PENGARUH TERPAAN TAYANGAN ANIMASI NUSSA OFFICIAL (CUCI TANGAN YUK) DI YOUTUBE TERHADAP PERILAKU IMITASI ANAK
(1) Institut Teknologi dan Bisnis Kalbis
(2) Institut Teknologi dan Bisnis Kalbis
(*) Corresponding Author
Sari
Tayangan Nussa Official episode Cuci Tangan Yuk memberikan efek pada anak usia 4-5 tahun berupa meniru tingkah lakunya. Kegiatan mencuci tangan kini menyadarkan masyarakat akan pentingnya kesehatan. Dalam situasi wabah Covid-19 ini budaya mencuci tangan memakai sabun sangat diperlukan. Penelitian ini bertujuannya untuk mengetahui seberapa besar pengaruh terpaan tayangan animasi Nussa Official episode Cuci Tangan Yuk di YouTube terhadap perilaku imitasi anak usia 4-5 Kota Bekasi Utara. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis eksplanatif. Sampel pada penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun berjumlah 97 orang. Data diperoleh menggunakan kuesioner dengan skala likert, kemudian di analisis menggunakan uji regresi linier sederhana melalui software IBM SPSS 25. Penelitian ini menggunakan Teori Belajar Sosial. Hasilnya terdapat pengaruh terpaan tayangan animasi Nussa Official episode Cuci Tangan Yuk terhadap perilaku imitasi anak usia 4-5 tahun di Kota Bekasi Utara dengan koefisien korelasi sebesar 0,427 dengan persamaan regresi Y= 46,328+0,797X. Adapun koefisien determinasi R Square=0,182 yang berarti variabel terpaan tayangan animasi Nussa Official episode cuci tangan yuk mempengaruhi perilaku imitasi sebesar 18,2%.
Kata Kunci: Perilaku imitasi;Anak usia dini;Terpaan tayangan;Youtube.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Adi, B. (2009). Panduan Praktis Searching di Internet. Jakarta: TransMedia. Bandura, A. (1997). Self-Ef icacy, The Exercise of
Control. New York: W.H. Freeman and
Company. Bovee, C. L., & Arens, W. F. (1995). Stock Image
Contemporary Advertising (2nd ed.). USA:
Gigabooks. Cangara, H. (2015). Pengantar Ilmu Komunikasi
(cetakan ke). Jakarta, 13220: PT. RajaGrafindo
Persada. Dian, B. (2015). Berkomunikasi Ala Net Generation. Jakarta, 13220: PT. Elex Media Komputindo
Kompas Gramedia. Effendy, O. U. (2009). Ilmu Komunikasi teori dan
praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Fachruddin, H. D. (2011). Dasar-Dasar Penyiaran:
Sejarah, Organisasi, Operasional, dan Regulasi
(2nd ed.). Jakarta: Kencana Prenada Media
Group. Retrieved from
https://books.google.co.id/books/about/Dasar_d
asar_Penyiaran_Sejarah_Organisasi.html?hl=id
&id=_IGWDwAAQBAJ&redir_esc=y
Husamah, Yuni Pantiwati, Arina Restian, P. S. (2018). Belajar dan Pembelajaran (cetakan ke). Malang:
UMM Press. Khomsahrial, R. M. (2016). Komunikasi Massa. Jakarta, 13220: PT. Grasindo. Kriyantono, R. (2006). Teknik Praktis Riset
Komunikasi (edisi pert). Jakarta, 13220:
KENCANA: PRENAMEDIA GROUP. Kriyantono, R. (2010). Teknik Praktis Riset
Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset
Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi
Pemasaran. Jakarta: Kencana Prenada Media
Group. Kriyantono, R. (2016). Teknik Praktis Riset
Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media
Group. Liliweri, A. (2018). Paradigma Peneltian Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Littlejohn, S. W dan Foss, K. A. (2018). Teori
Komunikasi. Jakarta, 13220: Salemba
Humanika. Morrisan. (2010). Teori Komunikasi Massa. Bogor:
Ghalia Indonesia. Munir. (2012). Multimedia Konsep & Aplikasi Dalam
Pendidikan. (M. . Ruswandi dan Nurfitriansyah, Ed.), Antimicrobial agents and chemotherapy
(pertama, Vol. 58). Bandung: ALFABETA. Notoatmodjo, S. (1993). Pengantar Pendidikan dan
Ilmu Perilaku Kesehatan. Yogyakarta: Andi
Offset. Nurhayati. (2020). Komunikasi Interpersonal Dalam
Kegiatan Belajar Mengajar Antara Guru dan
Murid Paud Joyce Banjarbaru. Jurnal
Mutakallimin, 3(1), 23–27. Retrieved from
https://ojs.uniska- bjm.ac.id/index.php/mutakallimin/article/view/3
Nussa Official. (2019). Nussa: Cuci Tangan Yuk!
Retrieved from
https://www.youtube.com/watch?v=MzuKOouE
HnM
Rinawati, R. (2017). Pola Komunikasi dalam
Anasthya Luviani dan Santi Delliana E-ISSN : 2686-178X
MUTAKALLIMIN; Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol 3 No 2 November 2020
Pencegahan KDRT di Jawa Barat. Mediator:
Jurnal Komunikasi, 10(1), 87–96. https://doi.org/10.29313/mediator.v10i1.2693
Siregar, S. (2015). Statistik Parametrik Untuk
Penelitian Kuantitatif. Jakarta, 13220: Bumi
Aksara. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini:
Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. (Y. Rendy, Ed.) (Pertama). Jakarta, 13220: E- BOOK. Tamburaka, A. (2012). Agenda Setting Media Massa. Jakarta, 13220: PT. RajaGrafindo Persada. Wirawan, S. S. (1983). Pengantar Umum Psikologi. Jakarta: Bulan Bintang
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jm.v3i2.3726
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.