PENGARUH KOMUNIKASI ANTAR KARYAWAN (REGULER MEETING) TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN KEPUASAN KOMUNIKAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada Kantor Hasnur Group Perwakilan Banjarmasin)

Junaidy Junaidy(1*)

(1) Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Sari


Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh arus komunikasi terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan komunikan sebagai variabel intervening. Sampel dalam penelitian ini adalah semua karyawan Harnur Group Kantor Perwakilan Banjarmasin sebanyak 57 orang.  Metode analisis data di dalam penelitian ini menggunakan aplikasi SPSS dengan uji instrument (Uji validitas dan Uji reliabilitas), Uji Model ( Koefisien Determinasi (R2) dan Uji F),  Uji Asumsi Klasik melalui Uji Normalitas, Uji linierita dan Uji Hipotesis dengan uji Efek Mediasi, Analisis Regresi Linear, Uji t,. data ayang diolah dengan spss menghasilkan persamaan regresi :

Y1 = o,489 X1

Y2 = 0,130 X1 + 0,726 X2

berdasarkan uji-t yang dilakukan dan hasil analisis regresi linear 1 dikatahui bahwa arus komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan komunikan dan pasa hasil analisis regresi linear 2 diketahui bahwa arus komunikasi dan kepuasan komunikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Setelah dilakukan uji mediasi (intervening) diketahui variabel kepuasan komunikan mampu menjadi variabel intervening karena perhitungan standardized coeffisients untuk pengaruh tidak langsung arus komunikasi terhdap kinerja melalui kepuasan komunikan lebih besar di banding pengaruh secara langsung arus komunikasi terhadap kinerja karyawan.

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arsyad, lincolin. Dan Soeratno. Metodologi Penelitian, Yogyakarta : UPPAMPYKPN, 1995

Bonar, SK. Hubungan Masyarakat Modern, Jakarta : Rieka Cipta, 1993

Hadi, Sutisno. Statistik (jilid 2) Yogyakarta : Penerbit Andi, 2004

Jefkins, Frank. Public Relation (edisi ke-4), Jakarta : Erlangga, 2005

Jefkins, Frank. Public Relations Technique. Great Britain : Butterwort-Heinemenn. 1994

Jefkins, Frank. Public Relation. Jakarta : Erlangga, 1995

Masri Singarimbun dan Sofyan Effendi, Metode Penelitian Survei, Jakarta, 1989

McNamara. Manajemen Strategis PR

Rahmad, Jalaluddin. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung Remaja Rosdakarya, 2001

Sugiono. Metode Penelitian Bisnis. Bandung Alfa Beta

Sugiono, Statistika Untuk Penelitian. Bandung : CV Alfa beta, 2012




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jm.v5i2.9216

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.