Strategi Komunikasi Bisnis @alunicorn_id Melalui Platform Digital

Femi Oktaviani(1*), Rieva Pratiwi(2)

(1) Universitas ARS
(2) Universitas ARS
(*) Corresponding Author

Sari


Membangun sebuah bisnis online perlunya perencanaan dan strategi dalam membangun bisnis agar menjadi sukses dipasaran, @alunicorn_id merupakan produk yang menjual berbagai macam pakaian muslim dengan melakukan penjualan melalui platform digital, bisnis online di era digital sekarang banyak pelaku bisnis memanfaatkan platform digital sebagai alat atau sarana penyampaian pesan bisnis dalam melakukan promosi hingga penjualan produk, platform digital jangkauan yang sangat luas menjadikan @alunicorn_id memanfaatkan banyak media sosial  sebagai alat dalam penyampaian pesan bisnis, tujuan penelitian ini adalah menganalisis strategi komunikasi bisnis yang dilakukan aluincorn dalam mengembangkan bisnis nya melalui platform digital,  pentingnya komponen dalam strategi komunikasi bisnis yang harus diketahui mulai dari bagaimana membangun kepercayaan konsumen, tahapan apa saja yang di lakukan, dan pemilihan platform digital yang digunakan. Untuk menjawab tujuan penelitian tersebut peneliti menggunakan studi kasus dengan pendekatan kualtatif, Hasil penelitian menunjukan penggunaan strategi pada komunikasi bisnis sangat penting dari pemahaman membangun kepercayaan konsumen dengan menggunakan jasa influencer, banyaknya pemilihan platform digital yang digunakan, serta tahapan tahapan komunikasi bisnis yang dilakukan agar perencanaan sesuai dari strategi untuk mencapai bisnis nya lebih dikenal luas di pasaran.

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abadi, G. gan A. (2017). Strategi Komunikasi Bisnis Untuk Mencapai Tujuan Pemasaran (Studi Kasus Pada Concept Photography Serang). Studi Kasus Concept Photography Serang, 1, 116.

Dermawansyah, M., & Rizqi, R. M. (2019). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Melalalui Digital Marketing Pada Home Industri Kopi Cahaya Robusta Sumbawa. Jurnal Manajemen Ekonomi Dan Bisnis, 1–5.

Iriantara, Yosal. 2002, K. B. (2002). اkomunikasi Bisnis. Business and Communication, 18–22.

Oktaviani, F., & Rustandi, D. (2018). Implementasi Digital Marketing dalam Membangun Brand Awareness. PRofesi Humas : Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 3(1), 1. https://doi.org/10.24198/prh.v3i1.15878

Manafe, Y. D. (2016). KOMUNIKASI BISNIS PEMASARAN ONLINE (Proses dan Strategi Pemasaran Online Bagi Pelaku Bisnis di Kota Kupang). Journal of Management - Small and Medium Enterprises (SME’s), 3(2), 275–289. http://ejurnal.undana.ac.id/JEM/article/download/1354/1056

Mellyan, M. (2020). SOCIAL MEDIA MARKETING; STRATEGI KOMUNIKASI BISNIS ERA DIGITAL (Studi Analisis Portal TaniFund.com). At-Tanzir: Jurnal Ilmiah Prodi Komunikasi Penyiaran Islam, 22. https://doi.org/10.47498/tanzir.v11i1.350

Misnan, M., & Barizki, R. N. N. (2021). Strategi Komunikasi Bisnis Hipmikindo Dalam Mensinergikan Sumberdaya Akademisi Dan Pelaku Umkm. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 20(2), 226–241. https://doi.org/10.32509/wacana.v20i2.1722

Mubarok, I. R. (2021). MEDIA SOSIAL INSTAGRAM ( Studi Kasus Pada Online Shop Laila Branded Ponorogo ).

Mamahani, N. B., Mewengkang, N. N., & Rembang, M. (2018). Strategi Komunikasi Bisnis Melalui Media Online Shop Dalam Meningkatkan Keberhasilan Penjualan Dikalangan Mahasiswa Jurusan Komunikasi Fisip Unsrat Manado. Acta Diurna Komunikasi, 7(1), 1–20.

Nahan, N., & Kristinae, V. (2019). Analisis Media Online sebagai Komunikasi Bisnis pada UKM Pekerja Wanita di Gunung Mas , Kalimantan Tengah. Aplikasi Manajemen, Ekonomi Dan Bisnis, 3(2), 52–62.

Prahasty, S. A., Amaliasari, D., & Nuraini C, Q. (2019). Strategi Komunikasi Bisnis Di Kampung Wisata Bisnis Tegalwaru Ciampea Kabupaten Bogor. Jurnal Penelitian Sosial Ilmu Komunikasi, 3(2), 156–165. https://doi.org/10.33751/jpsik.v3i2.1299

Pratiwi, F. D. (2014). ( CMC ) DALAM PERSPEKTIF KOMUNIKASI LINTAS BUDAYA ( Tinjauan Pada Forum Diskusi Soompi Empress Ki TaNyang Shipper ). Jurnal Komunikasi Profetik, 7(1), 29–44.

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi (Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House). Jurnal Common, 3(1), 71–80. https://doi.org/10.34010/COMMON.V3I1.1950

Putri, A. M. (2019). Strategi Komunikasi Bisnis Dalam Meningkatkan Kepuasan Tenant. Inter Script: Journal of Creative Communication, 1(1), 1–18. https://doi.org/10.33376/is.v1i1.346

Riyantie, M., Alamsyah, A., & Pranawukir, I. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran Kopi Janji Jiwa Di Era Digital Dan Era Pandemi Covid-19. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 20(2), 255–267. https://doi.org/10.32509/wacana.v20i2.1721

Septiani, J., Widaaattullah, H., Akbar, R., & ... (2021). Pemanfaatan Media Sosial Untuk Bisnis Online Di Masa Pandemi Covid-19. … Masyarakat LPPM UMJ. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/10872%0Ahttps://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/download/10872/6157

Shansis, Y. T., & Ratna, V. (2019). Strategi Komunikasi Bisnis Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Vivelle Di Shan Hair Beauty Care. Sinteks : Jurnal Teknik, 8(1), 1–11. https://jurnal.stt.web.id/index.php/Teknik/article/view/114

Suswanto, P., & Setiawati, S. D. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Shopee Dalam Membangun Positioning Di Tengah Pandemi Covid-19 Di Indonesia. Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 16–29. http://52.221.78.156/index.php/linimasa/article/view/2754

Valentika, N., Zenabia, T., & Rosini, N. I. (2020). Implementasi Sosial Media Marketing Dalam. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat – Aphelion, 01(01), 68–74.

Covid-, B. D. P. (2020). Strategi Marketing Communication PT . BCA Financ e Dalam Mempertahankan. 11(2), 134–142.

Buku 1 Penulis

Djoko Purwanto. (2011). Komunikasi bisnis. Jakarta: Lembaga Penerbit Erlangga Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jm.v5i2.8639

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.