STRATEGI PUBLISITAS BUPATI TANAH LAUT MELALUI MEDIA SOSIAL FACEBOOK DALAM SIAGA DARURAT COVID-19 DI KABUPATEN TANAH LAUT

Lieta Dwi Novianti, Ade Nur Atika Sari, Kenny Yola Safitri

Sari


Penelitian ini berjudul Strategi Publisitas Bupati Tanah Laut Melalui Media Sosial Facebook Dalam Darurat Siaga Covid-19 Di Kabupaten Tanah Laut Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan strategi publisitas yang dilakukan oleh Bupati Tanah Laut guna meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kondisi Darurat Siaga Covid-19 Di Kabupaten Tanah Laut dengan sub masalah: 1. Strategi publisitas yang digunakan oleh Bupati Tanah Laut dalam Darurat Siaga Covid-19 Di kabupaten Tanah Laut ? 2. Dampak informasi apa yang didapatkan oleh masyarakat melaui publisitas yang dilakukan Bupati tanah laut menggunakan Media Sosial Facebook? Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan data primer dan sekunder kepada 11 (sebelas) orang informan. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, analisis perbandingan dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi publisitas yang digunakan oleh Bupati Tanah Laut melaui Media Sosial Facebook adalah Pure Publicity atau publisitas Murni dan Tie-In Publicity atau publisitas yang memanfaatkan extraordinary news. Dampak Informasi yang diterima masyarakat melalui Media Sosial Facebook adalah meningkatnya kesadaran masyarakat dan lebih memahami kondisi darurat siaga covid-19 di kabupaten tanah laut serta mendapatkan infromasi yang kredibel dari Publisitas yang dilakukan oleh Bupati Kabupaten Tanah Laut.
Kata Kunci: Publisitas; Hubungan Masyarakat; Media Sosial; Facebook.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Darmastuti, Rini. 2013. Media Relations: Konsep, Strategi, Aplikasi. Yogyakarta. Pustaka Belajar.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1995. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Cetakan ke-8. Jakarta. Balai Pustaka Hidayat, Dasrun M.I.Kom. 2014.

Media Public Relations: Pendekatan Studi Kasus Cyber Publik Relations Sebagai Metode Kerja PR Digital. Yogyakarta. Graha Ilmu. Hidayat, Dedi N. 2003.

Paradigma dan Metode Penelitian Sosial Empirik Klasik. Jakarta.

Departemen Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Indonesia. Jefkins, Frank. 2003. Public Relation. Jakarta.

Erlangga. Kriyantono, Rahmat. 2012. PR Writing: Teknik Media Public Relation dan Publisitas Korporat. Jakarta. Kencana. Kriyantono, Rachmat. 2009.

Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta.

Kencana Prenada Media. Liliweri, Alo. 2011. Komunikasi Serba Ada Serba Makna. Jakarta. Kencana Prenada Media. Moleong¸ Lexy J. 2004.

Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung. Remaja Rosdakarya. Mulyana, Deddy. 2003.

Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. PT Remaja Rosdakarya. Nazir, Moh. 2003. Metode Penelitian. Jakarta. Ghalia Indonesia. Nazir, Muhammad. 1988.

Metode Penelitian. Jakarta. Ghalia Indonesia. Saputra, Wahidin & Nasrullah, Rulli. 2014. Public Relations 2.0: Teori dan Praktik Public Relations di EraCyber. Depok. Gramata Publishing. Suryabrata. 1963.

Metode Penelitian. Jakarta. CV Rajawali. Syafi’I, Inu Kencana. 2010. Ilmu Politik. Jakarta. PT Rineka Cipta.

Thubany, Syamsul Hady. 2005 Era Baru Demokratisasi Lokal Indonesia. Jogjakarta. Nuansa Aksara. West, Richard & Turner. 2008. Teori Komunikasi, Analisis dan Aplikasi, Buku 1 ed. 3. Jakarta.

Salemba Humanika. Wiryanto. 2004.

Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta. PT Grasindo.Internet

https://portal.tanahlautkab.go.id/halaman/detail/profil-daerah https://covid19.tanahlautkab.go.id/




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jm.v4i2.5926

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.