DAMPAK GLOBALISASI INFORMASI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF DI KALANGAN MAHASISWA JAKARTA

Amanda Mirasherly Partadisastra(1*), Brilliant Sekar Taji(2), Dwi Sulistiawati(3), Hana Hasanah(4)

(1) Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR
(2) Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR
(3) Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR
(4) Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh konsekuensi dari pengaruh globalisasi informasi yang berdampak pada perilaku sosial generasi muda. Salah satu bentuk perilaku sosial yang timbul adalah perilaku sosial konsumtif. Perilaku ini menyerang generasi muda yang berdomisili di kota metropolitan, seperti Jakarta, yang merupakan ibukota negara sekaligus kota terbesar di Indonesia. Globalisasi informasi menjadikan generasi muda masa kini sangat mudah terpengaruh oleh budaya yang serba digital dan bergantung pada penggunaan internet. Berdasarkan hal tersebut, tujuan utama penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh globalisasi informasi terhadap perilaku sosial konsumtif mahasiswa di Jakarta sebagai bahan pertimbangan untuk mengatasi dampak negatif dan mengedepankan dampak positif yang ditimbulkan. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif melalui metode survei yang disusun menggunakan kuesioner dalam bentuk google form. Hasil penelitian mengemukakan bahwa frekuensi dalam mengakses informasi merupakan indikator dominan dalam globalisasi informasi yang mempengaruhi perilaku konsumtif mahasiswa di Jakarta. Kesimpulan yang diperoleh adalah terdapat pengaruh signifikan yang diberikan oleh globalisasi informasi terhadap perilaku konsumtif, yang mana melibatkan media dan substansi informasi.

Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jm.v5i1.6465

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.