PENGARUH SUMBER DAYA MANUSIA DAN FASILITAS OLAHRAGA TERHADAP PARTISIPASI DALAM KEGIATAN OLAHRAGA REMAJA

Rochman Pribadi(1), Carsiwan Carsiwan(2*), Burhan Hambali(3)

(1) Universitas Pendidikan Indonesia
(2) Universitas Pendidikan Indonesia
(3) Universitas Pendidikan Indonesia
(*) Corresponding Author

Sari


Indonesia adalah negara yang memiliki populasi sekitar 270 juta jiwa, dengan sekitar 53.81% dari penduduknya terdiri dari generasi milenial dan Gen X. Potensi besar ada di Indonesia untuk mengembangkan olahraga remaja. Walaupun memiliki dasar demografis yang kuat, saat ini Indonesia berada di peringkat ke-10 dalam hal total medali yang diperoleh di Asian Games. Peraihan medali ini dapat ditingkatkan dengan mengajak generasi muda untuk berpartisipasi dalam olahraga sejak dini. Memberi anak-anak dan remaja di sekolah tentang olahraga tidak hanya meningkatkan kemampuan fisik mereka, melainkan juga menanamkan nilai-nilai seperti disiplin, kerjasama, dan kepemimpinan. Tetapi partisipasi remaja dalam olahraga dapat dipengaruhi dari beberapa faktor penting. Pada penelitian ini akan dicari pengaruh sumber daya manusia dan fasilitas olahraga terhadap partisipasi generasi muda di dalam kegiatan olahraga. Ditemukan korelasi linear yang sangat kuat pada sumber daya manusia seperti guru olahraga dan pelatih terhadap jumlah partisipasi. Ditemukan juga korelasi yang kuat antara fasilitas olahraga terhadap jumlah partisipasi  dan peralihan medali sehingga dapat disimpulkan bahwa sumber daya manusia dan fasilitas olahraga memiliki pengaruh langsung terhadap partisipasi dalam kegiatan olahraga


Kata Kunci


Sumber Daya Manusia: Partisipasi Olahraga: Olahraga Remaja

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aditia, Desy Anggar. 2015. “Penerapan Nilai-Nilai Positif Olahraga Dalam Interaksi Sosial Antar Siswa Di SMA.” ACTIVE: Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation 4(12).

Adnan, Gunawan, and Mohammad Adnan Latief. 2020. “Metode Penelitian Pendidikan: Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas.”

Basir, Abd, and Willy Ramadan. 2017. “Pembentukan Karakter Kepemimpinan Siswa Melalui Sekolah Alam (Studi Kasus Di Sekolah Dasar Alam Muhammadiyah Banjarbaru).” Muadalah 4(1).

Fadli, Muhammad Rijal. 2021. “Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif.” Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum 21(1): 33–54.

Haryani, Meri, et al. “Peningkatan Hasil Belajar Pjok Materi Pergaulan Sehat Menggunakan Metode Pembelajaran Pendekatan Saintifik.” Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga, vol. 5, no. 2, 2022, hal. 71, https://doi.org/10.31602/rjpo.v5i2.8798.

IRFAN, S Pd, and M Or. “OLAHRAGA UNTUK INDONESIA.”

Khausar, Miftahul. 2020. “Strategi Nation Branding Indonesia Melalui Penyelenggaraan Asian Games 2018.”

Kristiawan, Muhammad, Syarwani Ahmad, Tobari Tobari, and Suhono Suhono. 2017. “Desain Pembelajaran SMA Plus Negeri 2 Banyuasin III Berbasis Karakter Di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN.” Jurnal Iqra’: Kajian Ilmu Pendidikan 2(2): 403–32.

Marlina, Marlina. 2021. “Single Subject Research: Penelitian Subjek Tunggal.”

Marlinda, Marlinda et al. 2023. “Menanggulangi Kenakalan Remaja Melalui Pembelajaran Entrepneurship Pada Peserta Didik Abad 21 Se-Tingkat SMA.” Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran 8(2): 451–61.

Nugrahani, Farida, and Muhammad Hum. 2014. “Metode Penelitian Kualitatif.” Solo: Cakra Books 1(1): 3–4.

Nursallam, Nursallam. 2018. “Survei Ekstrakurikuler Olahraga Dalam Meminimalisir Kenakalan Remaja Di SMA Negeri 4 Sinjai. Skripsi. Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi.”

Pradnyaswari, Anak Agung Ayumas, and IGPW Budisetyani. 2018. “Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Kecemasan Bertanding Pada Atlet Softball Remaja Putri Di Bali.” Jurnal Psikologi Udayana 5(01): 218–25.

Prakosa, Tahta Krisna Wira, dan Sasminta Christina Yuli Hartati. “Peningkatan Kebugaran Jasmani Siswa Melalui Aktivitas Fisik Ringan Dalam Pembelajaran Pjok.” Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga, vol. 5, no. 2, 2022, hal. 39, https://doi.org/10.31602/rjpo.v5i2.7818.

Pratama, Ridho Yatka, et al. “Hubungan Sarana Prasarana Dan Proses Pembelajaran Dengan Hasil Belajar Olahraga Di Sma Negeri 16 Pekanbaru.” Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga, vol. 6, no. 1, 2023, hal. 88, https://doi.org/10.31602/rjpo.v6i1.9948.

Rampai, Bunga. 2022. “Desain Besar Olahraga Nasional Menuju Indonesia Emas.”

Saharullah, S Pd et al. 2019. “Pembinaan Olahraga Usia Dini (Edisi Revisi).”

Suparman, M. A. (2012). Desain instruksional modern. Jakarta: Erlangga.

Sulianto, J., Purnamasari, V., & Febriarianto, B. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Think-Pair-Share terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V (Lima) Materi Organ Tubuh Manusia dan Hewan. Internasional Journal of Elementary Education, 3(2), 124–131. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18515.

Syukur, A., Azis, R., & Sukarsih. (2020). Developing Reading Learning Model to Increase Reading Skill for Animal Husbandry Students in Higher Education. Britain International of Linguistics, Arts and Education, 2(1), 484–493. https://doi.org/10.33258/biolae.v2i1.220.

Wahyuni, I., Slameto Slameto, & Setyaningtyas, E. W. (2018). Penerapan Model PBL Berbantuan Role Playing untuk Meningkatan Motivasi dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(4), 356–363. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16152.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/rjpo.v7i1.13332

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Index Jurnal :

                

Didedikasikan Untuk:

   

Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga disebar luaskan oleh : Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.