PENGARUH KONTEN VLOG DALAM YOUTUBE TERHADAP PEMBENTUKAN SIKAP SOSIAL MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI FISIP UNIVERSITAS ISLAM KALIMANTAN
(1) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
(*) Corresponding Author
Sari
Youtube bisa pengaruhi perilaku seseorang, contoh beberapa hal seperti bunuh diri yang dilakukan dengan live streaming. Konten youtube memiliki dampak negatif dan dampak positif. Oleh karena itu, penting menurut saya untuk melihat bagaimana tanggapan mahasiswa tentang kebiasaan mereka menonton youtube, dengan perilaku sosial mereka yang cenderung acuh kepada perilaku seseorang di rumah, tempat kerja dan di kampus. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Data dikumpulkan dengan kuesioner kepada 30 orang respoden. Sample ditentukan dengan menggunakan teknik Non Probability Sampling dalam bentuk Purposive Sampling. Analisis data menggunakan korelasi pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh keseringan menonton konten youtube dengan pembentukan sikap sosial mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Islam Kalimantan. Hasil analisis pembentukan sikap sosial mahasiswa diperoleh 4 kategori sikap yaitu Sangat Baik (2,3%), Baik (40,0%), Cukup Baik (20,0%) dan Kurang Baik terdapat (16,7%). Dari hasil uji hipotesis mengenai pembentukan sikap sosial mahasiswa, diperoleh nilai Chi Square hitung X2 = 3,867, nilai ini kemudian dibandingkan dengan nilai X2 tabel dengan taraf signifikan 0,05 (5%) pada df 3 yaitu 7,815. Karena X2 hitung 3,867 < X2 tabel 7,815, maka hipotesis Ho diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembentukan sikap sosial mahasiswa tersebar disemua tingkatan kategori sikap.
Kata Kunci: Vlog;Youtube;Pembentukan Sikap
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ahmadi. (2003). Psikologi Umum. Jakarta:
Rineka Cipta
Aisyah, Siti. 2017. Skripsi : Video Blog Sebagai
Media Representasi Diri Vlogger di Kota
Makassar. Makassar
Akbar, A. 2018. Efektifitas Youtube Sebagai
Media Penyebaran Informasi. Skripsi.
Alex Sobur. (2003). Psikologi Umum. Bandung:
Pustaka Setia.
Asep Saeful Muhtadi, 2015, Metode Penelitian
Komunikasi Penelitian
Azwar, Saifuddin. 2007. Metode Penelitian.
Pustaka Pelajar: Yogyakarta.
Bandura, A,1989. Self-efficacy mechanism in physiological activation
Bimo Walgito. (2003). Psikologi Sosial (Suatu
Pengantar). Yogyakarta: ANDI
Casram. (2016). Membangun Sikap Toleransi
Beragama Dalam Masyarakat Plural. Jurnal Ilmiah Agama dan Sosial Budaya, 1, 188-197.
Clarkson, Stephanie. 2015. Vlog It!. United
Kingdom: Scholastic
Crutchfield, R.S. (1948). Theory and Problems of
Social Psychology. New York: McGraw-Hill.
David, Eribka Ruthellia. dkk. 2017. „Pengaruh
Konten Vlog dalam Youtube terhadap Pembentukan Sikap Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sam Ratulangi. Vol VI No.1: 8-9
Dian Kurniawati. 2005. faktor-faktor yang
mempengaruhi pendidikan anak di Desa Kabongan Lor dan Desa Gegunung Wetan Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang. Surakarta: Skripsi Sarjana Fakultas Geografi UM
Gay, L.R. dan Diehl, P.L. (1992), Research
Methods for Business and. Management, MacMillan Publishing Company, New York
health-promoting behavior. In J. Madden, S. Matthysse, & J. Barchas (Eds.), Adaptation, learning and affect (pp. 1169-1188). New York: Raven.
Goleman, Daniel. 2007.Kecerdasan Emosional.Jakarta: PT. Gramedia
PustakaUtama.
Helianthusonfri, Jefferly. (2016). YouTube
Marketing. Jakarta: PT Elex Media
Komputindo.Kencana.
Katz, Daniel & Kahn, Robert L. 1970. The Social
Psychology of Organizations.Dalam Becker & Neuhauser The Efficient Organizations.New York. Elsevier.
Kindarto, Asdani. 2008, Belajar Sendiri Youtube
(Menjadi Mahir Tanpa Guru), Jakarta: PT Elexmedia Komputindo. Kuantitatif:Teori dan Aplikasi, Bandung: Pustaka Setia.
Kurniawati, Desy. 2005.Pengaruh Budaya
Organisasi, Kepemimpinan Dan MotivasiKerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Di Restaurant Sari UtamaJember. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Petra Surabaya.
Maman Suryaman. 2015. Penggunaan YouTube
Sebagai Media Pengajaran
Manurung, Anggia Dewi Fransiska. 2010.
Motivasi Mahasiswa Komunikasi
Metode Penelitian. Universitas Indonesia. Jakarta.
Nasrullah, Rulli. 2014. Teori dan Riset Media
Siber (Cyebermedia). Jakarta:
Notoatmodjo, S .2005. Promosi Kesehatan teori
dan aplikasinya.Jakarta: Rineka Cipta.
Santoso, Edi,Mike Setiansih. 2010.Teori
Komunikasi.yogyakarta : Graham Ilmu
Sarana Menyebarluaskan Berita, Skripsi
(Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 2014). diakses tanggal 25 Februari 2019
Sarwono, Sarlito W. 2009. Pengantar Psikologi
Umum.Depok: Rajawali Pers.
Sevilla, C.G. Jesus, A.O. Twila, G.P. Bella, P.R.
Gabriel, G.U. 1993. Pengantar
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang
Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Soekresno.2001.Manajemen Food & Baverage
Service Hotel.Jakarta:GramediaSuharsimi.Arikunto.2006.Dasar-Dasar EvaluasiPendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Sugiyono. 2010.Metode Penelitian
Jacky Maulana E-ISSN : 2686-178X
MUTAKALLIMIN; Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol 4 No 1 Mei 2021
Kuantitatif,kualitatif dan RnD.Bandung :Alfabeta
Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu
pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Supranto, J. 2003. Metode Riset Aplikasi Dalam
Pemasaran. Edisi RevisiKetujuh.Yogyakarta: Rineka Cipta.
Spector, Paul. E. 2000.Industrial and
Organizational Psychology: Research andPractice-2ndEdition. New York: John Wiley & Sons
Syamsudin, Abin. 1997. Perilaku Sosial Pada
Siswa yang Memiliki Prestasi
Akademik Rendah Di Sekolah Dasar.
Widayatun. 2009. Ilmu Perilaku. Jakarta : Info
Medika
https://kumparan.com/jofie-yordan/google-durasi-tonton-dan-jumlah-kontenyoutube-Indonesia-tumbuh-pesat (diakses tanggal 20 Juli 2019)
https://www.idntimes.com/life/inspiration/faidah-rahim/8-ide-konten-youtube-buat-kamu-yang-gak-suka-tampil-di-depan-kamera-c1c2# (diakses tanggal 24 Juli 2019)
https://www.gramedia.com/blog/jenis-konten-video-paling-populer-di-youtube/#gref (diakses tanggal 27 Juli 2019)
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jm.v4i1.4814
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.