EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PEER TEACHING DALAM PENDIDIKAN JASMANI PADA SEKOLAH RAWAN BANJIR DI KABUPATEN BANJAR

Rangga Saputra(1*), Rahmadi Rahmadi(2), Norma Anggara(3)

(1) Pendidikan Jasmani, FKIP, Universitas Lambung Mangkurat
(2) Pendidikan Jasmani, FKIP, Universitas Lambung Mangkurat
(3) Pendidikan Jasmani, FKIP, Universitas Lambung Mangkurat
(*) Corresponding Author

Sari


Pendidikan jasmani merupakan pendidikan umum yang menunjang tumbuh kembang anak secara menyeluruh, meliputi kebutuhan jasmani, motorik, mental, dan sosialnya. Seorang guru pendidikan jasmani harus mampu memilih dan menerapkan metode atau model pembelajaran agar kegiatan pembelajaran pendidikan jasmani dapat terlaksana seefektif mungkin. Model pembelajaran tutor sebaya atau peer teaching merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat membantu pembelajaran peserta didik saat terjadi banjir. Tujuan Penelitian ini untuk membuktikan tingkat efektivitas model pembelajaran peer teaching dalam pendidikan jasmani pada sekolah rawan banjir di Kabupaten Banjar. Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan survei dalam bentuk observasi dan kuesioner dengan jumlah sampel penelitian 75 peserta didik. Pengambilan data menggunakan angket atau kuesioner. Pengolahan data menggunakan program microsoft excel. Hasil penelitian efektivitas model pembelajaran peer teaching dalam pendidikan jasmani pada sekolah rawan banjir di Kabupaten Banjar menujukan bahwa model pembelajaran peer teaching dikategorikan cukup efektif. Berdasarkan hasil dari penelitian disimpulkan bahwa model pembelajaran peer teaching cukup efektif digunakan sebagai model pembelajaran untuk pembelajaran pendidikan jasmani pada sekolah rawan banjir di Kabupaten Banjar


Kata Kunci


banjir, efektivitas, pendidikan jasmani, peer teaching

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aas Aliana Futriani Hidayah, R. A. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 53-56.

Adhe Reza Rachmat, A. P. (2014). Faktor-Faktor Kerentanan yang Berpengaruh Terhadap Bencana Banjir di Kecamatan Manggala Kota Makassar. JURNAL TEKNIK POMITS, 178-183.

Anna-Maria Nurmi, M. K. (2015). Peers as Teachers in Physical Education Hip Hop Classes in Finnish High School . Journal of Education and Training Studies , 10.

Apta Melyza, R. M. (2021). PERSEPSI SISWA TERHADAP PROSES PENERAPAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN PADA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI 1 PADANG CERMIN. Journal of Physical Education, 8-16.

Asngari, S. (2019). Peer teaching: solusi untuk mengatasi ketimpangan kemampuan psikomotorik dan interaksi sosial dalam pembelajaran pendidikan jasmani. Jurnal Penelitian Pembelajaran, 216-231.

Aziz, M. K. (2021). Pengaruh model pembelajaran peer teaching terhadap hasil belajar keterampilan permainan bola besar. Jurnal Pendidikan Mutiara, 5-16.

Fahmil Haris, J. T. (2021). Peran Guru Olahraga bagi Perkembangan Pendidikan Jasmani Adaptif di Sekolah Luar Biasa. Jurnal Basicedu, 3883–3891.

Fahruddin, I. R. (2017). efektivitas fungsi terminal gerbangsari kecamatan Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu. JOM FISIP Universitas Riau, 1-10.

Gery Mega Prastyo, F. K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Blended LearningDalam Kebugaran Jasmani Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Ma Nurul Huda. Jurnal Literasi Olahraga,, 60-65.

Haris, I. N. (2018). MODEL PEMBELAJARAN PEER TEACHING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI. Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, Vol 4.

Iyus Jayusman, O. A. (2020). STUDI DESKRIPTIF KUANTITATIF TENTANG AKTIVITAS BELAJAR MAHASISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN EDMODO DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH. Jurnal Artefak, 13-20.

Kasiram, M. (2010). Metodologi penelitian kualitatif-kuantitatif. Malang: UIN-Maliki Press.

Mardhatillah, E. T. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA DI SD KELAS II NEGERI PAYA PEUNAGA KECAMATAN MEUREUBO . Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 91-102.

Megawati, E. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Peer Teaching dalam Pengajaran Tenses pada Mahasiswa EFL. Deiksis, 39-50.

Moh. Saiful Bakhril, K. N. (2019). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran PeerTutoringCooperativeLearning. PRISMA 2, 754-758.

Rozie, F. (2018). PERSEPSI GURU SEKOLAH DASAR TENTANG PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN SEBAGAI ALAT BANTU PENCAPAIAN TUJUAN PEMBELAJARAN. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1-12.

Selvi Dwi Silviyani, A. R. (2013). Efektivitas penerapan model pembelajaran peer teaching. Jurnal Pendidikan Olahraga Kesehatan dan Rekreasi, 152-176.

Solichin, M. (2017). Analisis Daya Beda Soal, Taraf Kesukaran, Validitas Butir Tes, Interpretasi Hasil Tes dan Validitas Ramalan dalam Evaluasi Pendidikan. Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 193-213.

Sri Alaswati, S. R. (2016). EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 PJOK. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 111-119.

Swarjana, I. K. (2022). Populasi-sampel, teknik sampling dan bias dalam penelitian. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Yohana. C, G. D. (2017). Penerapan Pembuatan Teknik Lubang Biopori Resapan Sebagai Upaya Pengendalian Banjir. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 296-308.

Yusuf, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. jurnal Ilmiah Kependidikan, 7.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/rjpo.v7i1.12752

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Index Jurnal :

                

Didedikasikan Untuk:

   

Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga disebar luaskan oleh : Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.