PENGARUH KONTEN VLOG DALAM YOUTUBE TERHADAP PEMBENTUKAN SIKAP SOSIAL MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI FISIP UNIVERSITAS ISLAM KALIMANTAN

Jacky Maulana(1*)

(1) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
(*) Corresponding Author

Sari


Youtube bisa pengaruhi perilaku seseorang, contoh beberapa hal seperti bunuh diri yang dilakukan dengan live streaming. Konten youtube memiliki dampak negatif dan dampak positif. Oleh karena itu, penting menurut saya untuk melihat bagaimana tanggapan mahasiswa tentang kebiasaan mereka menonton youtube, dengan perilaku sosial mereka yang cenderung acuh kepada perilaku seseorang di rumah, tempat kerja dan di kampus. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Data dikumpulkan dengan kuesioner kepada 30 orang respoden. Sample ditentukan dengan menggunakan teknik Non Probability Sampling dalam bentuk Purposive Sampling. Analisis data menggunakan korelasi pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh keseringan menonton konten youtube dengan pembentukan sikap sosial mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Islam Kalimantan. Hasil analisis pembentukan sikap sosial mahasiswa diperoleh 4 kategori sikap yaitu Sangat Baik (2,3%), Baik (40,0%), Cukup Baik (20,0%) dan Kurang Baik terdapat (16,7%). Dari hasil uji hipotesis mengenai pembentukan sikap sosial mahasiswa, diperoleh nilai Chi Square hitung X2 = 3,867, nilai ini kemudian dibandingkan dengan nilai X2 tabel dengan taraf signifikan 0,05 (5%) pada df 3 yaitu 7,815. Karena X2 hitung 3,867 < X2 tabel 7,815, maka hipotesis Ho diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembentukan sikap sosial mahasiswa tersebar disemua tingkatan kategori sikap.

 

Kata Kunci: Vlog;Youtube;Pembentukan Sikap


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmadi. (2003). Psikologi Umum. Jakarta:

Rineka Cipta

Aisyah, Siti. 2017. Skripsi : Video Blog Sebagai

Media Representasi Diri Vlogger di Kota

Makassar. Makassar

Akbar, A. 2018. Efektifitas Youtube Sebagai

Media Penyebaran Informasi. Skripsi.

Alex Sobur. (2003). Psikologi Umum. Bandung:

Pustaka Setia.

Asep Saeful Muhtadi, 2015, Metode Penelitian

Komunikasi Penelitian

Azwar, Saifuddin. 2007. Metode Penelitian.

Pustaka Pelajar: Yogyakarta.

Bandura, A,1989. Self-efficacy mechanism in physiological activation

Bimo Walgito. (2003). Psikologi Sosial (Suatu

Pengantar). Yogyakarta: ANDI

Casram. (2016). Membangun Sikap Toleransi

Beragama Dalam Masyarakat Plural. Jurnal Ilmiah Agama dan Sosial Budaya, 1, 188-197.

Clarkson, Stephanie. 2015. Vlog It!. United

Kingdom: Scholastic

Crutchfield, R.S. (1948). Theory and Problems of

Social Psychology. New York: McGraw-Hill.

David, Eribka Ruthellia. dkk. 2017. „Pengaruh

Konten Vlog dalam Youtube terhadap Pembentukan Sikap Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sam Ratulangi. Vol VI No.1: 8-9

Dian Kurniawati. 2005. faktor-faktor yang

mempengaruhi pendidikan anak di Desa Kabongan Lor dan Desa Gegunung Wetan Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang. Surakarta: Skripsi Sarjana Fakultas Geografi UM

Gay, L.R. dan Diehl, P.L. (1992), Research

Methods for Business and. Management, MacMillan Publishing Company, New York

health-promoting behavior. In J. Madden, S. Matthysse, & J. Barchas (Eds.), Adaptation, learning and affect (pp. 1169-1188). New York: Raven.

Goleman, Daniel. 2007.Kecerdasan Emosional.Jakarta: PT. Gramedia

PustakaUtama.

Helianthusonfri, Jefferly. (2016). YouTube

Marketing. Jakarta: PT Elex Media

Komputindo.Kencana.

Katz, Daniel & Kahn, Robert L. 1970. The Social

Psychology of Organizations.Dalam Becker & Neuhauser The Efficient Organizations.New York. Elsevier.

Kindarto, Asdani. 2008, Belajar Sendiri Youtube

(Menjadi Mahir Tanpa Guru), Jakarta: PT Elexmedia Komputindo. Kuantitatif:Teori dan Aplikasi, Bandung: Pustaka Setia.

Kurniawati, Desy. 2005.Pengaruh Budaya

Organisasi, Kepemimpinan Dan MotivasiKerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Di Restaurant Sari UtamaJember. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Petra Surabaya.

Maman Suryaman. 2015. Penggunaan YouTube

Sebagai Media Pengajaran

Manurung, Anggia Dewi Fransiska. 2010.

Motivasi Mahasiswa Komunikasi

Metode Penelitian. Universitas Indonesia. Jakarta.

Nasrullah, Rulli. 2014. Teori dan Riset Media

Siber (Cyebermedia). Jakarta:

Notoatmodjo, S .2005. Promosi Kesehatan teori

dan aplikasinya.Jakarta: Rineka Cipta.

Santoso, Edi,Mike Setiansih. 2010.Teori

Komunikasi.yogyakarta : Graham Ilmu

Sarana Menyebarluaskan Berita, Skripsi

(Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 2014). diakses tanggal 25 Februari 2019

Sarwono, Sarlito W. 2009. Pengantar Psikologi

Umum.Depok: Rajawali Pers.

Sevilla, C.G. Jesus, A.O. Twila, G.P. Bella, P.R.

Gabriel, G.U. 1993. Pengantar

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang

Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Soekresno.2001.Manajemen Food & Baverage

Service Hotel.Jakarta:GramediaSuharsimi.Arikunto.2006.Dasar-Dasar EvaluasiPendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Sugiyono. 2010.Metode Penelitian

Jacky Maulana E-ISSN : 2686-178X

MUTAKALLIMIN; Jurnal Ilmu Komunikasi

Vol 4 No 1 Mei 2021

Kuantitatif,kualitatif dan RnD.Bandung :Alfabeta

Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu

pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Supranto, J. 2003. Metode Riset Aplikasi Dalam

Pemasaran. Edisi RevisiKetujuh.Yogyakarta: Rineka Cipta.

Spector, Paul. E. 2000.Industrial and

Organizational Psychology: Research andPractice-2ndEdition. New York: John Wiley & Sons

Syamsudin, Abin. 1997. Perilaku Sosial Pada

Siswa yang Memiliki Prestasi

Akademik Rendah Di Sekolah Dasar.

Widayatun. 2009. Ilmu Perilaku. Jakarta : Info

Medika

https://kumparan.com/jofie-yordan/google-durasi-tonton-dan-jumlah-kontenyoutube-Indonesia-tumbuh-pesat (diakses tanggal 20 Juli 2019)

https://www.idntimes.com/life/inspiration/faidah-rahim/8-ide-konten-youtube-buat-kamu-yang-gak-suka-tampil-di-depan-kamera-c1c2# (diakses tanggal 24 Juli 2019)

https://www.gramedia.com/blog/jenis-konten-video-paling-populer-di-youtube/#gref (diakses tanggal 27 Juli 2019)




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jm.v4i1.4814

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.