basketball Circuit sebagai Upaya Peningkatan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Journal of Education Research, 4(2), 633–643. https://doi.org/https://doi.org/10.37985/jer.v4i2.227

Shanti, E. F. A., Sunarsih, T., Utami, N. W., & Astuti, E. P. (2022). Penerapan Yoga Kids Di Rumah Dalam Menstimulasi Tumbuh Kembang Anak. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Cahaya Negeriku, 2(2), 19–24. Retrieved from https://cahayanegeriku.org/index.php/jpkm/article/view/41

Siregar, M. E., Lubis, N. A., Nadia, I., & Fajar, N. S. D. (2023). Menjelajahi Olahraga Sebagai Konteks Pengajaran Matematika SD. Cendekia Pendidikan, 1(1), 1–13. Retrieved from https://ejournal.warunayama.org/index.php/sindorocendikiapendidikan/article/view/769

Supriyadi, M. (2018). Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan pada Sekolah Dasar. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga (JPJO), 1(2), 64–73. https://doi.org/10.31539/jpjo.v1i2.136

Suryansah, Hariadi, & Nopiana, R. (2023). Manfaat Olahraga Lari Pagi Terhadap VO2MAX, Kesehatan Mental dan Fisik Atlet Futsal. AL-Tafani: Jurnal Inovasi Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 8–16. Retrieved from https://ejournal.lembagaeinsteincollege.com/AL-TAFANI/article/view/7

Wahyudi, I., Simanjuntak, V., Bafadal, M. F., & Wardhani, R. (2023). Penerapan Pola Hidup Sehat Dalam Pendidikan Jasmani Untuk Meningkatkan Karakter Disiplin Pada Siswa Mas Khulafaur Rasyidin. Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga, 6(1), 81–86. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31602/rjpo.v6i1.9956

Wahyuni, A. D., & Mistar, J. (2022). Survei tingkat kebugaran jasmani siswa-siswi kelas VIII SMP Negeri 1 Langsa tahun pelajaran 2020/2021. Jurnal Olahraga Rekreasi Samudra (JORS) : Jurnal Ilmu Olahraga, Kesehatan Dan Rekreasi, 5(1), 1–8. Retrieved from https://ejurnalunsam.id/index.php/jors

Wahyuni, E. T., Koto, Y., & Sarwili, I. (2021). Aktivitas Fisik Dengan Intensitas Yang Sering Dapat Meningkatkan Kecerdasan Emosional Pada Remaja. Indonesian Scholar Journal of Nursing and Midwifery Science (ISJNMS), 1(03), 105–112. https://doi.org/https://doi.org/10.54402/isjnms.v1i03.60

Wani, B., & Wea, Y. M. (2021). Survei Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Ekstrakurikuler Sepakbola SMP Citra Bakti. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 10876–10882. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2726

Zaidah, L., & Riyanto, A. (2022). Aktifitas Fisik Remaja Sebagai Upaya Peningkatan Kebugaran Pada Masa Pandemi Covid-19. MAYADANI: Jurnal Masyarakat Berdaya Dan Inovasi, 3(2), 86–92. https://doi.org/https://doi.org/10.33292/mayadani.v3i2.66




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/rjpo.v7i1.14540

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Index Jurnal :

                

Didedikasikan Untuk:

   

Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga disebar luaskan oleh : Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.