INOVASI KAMPANYE DIGITAL PINTARISME DALAM MEMPERKUAT BRAND IMAGE PERUSAHAAN TOLAK ANGIN MELALUI IMPLEMENTASI DIGITAL MARKETING PUBLIC RELATIONS
(1) lspr
(2) Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR
(*) Corresponding Author
Sari
Penelitian ini dilakukan dengan melihat adanya latar belakang masalah pada PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul, Tbk. yang menerapkan implementasi digital marketing public relations dalam memperkuat citra merek dengan kali pertamanya menjalankan kampanye berbasis digital bertajuk #Pintarisme. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi Digital Marketing Public Relations pada kampanye #Pintarisme dalam memperkuat citra merek dan juga hambatan yang dihadapi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan melakukan wawancara mendalam kepada narasumber internal perusahaan dan ahli. Teori yang digunakan adalah teori Computer Mediated Communication, instrumen MPR, dan konsep Three Ways Strategy. Hasil penelitian menunjukkan temuan penting yang membentuk keberhasilan kampanye dalam memperkuat brand image yaitu adanya strategi taktikal pada kampanye #Pintarisme, implementasi yang menerapkan perluasan dan pembentukkan opini, serta dijalankannya publikasi SHINE; Story selling, Hype buzz, Integrated collaboration, dan Elaborative targeting. Namun, terdapat beberapa kelemahan yang ditemukan seperti lemahnya penerapan strategi pass, belum adanya aktivitas sponsor yang terintegrasi dengan taktikal kampanye melalui digital MPR, serta kurangnya penguatan pernyataan dari tokoh internal. Temuan ini berimplikasi pada belum maksimalnya penerapan strategi MPR pada kampanye #Pintarisme.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Buku
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran (Edisi ke-12, Jilid ke-2) (B. Sabran, Trans.). Jakarta, Indonesia: Erlangga.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook (2nd ed.). London, UK: Sage Publications.
Moleong, L. J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung, Indonesia: PT Remaja Rosdakarya.
Ruslan, R. (2016). Manajemen Public Relations & Media Komunikasi: Konsepsi dan Aplikasi (Edisi Revisi). Jakarta, Indonesia: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung, Indonesia: Alfabeta.
Thurlow, C., Lengel, L., & Tomic, A. (2004). Computer Mediated Communication: Social Interaction and The Internet. London, UK: Sage Publications.
Artikel Jurnal
Abdillah, F., & Isnaeni, H. (2017). Efektivitas Marketing Public Relation dalam Membangun Citra Merek Perusahaan Jasa Telekomunikasi. Jurnal Ecodemica, 1(1), 1-9.
Adithia, S., & Jaya, M. P. P. (2021). Strategi Pemasaran Digital Produk Minuman Kopi di Masa Pandemi. Journal of Research on Business and Tourism, 1(1), 37-46.
Afnan, D., & Fathurrohman. Kegiatan Marketing Public Relations dalam Mempertahankan Citra Perusahaan. Jurnal Soshum Insentif, 3(1), 8-17.
Fitriah, F. (2020). Strategi Public Relations Grand Dafam Q Hotel Banjarbaru dalam Meningkatkan Citra Positif Perusahaan. Jurnal Mutakallimin: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2).
Khenresta, T., Salasa, Y., & Oktaviani, R. C. (2021). Implementasi Digital Marketing PT. Taman Wisata Candi Selama Pandemik Covid-19. Emerging Markets: Business and Management Studies Journal, 9(1), 65-72.
Wiraditi, R. B., & Sudibyo, A. G. (2020). Strategi Marketing Public Relations Dalam Meningkatkan Brand Image PT. Brodo Ganesha Indonesia. Journal of Creative Communication, 2(1), 51-72.
Yohanes, R., Dwijayanti, A. I. P., & Subroto, S. (2021). Implementasi Strategi Marketing Public Relations dalam Membangun Citra Batik untuk Generasi Muda. Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 4(1), 1-10.
Lembaga
APJII. (2022). Laporan survei internet APJII 2021—2022 [Q1]. Diperoleh pada 12 Oktober 2022 dari https://apjii.or.id/survei
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2010). Riset Kesehatan Dasar. Diperoleh pada 27 Agustus 2021 dari http://hukor.kemkes.go.id/uploads/produk_hukum/KMK_No._HK_.01_.07-
Website
Barlian, J. K. (2021, 29 Maret). Sido Muncul, Kampanye #Pintarisme untuk Rangkul Audiens Tech-Savvy. Diperoleh pada 1 September 2021 dari https://swa.co.id/swa/trends/marketing/sido-muncul-kampanye-pintarisme-untuk-rangkul-audiens-tech-savvy
Sido Muncul. (n.d.). Produk. Diperoleh 1 Oktober 2021 dari https://www.sidomuncul.co.id//product/tolak_angin.html
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jm.v5i2.9239
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.