COMMUNITY RELATION DALAM MENJAGA CITRA POSITIF RADIO

Vera Febrianti(1*), Femi Oktaviani(2)

(1) Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya Bandung
(2) Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya Bandung
(*) Corresponding Author

Sari


Dalam sebuah perusahaan aktivitas community relations adalah hal yang wajib dilakukan karena dapat memengaruhi eksistensi dan citra sebuah perusahaan. Pelaksaan kegiatannya berbeda - beda sesuai dengan yang direncanakan oleh perusahaan, dalam hal ini peran public relations dalam menghubungkan komunikasi antara publik eksternal dengan perusahaan untuk membangun sebuah citra yang baik dan menentukan kelangsungan hidup perusahaan sangat diperlukan. Penelitian ini mengkaji aktivitas community relations yang dilaksanakan perusahaan media yaitu radio Dahlia Bandung. Pelaksanaan aktivitas ini sebagai wujud kepedulian dan tanggung jawab, serta kepekaan perusahaan terhadap lingkungaan sosial dan komunitas sekitar. Public Relations radio Dahlia memiliki tugas mengembangkan, merawat dan menjaga citra corporate sebagai radio No 1 di kota Bandung serta peka terhadap kegiatan kreatif berbagai kegiatan komunikasi, sosial, budaya dan lingkungan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teori relationship management. Peneliti juga melakukan teknik pengumpulan data dengan wawancara, dimana peneliti melakukan tanya jawab sepihak yang dilakukan secara sistematis dan berlandaskan kepada tujuan penelitian. Radio Dahlia mengimplementasikan community relation dengan melaksanakan beberapa kegiatan yang dilaksanakan setiap tahunnya. Radio Dahlia dan komunitas masyarakat sekitar memiliki rasa saling ketergantungan satu sama lain untuk selalu menjalin hubungan yang baik dan untuk menjaga citra positif perusahaan.

 

Kata Kunci: Community relations;Citra positif;Radio.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ardianto, E. and Soemirat, S. (2004) „Dasar-dasar

public relations‟, Cetakan Ketiga. Bandung:

Remaja Rosdakarya.

Bogdan, R. C. (1992) „Dan Steven J. Taylor‟,

Introduction to Qualitative Research Methotds: A

Phenomenological Approach in the Social

Sciences, alih bahasa Arief Furchan, John Wiley

dan Sons.

Cutlip, S. M. and Allen, H. (no date) „Center, and

Glen M. Broom. 2000. Effective Public

Relations‟. New Jersey: Prentice Hall

International, Inc.

Devita, S. (2010) „HUBUNGAN MANFAAT

KEGIATAN COMMUNITY RELATIONS

DENGAN CITRA PERUSAHAAN PT. INDAH

KIAT PULP & PAPER Tbk. PADA

MASYARAKAT KRAGILAN SERANG

BANTEN‟, 7(September).

Effendy, O. U. (1992) Spektrum komunikasi. Mandar

Maju.

Grunig, J. E. and Hunt, T. T. (1984) Managing public

relations. Holt, Rinehart and Winston.

Hadi, A. (no date) „Haryono,(2007) Metodologi

Penelitian Pendidikan‟, Bandung: CV. Pustaka

Setia.

Iriantara, Y. (2004) Community relations: konsep dan

aplikasnyai. Simbiosa Rekatama Media.

Kriyantono, R. (2008) „PR Writing: Media public

relations membangun citra korporat‟, Jakarta:

Kencana.

Oemi, A. (2001) „Dasar-dasar public relations‟,

Bandung: pt. Citra Aditya Bakti.

Rakhmat, J. and Surjaman, T. (2012) Metode

penelitian komunikasi: dilengkapi contoh analisis

statistik. Remaja Rosdakarya.

Rosady, R. (1998) „Manajemen Humas & Manajemen

Komunikasi (Konsepsi & Aplikasinya)‟, Jakarta:

Raja Grafindo Persada.

Rowland, H. R. (1980) Effective Community

Relations. Jossey-Bass.

Yudarwati, G. A. (2004) „Bentuk Tanggung Jawab

Sosial Organisasi‟, Ilmu Komunikasi, 1(2), pp.

–156. Available at:

http://ojs.uajy.ac.id/index.php/jik/article/view/164

.

Yulianita, N. (2007) „Dasar-dasar public relations‟,

Bandung: Pusat PenerbitanUniversitas(LPU)

Lembaga Penelitian dan Pengabdian.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jm.v3i2.3688

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.