PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL PADA ANAK SEKOLAH DASAR

Devi Catur Winata(1*), Sabaruddin Yunis Bangun(2)

(1) Stokbinaguna Medan
(2) Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri MEdan
(*) Corresponding Author

Sari


Bentuk Permainan Tradisional merupakan bentuk dari warisan budaya bangsa yang tidak ternilai harganya. Karkater disiplin yang diterapkan pada anak sekolah dasar dengan menerapkan permainan tradisional  tujuan dari penelitian ini adalah untuk membentuk karkater displin pada anak Sekolah Dasar melalui permainan tradisional. Penelitian ini merupakan quasi eksperinment menggunakan desain kelompok control non- eguivalent. Subjek pada penelitian ini adalah siswa sekolah Dasar yang berada di SD Swasta Pertiwi kelas Va dan Vb. Adapun kelompok Kontrol berada pada kelas Va dan kelas Vb berada pada kelompok eksperiment ditentukan berdasarkan kelas yang cluster sampling dengan data yang sudah terkumpul. Data dikumpulkan menggunakan lebaran observasi. Analisis  data penelitian menggunakan one way analysis of variance. Kesimpulam yang diperoleh setelah dianalisis data tersebut bahwa ada perbedaan pada karakter disiplin siswa yang diajarkan dengan permainan tradisioal dan siswa yang mengikuti metode belajar biasa.  Dengan demikian daapt disimpulkan bahwa bermian permainan tradisional pada masa anak –anak khususnya di sekolah dasar dapat merangsang aspek perkembangan secara motorik dan perkembangan karakter disiplin.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anatasya, E., Rafifah, T., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. (2023). Implementasi Pendidikan Berbasis Permainan Tradisional dalam Membentuk Karakter Anak di Sekolah Dasar. Journal on Education, 5(3), 6063–6072. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1372

Ani, N. A. (2014). Pendidikan Karakter untuk Siswa SD dalam Perspektif Islam. Mimbar Sekolah Dasar, 1(1), 50–58.

Aqobah, J., Putri, C. H., Ummah, K. R., Anisah, W., & Tirtayasa, S. A. (2023). Permainan tradisional engklek untuk peningkatan motorik peserta didik di sekolah dasar 1. Journal Olahraga Rekat …, 2(1), 1–15. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jor/article/view/35261%0Ahttps://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jor/article/download/35261/15263

Hayati, F. (2021). Karakteristik Perkembangan Siswa Sekolah Dasar : Sebuah Kajian Literatur. 5, 1809–1815.

Izzaty, R. E. (2010). Perkembangan Anak Usia 7 - 12 Tahun. Jurnal Pendidikan, 4(3), 1–11.

Prima, E., & Lestari, P. I. (2023). Pengaruh Implementasi Permainan Tradisional Terhadap Disiplin Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3107–3116. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.3221

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Wijayanti, R. (2018). Permainan Tradisional Sebagai Media Pengembangan Kemampuan Sosial Anak. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 51–56. https://doi.org/10.17509/cd.v5i1.10496

Winata, D. C., Pertiwi, E., Abady, A. N., & Nugroho, A. (2023). Pembentukan Karakter Melalui Fundamental Character Formation Through Fundamentals. 04(2), 83–97.

Winata, D. C., Sari, D. M., Pratiwi, E., & Azandi, F. (2023). Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan GERAK DASAR MOTORIK KASAR DAN SOSIAL EMOSIONAL SISWA KELAS V UPT SD NEGERI 067260 MARELAN THE INFLUENCE OF TRADITIONAL TEROMPA GAMES ON GROSS MOTOR AND SOCIAL EMOTIONAL BASIC MOVEMENTS OF CLASS V STUDENTS UPT PUBLIC SCHO. 11, 232–240.

Witasari, O., & Wiyani, N. A. (2020). Permainan Tradisional untuk Membentuk Karakter Anak Usia Dini. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 2(1), 52–63. https://doi.org/10.15642/jeced.v2i1.567




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/rjpo.v7i1.14463

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Index Jurnal :

                

Didedikasikan Untuk:

   

Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga disebar luaskan oleh : Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.