COMMUNITY RELATION DALAM MENJAGA CITRA POSITIF RADIO
(1) Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya Bandung
(2) Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya Bandung
(*) Corresponding Author
Sari
Dalam sebuah perusahaan aktivitas community relations adalah hal yang wajib dilakukan karena dapat memengaruhi eksistensi dan citra sebuah perusahaan. Pelaksaan kegiatannya berbeda - beda sesuai dengan yang direncanakan oleh perusahaan, dalam hal ini peran public relations dalam menghubungkan komunikasi antara publik eksternal dengan perusahaan untuk membangun sebuah citra yang baik dan menentukan kelangsungan hidup perusahaan sangat diperlukan. Penelitian ini mengkaji aktivitas community relations yang dilaksanakan perusahaan media yaitu radio Dahlia Bandung. Pelaksanaan aktivitas ini sebagai wujud kepedulian dan tanggung jawab, serta kepekaan perusahaan terhadap lingkungaan sosial dan komunitas sekitar. Public Relations radio Dahlia memiliki tugas mengembangkan, merawat dan menjaga citra corporate sebagai radio No 1 di kota Bandung serta peka terhadap kegiatan kreatif berbagai kegiatan komunikasi, sosial, budaya dan lingkungan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teori relationship management. Peneliti juga melakukan teknik pengumpulan data dengan wawancara, dimana peneliti melakukan tanya jawab sepihak yang dilakukan secara sistematis dan berlandaskan kepada tujuan penelitian. Radio Dahlia mengimplementasikan community relation dengan melaksanakan beberapa kegiatan yang dilaksanakan setiap tahunnya. Radio Dahlia dan komunitas masyarakat sekitar memiliki rasa saling ketergantungan satu sama lain untuk selalu menjalin hubungan yang baik dan untuk menjaga citra positif perusahaan.
Kata Kunci: Community relations;Citra positif;Radio.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ardianto, E. and Soemirat, S. (2004) „Dasar-dasar
public relations‟, Cetakan Ketiga. Bandung:
Remaja Rosdakarya.
Bogdan, R. C. (1992) „Dan Steven J. Taylor‟,
Introduction to Qualitative Research Methotds: A
Phenomenological Approach in the Social
Sciences, alih bahasa Arief Furchan, John Wiley
dan Sons.
Cutlip, S. M. and Allen, H. (no date) „Center, and
Glen M. Broom. 2000. Effective Public
Relations‟. New Jersey: Prentice Hall
International, Inc.
Devita, S. (2010) „HUBUNGAN MANFAAT
KEGIATAN COMMUNITY RELATIONS
DENGAN CITRA PERUSAHAAN PT. INDAH
KIAT PULP & PAPER Tbk. PADA
MASYARAKAT KRAGILAN SERANG
BANTEN‟, 7(September).
Effendy, O. U. (1992) Spektrum komunikasi. Mandar
Maju.
Grunig, J. E. and Hunt, T. T. (1984) Managing public
relations. Holt, Rinehart and Winston.
Hadi, A. (no date) „Haryono,(2007) Metodologi
Penelitian Pendidikan‟, Bandung: CV. Pustaka
Setia.
Iriantara, Y. (2004) Community relations: konsep dan
aplikasnyai. Simbiosa Rekatama Media.
Kriyantono, R. (2008) „PR Writing: Media public
relations membangun citra korporat‟, Jakarta:
Kencana.
Oemi, A. (2001) „Dasar-dasar public relations‟,
Bandung: pt. Citra Aditya Bakti.
Rakhmat, J. and Surjaman, T. (2012) Metode
penelitian komunikasi: dilengkapi contoh analisis
statistik. Remaja Rosdakarya.
Rosady, R. (1998) „Manajemen Humas & Manajemen
Komunikasi (Konsepsi & Aplikasinya)‟, Jakarta:
Raja Grafindo Persada.
Rowland, H. R. (1980) Effective Community
Relations. Jossey-Bass.
Yudarwati, G. A. (2004) „Bentuk Tanggung Jawab
Sosial Organisasi‟, Ilmu Komunikasi, 1(2), pp.
–156. Available at:
http://ojs.uajy.ac.id/index.php/jik/article/view/164
.
Yulianita, N. (2007) „Dasar-dasar public relations‟,
Bandung: Pusat PenerbitanUniversitas(LPU)
Lembaga Penelitian dan Pengabdian.
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jm.v3i2.3688
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.