PENGARUH KOMUNIKASI ANTAR KARYAWAN (REGULER MEETING) TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN KEPUASAN KOMUNIKAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada Kantor Hasnur Group Perwakilan Banjarmasin)
(1) Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
(*) Corresponding Author
Sari
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh arus komunikasi terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan komunikan sebagai variabel intervening. Sampel dalam penelitian ini adalah semua karyawan Harnur Group Kantor Perwakilan Banjarmasin sebanyak 57 orang. Metode analisis data di dalam penelitian ini menggunakan aplikasi SPSS dengan uji instrument (Uji validitas dan Uji reliabilitas), Uji Model ( Koefisien Determinasi (R2) dan Uji F), Uji Asumsi Klasik melalui Uji Normalitas, Uji linierita dan Uji Hipotesis dengan uji Efek Mediasi, Analisis Regresi Linear, Uji t,. data ayang diolah dengan spss menghasilkan persamaan regresi :
Y1 = o,489 X1
Y2 = 0,130 X1 + 0,726 X2
berdasarkan uji-t yang dilakukan dan hasil analisis regresi linear 1 dikatahui bahwa arus komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan komunikan dan pasa hasil analisis regresi linear 2 diketahui bahwa arus komunikasi dan kepuasan komunikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Setelah dilakukan uji mediasi (intervening) diketahui variabel kepuasan komunikan mampu menjadi variabel intervening karena perhitungan standardized coeffisients untuk pengaruh tidak langsung arus komunikasi terhdap kinerja melalui kepuasan komunikan lebih besar di banding pengaruh secara langsung arus komunikasi terhadap kinerja karyawan.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Arsyad, lincolin. Dan Soeratno. Metodologi Penelitian, Yogyakarta : UPPAMPYKPN, 1995
Bonar, SK. Hubungan Masyarakat Modern, Jakarta : Rieka Cipta, 1993
Hadi, Sutisno. Statistik (jilid 2) Yogyakarta : Penerbit Andi, 2004
Jefkins, Frank. Public Relation (edisi ke-4), Jakarta : Erlangga, 2005
Jefkins, Frank. Public Relations Technique. Great Britain : Butterwort-Heinemenn. 1994
Jefkins, Frank. Public Relation. Jakarta : Erlangga, 1995
Masri Singarimbun dan Sofyan Effendi, Metode Penelitian Survei, Jakarta, 1989
McNamara. Manajemen Strategis PR
Rahmad, Jalaluddin. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung Remaja Rosdakarya, 2001
Sugiono. Metode Penelitian Bisnis. Bandung Alfa Beta
Sugiono, Statistika Untuk Penelitian. Bandung : CV Alfa beta, 2012
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jm.v5i2.9216
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.