STRATEGI KOMUNIKASI RADIO dBs 101,9 FM BANJARMASIN DALAM MENARIK PARTISIPASI PENDENGAR PADA PROGRAM REQUEST LAGU

Aisya Fitria Hasan(1*), Sarwani Sarwani(2), Muhammad Muthahhari Ramadhani(3)

(1) Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin
(2) Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin
(3) Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Sari


Radio merupakan salah satu media massa yang masih bertahan hingga saat ini, namun radio perlahan mulai ditinggalkan sebagai media hiburan karena munculnya media baru yaitu platform streaming music online. Sehingga, radio harus memiliki strategi komunikasi yang tepat dalam mempertahankan pendengarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi radio dBs 101,9 FM dalam menarik partisipasi pendengar pada program request lagu serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat radio dBs 101,9 FM dalam menarik partisipasi pendengar pada program request lagu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan teori Uses and Gratification dan model Komunikasi Melvin De Fleur. Hasil penelitian menunjukkan strategi komunikasi radio dBs 101,9 FM dalam menarik partisipasi pendengar pada program request lagu, yaitu mengenal khalayak, menyusun pesan, menetapkan metode, dan pemilihan media. Faktor pendukung: jenis musik bervariasi, media yang beragam, lagu ter-update, perkembangan digital dan internet, promosi terus-menerus, dan kualifikasi penyiar. Faktor penghambat: faktor internal dari diri penyiar yaitu suasana hati, faktor eksternal berupa ganguan teknis, hari libur, cuaca buruk, persaingan radio dan kemunculan platform streaming music online.

 

Kata Kunci: Strategi Komunikasi;Penyiar;Program Request Lagu; Radio dBs 101,9 FM .


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ardianto, Elvinaro, Lukita Komala, dan Siti Karlinah. (2015). Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Azmi, Khaerul. (2014). Filsafat Ilmu Komunikasi. Tangerang: Indigo Media.

Cangara, Hafied. (2016). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Juditha, Christiany. (2016). Strategi Programming RRI Jayapura & Merauke dalam Penguatan NKRI di Wilayah Perbatasan. Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik. Vol. 20. No. 1. 45-62.

Nurudin. (2011). Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Romli, Asep Syamsul M. (2009). Basic Announcing: Dasar-dasar Siaran Radio. Bandung: Nuansa.

Rosyidi, Fathu Rahman. (2008). Pengaruh Musik Terhadap Kenyamanan Membaca Pengguna Perpustakaan Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Yogyakarta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif fan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryadi, Edi. (2018). Strategi Komunikasi: Sebuah Analisis Teori dan Praktis di Era Global. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Usman, Husaini, dan Purnomo Setiady Akbar. (2017). Metodologi Penelitian Sosial, Edisi Ketiga. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Yulia, Winda. (2010). Andai Aku Jadi Penyiar. Yogyakarta: Andi.

Sumber Lain

Dailysocial.id. (2018, 3 Maret). Survei Layanan Streaming Musik 2018. Diakses pada 22 Oktober 2020, dari https://dailysocial.id/post/laporan-dailysocial-survei-layanan-streaming-musik-2018

IFPI. (2019, 24 September). Music Listening 2019. Diakses pada 29 Desember 2020, dari https://www.ifpi.org/ifpi-releases-music-listening-2019/

Radio dBs 101,9 FM. (2013, 13 April). About Radio dBs FM. Diakses pada 30 Desember 2020, dari www.dbs1019fm.com




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jm.v4i1.4939

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.