MENINGKATKAN KEBUGARAN JASMANI SISWA KELAS IV SD MELALUI PEMBELAJARAN SIRKUIT ESTAFET

Harmoko Harmoko(1*), Hari Pamungkas(2), Havid Yusuf(3), Ashari Husein(4), Sudari Sudari(5)

(1) Universitas Insan Budi Utomo
(2) Universitas Insan Budi Utomo
(3) Universitas Insan Budi Utomo
(4) Universitas Insan Budi Utomo
(5) Universitas Insan Budi Utomo
(*) Corresponding Author

Sari


siswa yang memiliki tingkat kebugaran jasmani yang rendah. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kurangnya aktivitas fisik, gaya hidup yang tidak sehat, dan kurangnya fasilitas olahraga. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran rangkaian estafet terhadap kebugaran jasmani siswa  SD Kelas IV. Penelitian ini menggunakan desain quasi-eksperimental dengan rancangan pretest-posttest with control group. Subjek penelitian adalah 50 siswa Kelas IV dari dua sekolah dasar di distrik Argotirto. Mereka yang mengikuti pembelajaran rangkaian estafet dan yang tidak, dipilih secara acak untuk membentuk kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen akan mengikuti pembelajaran sirkuit estafet selama 8 minggu, sedangkan kelompok kontrol akan mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani seperti biasa. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes kebugaran jasmani yang meliputi tes lari 12 menit, tes push-up, tes sit-up, tes lari 50 meter, dan tes lari shuttle run. Metode Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t dan ANOVA untuk mengetahui perbedaan  signifikan antara kelompok eksperimen dan  kontrol. Berdasarkan hasil pengolahan data uji T ditentukan nilai Sig. Karena (uji dua sisi) 0,00 > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh peningkatan kekuatan fisik siswa antara kelas eksperimen rangkaian estafet dengan kelas eksperimen konvensional. Hasil ANOVA menunjukkan nilai Sig. Sama dengan 0,00 > 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata tingkat peningkatan hasil kebugaran jasmani 'berbeda' secara signifikan.


Kata Kunci


Meningkatkan, Kebugaran Jasmani, Siswa, Pembelajaran Sirkuit Estafet

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aditya, V. S., & Dewi, C. (2020). Hubungan Kekuatan Otot Tungkai Terhadap Keterampilan Lari Jarak Pendek (Sprint) Pada Siswa Kelas 5 Sd Negeri 62 Kota Bengkulu. Journal Of Dehasen Educational Review, 1(1), 50–55. https://doi.org/10.33258/jder.v1i1.980

Aji, R. B., Anhar Fahmi, D., & Setiyawan. (2020). Journal of Sport Coaching and Physical Education Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Bola Basket. Jurnal Of Sport Coaching and Physical Education, 5(1), 42–47. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jscpe

Arridho, I. Q., Padli, P., Arwandi, J., & Yenes, R. (2021). Kondisi Fisik Pemain Sepak Bola. Jurnal Patriot, 3(4), 340–350. https://doi.org/10.24036/patriot.v3i4.737

Citra Beauty, T. R., Nurhasan, N., & Syam Tuasikal, A. R. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Permainan Sirkuit Terhadap Peningkatan Kebugaran Jasmani Dan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PJOK. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(2), 499–507. https://doi.org/10.58258/jime.v6i2.1499

Kemenkes. (2022). Buku Saku Hasil Survey Status Gizi Indonesia (SSGI) Tahun 2022. Kemenkes, 1–7. Retrieved from https://drive.google.com/file/d/1tZuQNyUaKe0i_kyj1nbYx7aNo7KWjNZ8/view

Kumala, A. M., Margawati, A., & Rahadiyanti, A. (2019). Hubungan Antara Durasi Penggunaan Alat Elektronik (Gadget), Aktivitas Fisik Dan Pola Makan Dengan Status Gizi Pada Remaja Usia 13-15 Tahun. Journal of Nutrition College, 8(2), 73. https://doi.org/10.14710/jnc.v8i2.23816

Kusumawati, E., Fathurrahman, T., & Tizar, E. S. (2020). Hubungan antara kebiasaan makan Fast Food , durasi penggunaan gadget dan riwayat keluarga dengan obesitas pada anak usia sekolah (studi di SDN 84 Kendari). Jurnal Kedokteran & Kesehatan, 6(2), 87–92. Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jnc/article/view/23816

Lubis, J. (2018). Pembinaan Kebugaran Jasmani Dan Recovery. (R. Pers, Ed.) (1st ed.). Depok: PT Raja Grafindo Persada. Retrieved from Depok

Mabrur, M., Setiawan, A., & Mubarok, M. Z. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Guling Depan Senam Lantai. Physical Activity Journal, 2(2), 193. https://doi.org/10.20884/1.paju.2021.2.2.4014

Pamungkas, H., Nidomuddin, M., & Hadi, A. P. (2019). Tes dan Pengukuran Untuk Insan Olahraga. Jakarta Timur: Spasi Media.

Pertiwi, R. M., Nurhasan, N., & Syam, T. A. R. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Sirkuit Untuk Membantu Pola Gerak Lokomotor, Non Lokomotor, dan Manipulatif Anak Down Syndrome. Jendela Olahraga, 3(2), 26–36. https://doi.org/10.26877/jo.v3i2.2452

Riskayani, N. L. (2022). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Bola Basket. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 10(1), 1–7. https://doi.org/10.23887/jjp.v10i1.47192

Sabhara, R., Irfan, & Amir, A. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Penjasorkes Permainan Bola Basket melalui Penerapan Problem Based Learning pada Siswa Kelas VII-A Semester I di MTs Negeri 6 Banjar Kalimantan Selatan Robby Sabhara ; Irfan ; Atmam Amir. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 4(1), 294–304.

Utomo, M. A. S., Muhyi, M., & Wiyarno, Y. (2020). Pengembangan Modifikasi Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Kebugaran Jasmani Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(1), 56–73. Retrieved from https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/jpkr/article/view/607/488

Wulandari, & Jariono, G. (2022). Upaya Meningkatkan Kebugaran Jasmani Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Jurnal Porkes, 5(1), 245–259. https://doi.org/10.29408/porkes.v5i1.5493

Yani, A., & Hasri, R. (2020). Hubungan Panjang Tungkai Dengan Kecepatan Lari 60 Meter Siswa Sekolah Dasar. Physical Activity Journal, 1(2), 115. https://doi.org/10.20884/1.paju.2020.1.2.2423

Yusuf, H., Nidomuddin, M., & Pamungkas, H. (2023). Predictor of Women ’ s Handball Athlete Fitness Level Malang City Through Fat-Free Mass Measurement Prediktor Tingkat Kebugaran Atlet Bola Tangan Putri Kota Malang Melalui Pengukuran Fat-Free Mass. Jp.Jok (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan), 6(2), 228–236.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/rjpo.v7i1.14501

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Index Jurnal :

                

Didedikasikan Untuk:

   

Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga disebar luaskan oleh : Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.